SKRIPSI EKOS
Pengaruh Financial Literacy, Gaya Hidup, Dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Pekalongan
Kecenderungan mahasiswa mengikuti mode yang kekinian menjadi fenomena yang sering dijumpai saat ini. Berkembangnya mode atau tren yang bermunculan diberbagai media sosial memicu kalangan mahasiswa untuk tidak tertinggal. Hal tersebut menjadi kebiasaan mereka untuk terus mengikutinya. Jika terjadi secara terus menerus dapat menimbulkan perilaku konsumtif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh financial literacy, gaya hidup dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner yang telah diuji valid dan reliabel dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 21.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa financial literacy secara parsial tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif, adapun tingkat financial literacy mahasiswa termasuk pada kategori sedang. Gaya hidup berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif, dimana tingkat gaya hidup mahasiswa termasuk kategori sedang. variabel konformitas teman sebaya berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif, dengan tingkat konformitas teman sebaya pada kategori sedang. Sedangkan tingkat perilaku konsumtif pada kategori sedang. Kemudian secara simultan financial literacy, gaya hidup, dan konformitas teman sebaya berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif.
Idealnya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekaloangan lebih rasional dalam mengelola keuangan dan perilaku konsumsinya. Namun, penelitian ini menemukan bahwa financial literacy tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Oleh karena itu, saran bagi peneliti selanjutnya dapat meneliti terkait hal tersebut.
Kata kunci: Financial Literacy, Gaya Hidup, Konformitas Teman Sebaya, dan Perilaku Konsumtif
DAFTAR PUSTAKA :
Agustin, R. A. (2021). Pengaruh Literasi Ekonomi, Konformitas Teman Sebaya, dan Modernitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa IAIN Ponorogo. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariag Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo .
Almanda, Y. (2018). Pengaruh Harga Diri dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda. E Journal Psikologi Vol 06 No 02 , 410-419.
Azwar, S. (2001). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ciakrawinata, J. P., & Evelyn. (2021). Pengaruh Financial Literacy dan Financial Behavior Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa dan Alumni UK Petra Asal Kota Tarakan. Seminar Nasional dan Call For Paper HUBISINTEK .
David, M. (2010). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Deviyanti, S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Peserta Didik Kelas XII IPS SMA NEGERI 3 Makassar. Makassar: Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.
Dikria, Okky dan Mintarti, Sri Utami. Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 09 No 06
Drifanda, V. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang. JPU Vol 12 No 01 .
Fikri Ridhayani, I. R. (2020). The Influence Of Financial Literacy and Reference Group Toward Consumptive Behavior Across Senior High School Students. Journal of Consumer Sciences , 29-45.
Gulati, S., & Faculty, G. (2017). Impact Of Peer Pressure On Buying Behavior. International Journal of Research Granthaalayah vol 05 No 06 .
Gunawan, A., & Carissa, A. F. (2021). Pengaruh Sastra Keuangan dan Gaya Hidup Pada Siswa Perilaku Konsumsi (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Manajemen Universitas Bisnis dan Ekonomi Muhammadiyah Sumatera Utara). IJEBAS , 79-86.
Gunawan, A., & Carissa, A. F. (2021). Pengaruh Sastra Keuangan dan Gaya Hidup Pada Siswa Perilaku Konsumsi (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Fakultas Manajemen Universitas Bisnis dan Ekonomi Muhammadiyah Sumatera Utara). IJEBAS Vol 01 No 01 .
Halimatussakdiyah, & Sudarma, S. (2019). Influence of Life style and Financial Literacy to Consumpive Behavior Through Self Control of Unisnu FEB Collage Students Jepara . Journal of Economic Education , 75-80.
Haryono, T., & Panuntun, D. F. (2019). Model Gaya Hidup Nazir sebagai Refleksi Gaya Hidup Hedon Pengkhotbah pada Zaman Milenial. Jurnal teologi Injili dan pembinaan warga jemaat , 179.
Hidayat, K., & Bashori, K. (2016). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Hurlock, E. B. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Idris, M. (2019). Hubungan Antara Gaya Hidup Modern dan Prinsip Individualisme Terhadap Perilaku Belajar Fisika SMA Negeri 17 Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. UIN Alauddin , 94.
Imawati, Susialiningsing, & Ivada. (2013). Pengaruh Financial Literacy Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Pada Program IPS SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNS Vol 02 No.01 48-58.
Imroatun, Muawanah. 2020. Fenomena Maraknya Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Anak Muda di Kota Metro (Studi Kasus Pada Mahasiswa IAIN Metro). IAIN Metro.
Institute, I. R. (2020). Indonesia Millenial Report. Jakarta: IDN Times
Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika, I. M., Hasan, M., Utomo, K. P., et al. (2021). Perilaku Konsumen. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Jacinda, A. (2016). Perilaku Konsumen dalam Memilih Rever Academy Surabaya. Jurnal e-Komunikasi vol 04 no 01 , 1-10.
Jannah, V. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Media Sosial, dan Tingkat Pendapatan Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan. Pekalongan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan.
Kemenkeu. (2022, Juli 18). Reterieved from djkn.kemenkeu.go.id: https:djkn.kemenkeu.go,id/kpknl-metro/baca-artikel/13811/Tips-Alokasi-Penghasilan-Bulanan.html
Kotler, P., & Keller, K. L. (2011). Manajemen Pemasaran Edisi 1. (a. b. Sabran, Penyunt.) Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Kuncoro, M. (2007). Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi Edisi Ketiga. Yogyakarta: UPB STIM YKPN.
Kusumaningtyas, I. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI IPS di SMA N 1 Taman Sidoarjo. Sidoarjo: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 05 No. 03.
Lusardi, A., Mitchell, O., & Curto.V. (2010). Financial Literacy Among The Young: Evidence And Implications For Consumer Policy. Journal of Consumer Affairs 44 (2) , 1-9.
Manik, Y. M., & Dalimunthe, M. B. (2019). Literasi Keuangan dan Pengaruhnya Terhadap Hedonisme Mahasiswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi 7(2) , 66-76.
Medias, F. (2018). Ekonomi Mikro Islam : Islamic Microeconomic. Magelang: Unimma Press.
Melinda, Lesawengen, L., & Waani, F. J. (2022). Perilaku Konsumtif dan Kehidupan Sosial Ekonomi Mahasiswa Rantau (Studi Kasus Mahasiswa Toraja Di Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal Ilmiah Society Vol 02 No 01 .
Ningsih, S., & Dukalang, H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analisis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics Vol 01 No 01 , 43-53.
Palamba, F. G. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Sanata Dharma. Skripsi program sutudi akuntansi Universitas Sanata Dharma .
Palungan, D., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen Vol 02 No 03 , 103-110.
Prihatini, D., & Irianto, A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. EcoGen Vol 04 No 01 , 25-34.
Purwaningsih, M. F. (2018). Analisis Hubungan Gaya Hidup dan Pendapatan dengan Keputusan Pembelian Produk Fashion Planet Surf Studi Kasus Pada Konsumen Produk Fashion Planet Surf Malioboro Mall Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta , 46.
Purwasih, J. H., & Kusumantoro, S. M. (2015). Perubahan Sosial. Klaten: Cempaka Putih.
Putrayasa, I. B. (2013). Landasan Pembelajaran. Bali: Undiksha Press.
Rahmah, D. P,, Rahmawati, Pujiati, & Safitri, M. (2021). Analisis Pergeseran Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Masa Pandemi. JEKPEND Vol 04 No 02, 11-18
Rahmawati, V. E., & Sujanti, J. (2021). Analisis Faktor Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Produk Fashion Saat Pandemi Pada Mahasiswa. JEKPEND Vol 04 No 02 , 11-18.
Ramadhani, H. R. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan, Electronc Monet, Gaya Hidup, dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Sumatera Utara). Medan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Medan.
Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: CV Andi Offset.
Riduwan, & Kuncoro, E. A. (2012). Cara Mudah Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.
Rifa'i, A. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Riskayanti. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Makassar. Makasar: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.
Roestanto, A. (2017). Literasi Keuangan. Yogyakarta: Istana Media.
Romadloniyah, A., & Setiaji, K. (2020). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif dalam Perspektif Gender. Economic Education Analysis Journal , 50-64.
Sari, P. P., & Rajagukguk, S. C. (2022). Pengaruh Liteasi Keuangan, Gaya Hidup, dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Religion Edycation Social Laa Roiba Journal Vol 04 No 03 , 819-829.
Sitepu, N. I. (2017). Perilaku Konsumsi Di Indonesia. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam , 97.
Soetiono, K. S., & Setiawan, C. (2018). Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Surono, Bahruddin, M., & Habibi, A. (2020). Effectiveness Financial Literacy Toward Making Decision Of Consumer Behavior. Buletin Studi Ekonomi Vol 25 N0 01 , 99-111.
Susanto, Angga Sandy. Membuat Segmentasi Berdasarkan LIfestyle. Jurnal JIBEKA Volume 07 No 02
Trisnani, S. A., Adriyai, A. D., Wandansari, R. A., & Isthika, W. (2019). Consumption Behavior and The Lack Of Financial Literacy Among Teens. Journal of Islamic Economics, Management and Business Vol 1 No 01 , 191-206.
Wahbah, A.-Z. (2013). Tafsir Al-Wasith Muhtadi. Jakarta : Gema Insani.
Wahidah, N. (2019). Pengaruh Perilaku Konsumsif Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN. Jurnal Untan , 2.
Yuliadi, I. (2019). Teori Ekonomi Makro Islam. Depok: Rajawali pers.
Zaahirah, R. (2018). Pengaruh terapan e-commerce shopee terhadap konformitas mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta: Skripsi UIN Syarif Hidayatullah.
23SK2341158.00 | SK EKOS 23.158 RIZ p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain