SKRIPSI EKOS
Pengaruh Nilai Taksiran, Biaya Ijarah Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Pada Pembiayaan Gadai Emas Syariah (Studi Kasus PT Pegadaian Syariah Ponolawen Pekalongan)
Gadai merupakan jasa pembiayaan yang kini banyak digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya yang dapat memudahkan konsumen untuk meminjam uang dengan menjaminkan barang-barang berharga sebagai jaminan. Dengan adanya pegadaian, masyarakat dapat memperoleh dana tanpa kehilangan barang-barang berharga yang dimiliki dan setelah jangka waktu tertentu barang tersebut dapat diperoleh kembali. Dalam proses untuk menggadaikan, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah seperti nilai taksiran yang tinggi, biaya ijarah yang relatif ringan, pelayanan yang baik, dan faktor lainnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menguji pengaruh signifikansi nilai taksiran, biaya ijarah, dan pelayanan terhadap keputusan nasabah pada pembiayaan gadai emas syariah (studi kasus PT Pegadaian Syariah Ponolawen Pekalongan).
Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui kuesioner yang diedasrkan secara langsung kepada nasabah yang menggunakan jasa gadai emas syariah di PT Pegadaian Syariah Ponolawen Pekalongan. Sampel penelitian ini berjumlah 99 responden dengan menggunakan rumus slovin untuk menentukan jumlah sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik parsial (uji t) dan uji simultan (uji F).analisis regresi dilakukan setelah model tidak mengalami gejala-gejala asumsi klasik seperti normalitas, multikolinieritas, maupun heteroskedastisitas.
Hasil pengujian hipotesis uji t menunjukkan nilai thitung untuk Nilai Taksiran adalah 2,497 dengan ttabel sebesar 1,98525, thitung untuk Biaya Ijarah adalah 2,490 dengan ttabel sebesar 1,98525, thitung untuk Pelayanan adalah 4,103 dengan ttabel sebesar 1,98525 dari ketiga nilai thitung yang didapatkan menunjukkan bahwa variabel Nilai Taksiran, Biaya Ijarah, dan Pelayanan memiliki pengaruh secara parsial terhadap Keputusan Nasabah. Kemudian secara simultan Nilai Taksiran, Biaya Ijarah, dan Pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Nasabah. Hal ini bisa dilihat dari hasil uji F dimana Fhitung sebesar 15,217 dengan tingkat signifikansi 0,000. Sedangkan Ftabel sebesar 2,70 dengan tingkat signifikansi 0,05. Karena nilai Fhitung (15,217) lebih besar Ftabel (2,70) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Adanya nilai taksiran yang tinggi, biaya ijarah yang ringan dan pelayanan yang baik dapat mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggadaikan emas di PT Pegadaian Syariah Ponolawen Pekalongan. Nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,303 atau 30,3%, artinya sebesar 69,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model.
Kata Kunci : Keputusan nasabah, nilai taksiran, biaya ijarah, dan pelayanan
DAFTAR PUSTAKA :
A. Lind, D. (2008). Teknik-Teknik Statistika Dalam Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Penerbit Salemba.
Afidah, N. (2019). Pengaruh jumlah taksiran terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk Ar-Rahn pada PT. Pegadaian (Persero) unit pelayanan Syariah Madina [PhD Thesis]. IAIN Padangsidimpuan.
Afriana, A. (2016). Pengaruh Nilai Taksiran Dan Biaya Ijarah Terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Gadai Emas Di Pegadaian Syariah Cabang Abdullah Dg. Sirua Makassar [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Ahmad Rodani, A. H. (2008). Lembaga Keuangan Syariah. PT Bestari Bustana Murni.
Ali, Z. (2008). Hukum Gadai Syariah. Jakarta: Sinar Grafika.
Alsa, A. (2014). Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif Serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi. Pustaka Pelajar.
Anwar, M. (2018). Pengaruh Nilai Taksiran Agunan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil Di Baitul Maal Wa Tamwil Pahlawan Cabang Ngemplak Tulungagung.
Asytuti, R. (2013). Kritik Penetapan Harga Ijarah pada Gadai Emas (Tinjauan Fikih dan Etika). Jurnal Hukum Islam, 107–136.
Burhanuddin. (2010). Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Darwina, L. (2011). Pengaruh Jumlah Taksiran dan Uang Pinjaman terhadap Laba Bersih pada Perum Pegadaian Syari’ah Kota Lhokseumawe. Jurnal Aplikasi Manajemen, 9(2), 500–508.
Dewi, N. (2020). Pengaruh Nilai Taksiran, Promosi, dan Ijarah terhadap Keputusan Nasabah Pembiayaan Barang Gadai Emas (Rahn) dengan Pelayanan sebagai Variabel Moderating [PhD Thesis].
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Durya, S. A. (2012). Sistem Ekonomi Islam. Jakarta: Fikahati Aneska.
Fahmi, I. (2016). Teori dan Teknik Pengambilan Keputusan Kualitatif dan Kuantitatif. Rajawali Pers.
Ghazaly, A. R. (2010). Fiqh Muamalah. Jakarta: Kencana.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponogoro.
Hadi, M. S. (2003). Pegadaian Syariah. Jakarta: Salemba Diniyah.
Hadi, S. (2000). Seri Program Statistic-Versi. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Harahap, S. (2018). Studi kelayakan bisnis pendekatan integratif. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Ilham, I. (2020). Pengaruh Nilai Taksiran, Promosi, dan Ijarah Terhadap Keputusan Nasabah Pembiayaan Barang Gadai Emas (Rahn) dan Pelayanan pada Bank Syariah Mandiri. At-Thariqah: Jurnal Ekonomi, 1(1), 109–125.
Jazulia, R. R. R. (2018). Analisis Dampak Nilai Taksir, Biaya dan Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah: Studi Kasus di Pegadaian Syariah Unit Bunul Kota Malang. Iqtishodia: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(2), 86–109.
Jefry, dkk., T. (2019). Regulasi dan Implementasi Pegadaian Syariah di Indonesia. Yogyakarta: K-Media.
Johannes. (2012). Peran Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Investasi Produk Mulia Pada PT. Pegadaian di Kota Jambi. Jurnal Digest Marketing, Vol. 1 No. 3, hlm. 213.
Kasmir. (2007). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Kasmir. (2008). Etika Customer Service. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
Kuncoro, M. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis&Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, B. (2012). Metodologi Penelitian. Tangerang: Jelajah Nusa.
Lupiyoadi, R. dan H. (2019). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Maimunah, S. (2017). Pengaruh nilai taksiran, promosi dan pelayanan pegadaian terhadap pengembalian pembiayaan barang gadai emas di unit cabang Pegadaian Syariah Ngaliyan Square Semarang.
Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Semarang.
Malayu, S. P. H. (2002). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mardani. (2019). Ayat-Ayat dan Hadis Ekonomi Syariah (1st ed.). Jakarta: Rajawali Pers.
Martono, N. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mauludi, A. (2012). Teknik Belajar Statistika 2. Jakarta: Alim’s Publishing.
Muchtar, B. (2016). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Kencana.
Muhammad. (2008). Metode Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Mulazid, A. S. (2012). Kedudukan Sistem Pegadaian Syariah. Jakarta: Kementrian Agama RI.
Nasution, S. (2018). Pengaruh nilai taksiran dan biaya-biaya terhadap keputusan nasabah dalam menggadaikan emas di PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Madina [PhD Thesis]. IAIN Padangsidimpuan.
Ni’mah, K., Purnomo, J. H., & Hidayati, N. N. (2020). Pengaruh Marketing, Nilai Taksiran Dan Biaya Titip Pada Gadai Emas Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Fasilitas Gadai Emas Di Pt. Bank Syariah Mandiri Kcp Tuban. Lisan Al-Hal: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 14(1), 1–38.
Nor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Prenadamedia Group.
Nugroho, B. A. (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSSS. Yogyakarta: Andi.
Nurhasanah, N. (2017). Pengaruh pelayanan dan citra pegadaian syariah terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa layanan gadai pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Syariah Sipirok [PhD Thesis]. IAIN Padangsidimpuan.
Pasaribu, C. (1984). Hukum Perjanjian Dalam Islam. Jakarta: Box Gunung Mulia.
Pegadaian Syariah. (n.d.). https://pegadaiansyariah.co.id/web/produk/rahn.
Pratiwi, N. (2016). Penerapan pembiayaan gadai emas di BRI syariah. Al-Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan, 1(1), 1–12.
Priyatno, D. (2012). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Andi Yogyakarta.
Rentiwi, E. (2020). Pengaruh Promosi Dan Nilai Taksiran Terhadap Keputusan Nasabah Pada Produk Gadai Emas Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Pegadaian Syariah CPS Radin Intan Bandar Lampung) [PhD Thesis]. UIN Raden Intan Lampung.
Rianto, M. N. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Alfabeta.
Rosady, R. (2016). Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi, Ed. Revisi, cet-ke 13. Jakarta: Rajawali Pers.
Salim, J. (2010). 10 Investasi Paling Gampang & Paling Aman. Jakarta: VisiMedia.
Sentot, I. (2010). Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Shihab, M. Q. (2012). Tafsir Al-Mishbah. Jakarta: Lentera Hati.
Silvanita, K. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Sitompul, S. N. (2021). Pengaruh nilai taksiran, dan faktor situasional terhadap keputusan nasabah dalam melakukan gadai di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan [PhD Thesis]. IAIN Padangsidimpuan.
Soemitra, A. (2016). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana.
Sriono, S. (2013). Telaah Terhadap Perjanjian Sewa Menyewa (Al Ijarah) Dalam Perbankan Syariah. Jurnal Ilmiah Advokasi, 1(1), 88–98.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta Bandung.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). PT. Rineka Cipta.
Suhendi, H. (2011). Fiqh Muamalah. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Supranto. (2011). Prilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Supranto, J. (1997). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryabrata, S. (2013). Metodologi Penelitian. Raja Grafindo Persada.
Susilo. (1999). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Salemba Empat.
Sutedi, A. (2011). Hukum Gadai Syariah. Bandung: Alfabeta.
Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Kominukasi Pemasaran. T. Remaja Rosdakarya.
Thamrin, A. (2014). Bank dan Lembaga Keuangan. Rajawali Pers.
Tjiptono, F. (2007). Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer, Cet Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.
Trisnawati, & Komariah, E. (2016). Analisis Prosedur Gadai Emas Syariah Dalam Produk Rahn Emas IB. Hasanah (Studi Kasus Pada PT. Bank BNI Syariah Cabang Bekasi). Jurnal Mahasiswa Bina Insani, 1(1), 32–49.
Wahab, W. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pegadaian Syariah Di Kota Pekanbaru. Al-Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan, 2(1), 27–41.
Wahyono, B. (2012). Pengertian Keputusan Pembelian Konsumen. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Zulkifli, Z. (2018). Pengaruh Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Pegadaian (Persero) Syariah Unit Tanah Merah Cabang Pegadaian Soebrantas. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 1(1), 1–12.
23SK2341172.00 | SK EKOS 23.172 JAZ p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain