SKRIPSI EKOS
Pengaruh Orientasi Pasar, Diferensiasi Produk, Dan Kualitas Pelayanan Dalam Islam Terhadap Daya Saing (Studi Kasus Pengusaha Batik di Kecamatan Buaran Pekalongan)
Sebagai kota kreatif dunia saat ini, Pekalongan menjadi pusat industri batik yang paling terkenal di Indonesia karena mayoritas masyarakatnya bermata pencaharian di industri batik terutama di daerah Kecamatan Buaran. Oleh karena itu, persaingan dalam menjalankan usaha di bidang industri batik semakin ketat. Para pengusaha batik memiliki keinginan agar dapat menguasai pasar, sehingga mereka dituntut untuk lebih kreatif dan cerdas dalam membaca situasi pasar agar dapat memperkenalkan produknya secara meluas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar, diferensiasi produk, dan kualitas pelayanan dalam Islam terhadap daya saing pengusaha batik di Kecamatan Buaran Pekalongan
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji valid dan reliabel dengan menggunakan sampel sebanyak 136 responden yang merupakan pengusaha batik di Kecamatan Buaran Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel orientasi pasar secara parsial tidak berpengaruh terhadap daya saing. Variabel diferensiasi produk berpengaruh positif terhadap daya saing. Variabel kualitas pelayanan dalam Islam berpengaruh positif terhadap daya saing. Kemudian secara simultan variabel orientasi pasar, diferensiasi produk, dan kualitas pelayanan dalam Islam berpengaruh positif terhadap daya saing.
Kata kunci: Orientasi Pasar, Diferensiasi Produk, Kualitas Pelayanan dalam
Islam, dan Daya Saing.
DAFTAR PUSTAKA :
Arief, S., Alfarizy, M. Y. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Syariah Terhadap Kepuasan Konsumen. Journal of Islamic Economics and Philanthropy (JIEP) 02(03): 403–12.
Dejawata, T. B., et. al. (2018). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis 17(2): 1–8.
Deligayo, H. (2017). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Pelayanan dan Inovasi Produk Terhadap Daya Saing Bank BNI Syariah Cabang Fatmawati.
Fatmawati, R. A. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran Pada Warung Kucingan/Angkringan di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.5(3): 351-362.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hayati, C. (2007). Pekalongan Sebagai Kota Batik 1950-2007. E-Journal Universitas Muhammadiyah Semarang.
Ibrahim, A., et. al. (2018). Metodologi Penelitian. Cet. 1. Makassar: Gunadarma Ilmu
Jauhari, I. (2020). Pengaruh Diferensiasi Produk, Ekuitas Merek Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik Korea Selatan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis 25(3):226–37.
Kadarningsih, A. (2018). Keunggulan Bersaing; Faktor-Faktor yang Mempengaruhi dan Dampaknya Pada Kinerja Selling-In ( Studi Pada Outlet Binaan PT . Indosat Semarang). Jurnal Media Ekonomi & Teknologi Informasi 21(1): 1–18.
Kumesan, B. Y., et. al. (2021). Analisis Pengaruh, Diferensiasi Produk, Persepsi Harga, dan Promosi, Terhadap Niat Beli Konsumen Di Restoran Cepat Saji Richeese Factory Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA. 9(4):1187–97.
Kuncoro, M. (2007). Ekonomi Industri Indonesia: Menuju Negara Baru.Yogyakarta: CV Andi Offset.
Kuncoro, M. (2018). Strategi: Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif?.Jakarta: Erlangga.
Meliala., et. al. (2014). Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil. Jurnal Optimasi Sistem Industri 13(2): 641–64.
Millatina, H., Lisdiana, N., Purwanto, H. (2020). Industri Kerajinan Tembaga (Studi Kasus Pada Pengrajin Di Desa Tumang Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali) EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akutansi ISSN : 2502-3055.” 8(1): 46–57.
Nalim, Y., Turmudi, S. (2012). Statistika Deskriptif. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.
Ningsih, S., Dukalang, H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval Pada Analsis Regresi. Jambura Journal of Mathematics 1: 43–53.
Nugraha, N. A. S., Sukaatmadja, I. P. G. (2020). Orientasi Pasar, Strategi Diferensiasi, dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Berpengaruh Pada Industri Endek. E-Jurnal Manajemen 9(8): 3237–58.
Perdana, E. (2016). Olah Data Skripsi Dengan SPSS 22. Cetakan 1. ed.
Christianingrum. Bangka Belitung: LAB KOM Manajemen FE UBB. Porter, Michael, E. 1994. Keunggulan Bersaing. Jakarta: Binarupa Aksara.
Purnama, N. (2006). Manajemen Kualitas Perspektif Global. Yogyakarta: Ekonisia.
Putri, N. P . E., et. al (2020). Pengaruh Marketing Mix Dan Customer Relationship Management Terhadap Keunggulan Bersaing ( Studi Pada Zoya Cabang Tasikmalaya ). Business Management and Entrepreneurship Journal 2(2):26–35.
Rahmadi, A. N., Jauhari, T., Dewandaru, B. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar , Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM di Jalanan Kota Kediri. Jurnal Ekbis Analisis, Prediksi dan Informasi 21(2): 178–88.
Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS).Yogyakarta: CV Andi Offset.
Rustamblin, D., et. al. (2013). Pengaruh Strategi Generik Terhadap Kinerja Perusahaan ( Studi Pada Bank Umum ). Jurnal Aplikasi Manajemen 11(1):ISSN: 1693-5241
Sari, Y., Gultom, A. W. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Usaha Waralaba Di Kabupaten Oku. 1(1): 9–16.
Sauri, S. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Anggota Di Pusat Koperasi Syariah Alkamil Jawa Timur. THESIS: Univeritas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Setiawan, B. (2017). Teknik Hitung Manual Analisis Regresi Linear Berganda Dua Variabel Bebas. E-book: 0–9.
Sinulingga, J. E., et. al. (2022). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Digital Printing di Padang Bulan Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI) 3(1):51–66.
Sodik, A. M., Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Cetakan 1. ed.Ayup. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Cetakan ke. 19. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Cetakan ke-18. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif: Bandung: Alfabeta.
Sumiati. (2015). Pengaruh Strategi Orientasi Wirausaha dan Orientasi Pasar Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Di Kota Surabaya.1(1).
Suyanto, M. (2004). Smart in Entrepreneur: Belajar dari Kesuksesan Pengusaha Top Dunia. Yogyakarta: Andi.
Syakuro, A. A., Fikriyah. K. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Donatur Di Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Mojokerto. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 3(2):200–209.
Syukron, M. Z., Ngatno. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing UMKM Jenang di Kabupaten Kudus. Jurnal Administrasi Bisnis 5(2): 24–34.
Tampi, N. H. R. (2015). Analisis Strategi Diferensiasi Produk, Diferensiasi Layanan dan Diferensiasi Citra Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran (Studi Pada PT.Telkomsel Grapari Manado). Jurnal EMBA 3(4):68–81.
Wibowo, D. H., et. al. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM ( Studi Pada Batik Diajeng Solo ). 29(1): 59–66.
Wibowo, A. E. (2012). Aplikasi Praktis SPSS Dalam Penelitian. Yogyakarta: Gava Media.
Wilar, O. E., et. al. (2017). Analisis Strategi Diferensiasi Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek Terhadap Keunggulan Bersaing Pada PT. Bank Central Asia, TBK. Kantor Cabang Utama Manado. Jurnal Emba 5(3):3845–54.
23SK2341171.00 | SK EKOS 23.171 MAR p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain