SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sulitnya membawa dunia luar ke dalam kelas karena terbatasnya sarana yang ada sehingga dalam penyampaian materi hanya melalui bahasa verbal saja yang mengakibatkan siswa kurang dapat memahami konsep materi. Kebanyakan siswa merasa bosan dalam pembelajaran serta beranggapan bahwa pembelajaran matematika itu sulit.
Permasalahan yang muncul adalah mengenai kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan lembar kerja siswa berbasis etnomatematika dalam meningkatkan pemahaman konsep materi bangun ruang sisi lengkung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis etnomatematika yang valid, praktis, dan efektif.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengemmbangan ADDIE yang terdiri dari: 1) Analisis; 2) Perancangan; 3) Pengembangan; 4) Implementasi; 5) Evaluasi. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi dengan cara memberikan angket penilaian untuk menguji tingkat kevalidan. Tingkat kepraktisan dilihat dari hasil angket respon guru matematika dan angket respon siswa. Sedangkan uji efektifitas dilihat dari hasil test yang diberikan pada siswa.
23SK2326053.00 | SK TM 23.053 FAN p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain