SKRIPSI PBS
Pengaruh Experiential Marketing Dan Emotional Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Platform E-Commerce Tokopedia
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh experiential marketing dan emotional marketing terhadap loyalitas pelanggan Muslim generasi Z melalui kepuasan pada platform e-commerce Tokopedia di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Muslim e-commerce Tokopedia yang tergolong generasi Z berusia 20-24 tahun di Kecamatan Bandar. Jumlah populasi tersebut adalah 6.568 ribu jiwa. Teknik pengampilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 377 responden. Kriteria pengambilan sampel pada penelitian ini adalah pelanggan Tokopedia yang telah melaksanakan transaksi minimal satu kali pada bulan Januari 2021 sampai dengan Desember 2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa experiential marketing dan emotional marketing berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Muslim generasi Z melalui kepuasan pada platform e-commerce Tokopedia di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa masyarakat Kecamatan Bandar yang tergolong generasi Z yaitu berusia 20-24 tahun menggunakan Tokopedia secara terus-menerus karena dipengaruhi oleh strategi experiential marketing dan emotional marketing yang dilakukan oleh Tokopedia. Ketika menggunakan Tokopedia, mereka merasakan adanya pengalaman yang unik dan menarik dan tampilan Tokopedia mudah dipahami dan tidak membosankan, sehingga mereka merasa nyaman. Selain itu, tersedia berbagai macam produk dengan harga terjangkau, konsep iklan Tokopedia menarik dan pesan sampai kepada pelanggan.
23SK2342035.00 | SK PBS 23.035 FAU p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain