SKRIPSI EKOS
Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Bauran Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Kasus Toko Sepeda Dan Mobil Aki Amore Bike Pekalongan)
Konsep pemasaran mengalami perkembangan pada masa ini dikarenakan dunia bisnis yang bertumbuh cepat yang ditimbulkan oleh keberadaan inovasi dan ide-ide kreatif yang diwujudkan oleh pengusaha. Perlunya rasa kepercayaan pembeli yang sudah dibangun juga harus dapat dipertahankan terhadap suatu toko. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh antara variasi produk, kualitas pelayanan dan bauran promosi terhadap minat beli ulang.
Jenis penelitian ini explanatory research dan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen toko sepeda dan mobil aki Amore Bike Pekalongan. Adapun subjek penelitian ini adalah Amore Bike Pekalongan. Objek penelitian ini adalah konsumen toko sepeda dan mobil aki Amore Bike Pekalongan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling yang berarti tidak semua populasi mempunyai peluang untuk menjadi sample. Jenis data yang digunakan yaitu data primer. Data primer dengan penyebaran kuesioner kepada responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif variasi produk terhadap minat beli ulang. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan bauran promosi terhadap minat beli ulang. 4) variabel variasi produk kualitas pelayanan dan bauran promosi secara simultan mempengaruhi minat beli ulang.
Kata kunci : Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, Bauran Promosi, Minat Beli Ulang
DAFTAR PUSTAKA :
Ardian, R., & Sudrartono, T. (2021). PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KEMBALI CAT DULUX DI DEPO KERAMIK KATAPANG BANDUNG. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3).
Ariska, Novi dan Tri Indra Wijaksana. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Manajemen. Volume. 4 No.3.
Bahar, A., & Sjahruddin, H. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang.
Brian, R. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK (FILM) DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG (Studi Kasus Pada E-Cinema Entertainment Plaza Semarang) (Doctoral dissertation, Diponegoro University).
Faradisa, Isti. 2016. Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Indonesian Coffeshop Semarang (Icos Café), Jurnal Manajemen.Volume 2 No.2, Maret 2016.
Ghazali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang : Badan Penerbit Undip.
Hardiana, C. D., & Kayadoe, F. R. (2022). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA STARBUCKS COFFEE GRAND WISATA BEKASI. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 71-88.
Harun, Haidir. 2006. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Produk Telkom Flexi (Studi Kasus PT. Telekomunikasi Indonesian Kota Semarang).
Hurriyati. 2008. Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: Alfabeta.
Kotler, P. 2006. Prinsip prinsip pemasaran. (Imam Nurmawan, Trans.). Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid II. Erlangga.Jakarta.
Latan, Hengky dan Selva Temalagi. 2013. Analisis Multivariate Teknik dan Variasi Menggunakan Program IBM SPSS 20.0, Bandung : Alfabeta.
Lestari, Agin, dan M. Faizin. 2020. Pengaruh Store Atmosphere dan Variasi Produk terhadap Minat Pembelian Ulang (Studi Kasus Warunk Upnormal Cabang Gresik).
Lestari, B., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(3), 150-159.
Marheiningsih, dan Amirul Mukminin. 2020. Pengaruh Variasi Produk dan Fasilitas Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Ilo Peta Kota Bima.
Matsumoto, Shigeru; dan Yang Cao, 2012, “Resolving service quality uncertainty through WoM communication,” College of Economics.
Melia, Nur Indah S. 2010. Statistik Deskriptif dan Induktif, Ed. 1 Cet. 1 , Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mutami, M., & DS, A. H. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus pada Pengguna Jasa Taksi Kosti Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(1), 105-112.
Ninemeier, J.D. & Hayes, D.K. 2006. Restaurant operation management. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Ningsih, F. F., Darmawan, K., & Irdiana, S. (2021). Pengaruh Harga, Word Of Mouth, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang pada Shopee (Studi pada Konsumen Shopee di Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang). Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 3(3), 43-52.
Padilah, Phaisal dan Putu Nina Maidawati. 2020. Pengaruh E-service Quality, Bauran Promosi dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Ulang Pada Pengguna dana di Bandung
Peburiyanti, D., & Sabran, S. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan, Variasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Butik Kanabini Di Tenggarong. Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 20(1).
Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Media Kom.
Rafidah. (2015). Kualitas Pelayanan Islam pada Perbankan Syariah.
Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Saidani, B., & Arifin, S. 2012. Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3 (1), 1-22.
Saputra, V. N., Mulyati, A., & Andayani, S. (2015) Analisis Pengaruh Variasi Produk, Cita Rasa dan Higienitas Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Ice Cream Zangrandi Surabaya). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 1(2), 1-14.
Solihatun, Athiyah. 2018. Analisis Pengaruh Harga Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang dalam Berbeelanja Online di Instagram (Studi Empiris pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Sugiyono, 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: CV Albeta.
Suliyanto. 2018. Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset
Sundalangi, Marchelyno., Mandey, Silvya L. dan Jorie, Rotinsulu Jopie. 2014 Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen, Universitas Sam Ratulangi, Manado.
Sutojo, S. 2009. Manajemen pemasaran. PT. Damar Mulia Pustaka: Jakarta
Timpe, A.D. 1998. Manajemen pemasaran. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Tjiptono, F. 2008. Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi
Wibisaputra, Aditzya. 2011. “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Gas Elpiji 3 Kg (di PT. Candi Agung Pratama Semarang)”. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro
Zeithaml, Valerie A, Bitner, Mary J, Gremler, Dwayne D. 2006. Integrating customer focus across the firm. (4th ed). New York: The McGraw-Hill companies, Inc.
23SK2341175.00 | SK EKOS 23.175 TIT p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain