SKRIPSI EKOS
Strategi Pemasaran Café Fafa Delivery Pekalongan Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah
Bisnis kuliner F&B (Food and Baverage) memang salah satu sektor usaha yang mendukung di era mileniel saat ini, namun mewabahnya Covid-19 membawa dampak krusial hampir di seluruh penjuru dunia. Melemahnya perekonomian akibat dampak pandemi di Indonesia terutama di Jawa Tengah mengalami penurunan perekonomian yang sangat drastis. Berbagai Inovasi dan strategi digunakan para produsen agar dapat bertahan pada masa pandemi covid-19, karena dengan adanya aturan PSBB meningkatnya penularan covid-19 membuat masyarakat membatasi diri untuk keluar rumah sehingga dalam hal ini layanan pesan antar semakin diminati oleh konsumen.
Penelitian merupakan cara yang digunakan dalam mengembangkan sebuah standar atau pengetahuan yang telah ada. Melalui penelitian, variabel dapat dimodifikasi agar mengembangkan pengetahuan yang telah ada. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif. Dalam proses analisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif yang difungsikan menggambarkan dan menjabarkan secara jelas mengenai tema/judul penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Data hasil analisis tidak menggunakan angka-angka, tetapi dideskripsikan berdasarkan data hasil wawancara dan observasi yang diyakini kevalidannya
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menyimpulkan bahwa pada tahun 2022 terjadi peningkatan penjualan senilai Rp.249.600.000 atau kenaikan presentase 63%/ bulannya dari omzet sebelumnya di tahun 2021. Proses pengolahan produk dibuat dengan bahan baku pilihan dan harga ditetapkan melalui kalkulasi perhitungan yang sudah dhitung dengan mempertimbangkan pengeluaran. Tempat menjadi aspek pendukung dalam memberikan kenyamana terhadap konsumen, promosi diperlukan untuk memperkenalkan produk-produk Cafe Fafa Delivery. Tinjauan ekonomi syariah terhadap produk dilihat dari cangkupan proses penyediaan bahan baku, pengemasan, pendistribusian, penjualan dan penyajian produk. Harga ditetapkan dengan mempertimbangkan kepentingan pihak yang terlibat di pasar (pesaing dan konsumen) agar harga dapat disesuaikan. Tempat Cafe Fafa Delivery memberikan pendukung agar pengunjung mendapatkan kenyamanan. Promosi di tujukan guna memberikan gambaran tentang produk-produk yang dijual secara transparan sebagai dasar nilai ekonomi islam.
Kata Kunci : Strategi pemasaran, volume penjualan, dan Perspektif Ekonomi Syariah
DAFTAR PUSAKA :
Ardianto, Y. (2019). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. In Djkn.
Arsyad, O. R., Kurnia, & Kartika, P. (2021). Pengertian Observasi. In Rancang Bangun Alat Pengaman Brankas Menggunakan Sensor Sidik Jari Berbasis Arduino.
Asrori, I. (2020). Strategi Penentuan Harga Pada Rumah Makan. FOKUS : Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang.
B, B. A., & Penelitian, M. (2011). teknik penelitian. Metode Penelitian Kualitatif.
Bastian, I., Winardi, R. D., & Fatmawati, D. (2018). Metoda Wawancara. Metoda Pengumpulan Dan Teknik Analisis Data.
Basuki, K. (2019). Metode Analisis Data. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.
Collector, D., & Module, F. G. (2011). Qualitative Research Methods Overview. Qualitative Research Methods A Data Collectors Field Guide. https://doi.org/10.2307/3172595
Dr. Ibrahim. (2015). Penelitian Kualitatif. Journal Equilibrium.
H. Mudjia Rahardjo. (2010). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Hadi, S. (2017). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Husna, A., Nalendra, M. A. S., & Nabilah. (2021). Workshop Desain Pemasaran Digital Melalui Aplikasi Canva Dan Mobile Photographykepada Pelaku Umkm Food and Beverage Di Tiban Center Batam. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 17–24.
Lasalewo, T. (2020). Aspek-Aspek Yang Berdampak Terhadap Kesuksesan Produk : Suatu Tinjauan Literatur Kritis. Jurnal Technopreneur (JTech).
Lrviana, A. (2019). Validitas Data. In Universitas Katolik Parahyangan.
Lubis, H. (2020). Jual Beli Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, Dan Perbankan.
Masyarakat, J. K. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Konsumsi Fast Food pada Remaja Obesitas di SMA Theresiana 1 Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(4), 706–713.
Mayra, G. (2013). Triangulasi. Journal of Chemical Information and Modeling.
MM, P. (2018). PEMASARAN PRODUK. FOKUS : Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. https://doi.org/10.51826/fokus.v16i1.143
Pramono, R., Nurfajrina, I. A., & Nariswari, N. (2019). Aspek-Aspek Pembentuk Kualitas Tempat Berdasarkan Survei Kapabilitas: Determinan Bagi Kebahagiaan Masyarakat. Tataloka.
Prastiyo, A., Fathoni, A., & Malik, D. (2018). Strategi Pemasaran Produk Jahe Merah Melalui Analisis Swot Pada Perusahaan Ud. Barokah Ungaran. Jurnal of Management, 02(02), 1–11.
Riduwan. (2009). Metode & teknik menyusun proposal penelitian. In Bandung: Alfabeta.
Sains, F. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Perusahaan Food & Beverage Di Indonesia (Studi Kasus Pada Etnokopi) Marketing Strategy Analysis In Food & Beverage Companies In Indonesia (Case Study At Etnokopi).
Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Kerangka Berfikir. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D.
Syukur, P. A., & Syahbudin, F. (2020). Konsep Marketing Mix Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah.
Tanzeh, A., & Arikunto, S. (2020). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian.
Urif, U. Z. (2021). ANALISIS KONSEP PRODUKSI PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. MALA’BI: Jurnal Manajemen Ekonomi STIE Yapman Majene. https://doi.org/10.47824/jme.v3i2.86
Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian. Occupational Medicine.
Yuliani, R. (2020). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Islam Di Indonesia. Tanwirul Uqul.
Zulkarnaen, W., & Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA).
23SK2341174.00 | SK EKOS 23.174 MUH s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain