SKRIPSI EKOS
Strategi Pengembangan Usaha Pada Batik Retno Dalam Perspektif Ekonomi Syariah
Batik Retno mengembangkan usaha yang bergerak di bidang garmen pakaian daster batik dengan fasilitas produksi yang berlokasi di wilayah Batang. Retno Batik melihat hal ini sebagai salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan dan menguntungkan dengan target market adalah ibu-ibu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan usaha pada Batik Retno dalam perpektif ekonomi syariah. Tidak sedikit perusahaan serupa yang berlomba-lomba menciptakan setelan wanita dengan macam-macam model desain yang unik dan menarik agar produk yang dihasilkan dapat laris manis diminati, sehingga persaingan pun tidak dapat dihindari.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Batik Retno, Jl. Kemuning, Desa Rowobelang RT 02/ RW 01 Kecamatan Batang, Kabupaten Batang. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data menggunakan teknik triangulasi yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan keabsahan data.
Hasil penelitian ini yaitu: strategi yang dilakukan oleh Batik Retno dalam mengembangkan usahanya: pengembangan produk, pengembangan pasar dan inovasi baru dan menurut perspektif ekonomi syariah implementasi pengembangan usaha Toko Batik Retno seperti bertindak jujur dan benar dalam setiap melakukan kegiatan pemasaran, selalu menekankan pada etika dalam berbisnis, tidak melakukan curang, tidak menjual produk yang diharamkan oleh agama, tidak mengurangi timbangan dan ukuran dalam mendistribusikan produknya, tidak pernah memaksa konsumen untuk membeli produknya, tidak menjelekkan bisnis orang lain dalam memasarkan produknya, penuh keikhlasan dalam melayani konsumennya dengan lemah lembut, serta tidak membedakan antara konsumen satu dengan konsumen yang lain.
Kata kunci: strategi pengembangan usaha, perspektif ekonomi syariah
DAFTAR PUSTAKA :
Anoraga Pandji. 2013.Pengantar Usaha. Pengelolaan Usaha Dalam Era Globalisasi. Jakarta: Rieneka Cipta
Aryan Eka Prastya Nugraha. 2018. Sharia Digital Business: Strategi dan Pengembangan Bisnis Berkelanjutan. EQUILIBRIUM: Jurnal Ekonomi Syariah Volume 6, Nomor 2, 2018, 241 – 252. P-ISSN: 2355-0228, E-ISSN: 2502-8316
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi Satu. Jakarta: Rajawali Pers
Badri, M. A. 2010. Panduan Praktis Fikih Islam Perniagaan Islam (Berbisnis Dan Berdagang Sesuai Nabi Shallahu'alaihi Wa Salam). Yogyakarta: Media
Buchari Alma. 2017. Kewirausahaan (Edisi Revisi Dilengkapi Lampiran Kegiatan Praktikum Memebentuk dan Keterampilan Wirausaha), Cet. XXI dan XXII, Bandung: Alfabeta
David, Fred R. 2006. Manajemen Strategi. Buku 1, Edisi kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat.
-------------------. 2011. Strategic Management, Manajemen Strategi Konsep, Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat
Duma Sari Siregar. 2021. Strategi Pengembangan Usaha Yanti Ulos Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Skripsi. Padang: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan Press
Glueck dan Jauch. 2000. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Edisi Ketiga. Terjemahan Murad dan Henry. Jakarta: Erlangga
Husni, M. 2009. Manajemen Strategi. Kudus: DIPA STAIN Kudus
Isna Aviana Nafisa. 2021. Strategi Pengembangan Usaha Batik Ciprat Pada Warga Tunagrahita Di Desa Karangpatihan Balong Ponorogo. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo Press
Johan, S. 2011. Studi Kelayakan Pengembangan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu
John A. Pearce II dan Richard B.Robinson, Jr. 2008. Manajemen Strategis Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Karim, A. W. 2014. Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: Rajawali Press
Lisyawati Nurcahyani. 2018. Strategi Pengembangan Produk Kain Tenun Ikat Sintang. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.530.
Mardani. 2021. Fiqh Ekonomi Syariah. Jakarta: Kencana.
Mariyatul Qibtiyah. 2018. Pengembangan Usaha Sentra Pengrajin Batik Tulis Gedog di Desa Jarorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Malang
Meri Ayu Uliyani. 2018. Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Perspektif Ekonomi Islam Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Pedagang Kaki Lima (Studi Kasus Pedagang Kaki Lima Darussalam). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh Press
Moleong, L. J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nurul Khamidah. 2019. Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Analisis SWOT Dalam Perspektif Ekonomi Islam Pada Usaha Sprei Lukis Bali Mustika Di Kabupaten Batang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Press.
Rangkuti, Freddy. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Usaha. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Sakia Pajriani, Muh. Asra dan Ibrahim Tawile. 2020. Strategi Pengembangan Usaha Pelaku Bisnis Ritel Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Masyarakat Penjual Eceran Sekitar Top Swalayan Kolaka). Jurnal Ekonomi Bisnis Syariah (2020) 3 (1), 234-246
Sintia Pratiwi. 2021. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Tenun Silungkang Kota Sawahlunto Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Press
Subekan, Khoirul Azasi, M. Wiji Purnomo. 2021. Strategi Pengembangan Usaha Mandiri Dalam Meningkatkan Pendapatan Pengrajin Batu Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah Vol 9, No.2, 2021, hlm. 129-138. ISSN-e 2715-7334 | ISSN-P 2654-3567
Sudjana. 2000. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production
Tri Joko Utomo. 2010. Lingkungan Bisnis Dan Persaingan Bisnis Ritel, Jurnal Fokus Ekonomi Vol. V. Nomor. 1, Juni 2010.
23SK2341162.00 | SK EKOS 23.162 JOK s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain