SKRIPSI EKOS
Pengaruh Motivasi, Kualitas Pelayanan Dan Sosialisasi Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada Produk Tabungan Emas Pegadaian Syariah (Studi Kasus Pada PT. Pegadaian Kantor Cabang Pegadaian Syariah Ponolawen di Pekalongan)
Jenis metode penelitian ini yaitu field research. Field research adalah penelitian yang menggunakan data yang didapat dari studi lapangan melalui cara melakukan pengamatan, pencatatan, serta pengumpulan beberapa data ataupun informasi yang ada di lapangan studi kasus dan survey. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan angket yang akan diberikan kepada responden dimanapun tempatnya peneliti bertemu dengan responden yang memenuhi kriteria. Penelitian ini mempergunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang dijadikan obyek pada penelitian ini yaitu nasabah Pegadaian Syariah Ponolawen sejumlah 95 nasabah. Kemudian data yang diperoleh diolah dengan SPSS. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji instumen, uji asumsi klasik, uji hipotesis. Diketahui dengan koresponden 95 sebesar 0,202.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa nilai t hitung pada variabel motivasi sebesar 0,021, kualitas pelayanan sebesar sebesar 5,958 dan sosialisasi sebesar 4,331. Hasil Uji F dapat disimpulkan bahwa nilai f hitung sebesar 75.711 dengan tingkat signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variable kualitas pelayanan dan sosialisasi secara simultan berpengaruh terhadap variable minat. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan hasil: (1) Motivas tidak berpengaruh terhadap minat menabung. (2) Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap minat menabung. (3) Sosialisasi berpengaruh positif terhadap minat menabung.
Kata Kunci : Motivasi, Kualitas pelayanan, Sosialisasi, Minat menabung
DAFTAR PUSTAKA :
1. Buku
Agung Edy Wibowo, “Aplikasi Praktis SPSSS Dalam Penelitian”, Yogyakarta: Gramedia, 2012.
A.Muri Yusuf, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan” Jakarta : Prenadamedia Group, 2014.
Chaplin, J.P, “Kamus Psikologi Lengkap”, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2008.
Cholid Narbuko dan Abu Achmadi, “Metodologi Penelitian”, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.
Damsar, “Pengantar Sosiologi Politik”, Jakarta: Kencana, 2012.
Deni Darmawan, “Metode Penelitian Kuantitatif”, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2013.
Etta mamang dan sopiah, “Metodelogi Penelitian Pendekatan Praktis Dalam Penelitian”, Yogyakarta: CV Andi Offset, 2010.
Fandy Tjipto, “Manajemen Jasa”, Yogyakarta: Andi Offset, 1996.
Hessel Nogi S. Tangkilisan, “Manajemen Publik”, Jakarta: PT. Gransindo, 2005.
Imam Ghozali, “AplikasiAnalisis Multivariate dengan Program SPSS 19”, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2011.
Imam Santosa, “Sosiologi The Key Concepts”, Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Jusmaliani, “Pengelolaan Sumber Daya Insani”, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2010.
Kasmir, SE, MM, “Pemasaran Bank”, Jakarta: Pernada Media Group, 2004.
Menteri Agama Republik Indonesia, “(Al-Qur’an dan Terjemahannya)”, Semarang: ASY-SYIFA, 1998.
Morissan, “Metode Penelitian Survei”, Jakarta: Kencana, 2017.
Mohammad Fauzi, “Metodelogi Penelitian Kuantitatif Sebuah Pengantar”, Semarang: Walisongo Press, 2009.
Nanang Martono, “Metode Penelitian Kuantitatif Analisis isi dan Analisis data sekunder”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.
Nugroho J. Setiadi. “Perilaku Konsumen”, Kencana: Bogor, 2003.
Saifudin Azwar, “Metode Penelitian” Yogyakarta: Pustaka Belajar, 1999.
Sugeng Sejati,.SPsi.M.M, “Psikologi Sosial Suatu Pengantar”, Yogyakarta: Teras, 2012
Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan”, Bandung: Alfabeta, 2005.
Sugiyono, “Statistika untuk Penelitian”, Bandung: Cv. Alfabeta, 2013.
Syaiful BahriDjamarah, “Psikologi Belajar”, Jakarta: PT. Rinek Cipta, 2002.
Syofian Siregar, “Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS”, (jakarta: Kencana, 2013), hlm. 33
Uhar Suharsaputra, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan”, Bandung: PT.Refika Aditama, 2012.
2. Skripsi dan Jurnal
Abdul Haris Romdhoni dan Dita Ratnasari, “Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk dan Religiusitas Terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan Pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah”, (Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung, 2018).
Afif Nur Rahmadi, Budi Heryanto, Jurnal Ekonomi, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kediri”, Vol. 1, No.2, (September, 20160, hal. 155.
Dedy Trisnadi & Saprinal Manurung, “Pengaruh Kualitas Produk Tabungan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung kembali di CIMB NIAGA”, (Jurnal MIX, Volume 6 No. 3, Oktober 2013).
Desi Maida Riana, “Pengaruh Promosi dan Motivasi Terhadap Minat Nasabah Pada Produk Murabahah Logam Mulia Investasi Abadi (MULIA) Studi Kasus pada Pegadaian Syariah UPS Pasar Tamin Bandar Lampung”, (Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Raden Intan Lampung, 2019).
Difa Ikrima Mudzdalifa, “Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Motivasi Terhadap Keputusan Memilih Produk Tabungan Emas Di Pegadaian Syariah Pasar Telo Yogyakarta”, (Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013).
Nur Afni Wulansari, “Pengaruh Motivasi Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Produk MULIA di Pegadaian Syariah Cabang Mayjend Sungkono Surabaya”, (Skripsi, Fakultas Syari’ah dan Hukum, Universitas Sunan Ampel Surabaya, 2014).
Popi Andestri Irian Sumantri, “Pengaruh Sosialisasi, Edukasi dan Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas Terhadap Loyalitas Nasabah Dalam Menabung di PT. Pegadaian Syariah Cabang Skip Kota Bengkulu”, (Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Bengkulu, 2019).
Risqi Amalia, “Pengaruh label halal dan religiusitas terhadap keputusan membeli mahasiswa program studi Ekonomi Syariah angkatan 2014”, (IAIN Pekalongan: ekonomi Syariah, 2016), hlm. 56-57.
Sinta Ardhillatul Jannah, “Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Investasi Logam Mulia Pada pegadaian Unit Pembantu Syariah Pasar III Muara Enim”, (Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Raden Fatah, 2017).
Shinta Rawaini, “Pengaruh Pengetahuan Nasabah, Motivasi Nasabah dan Penjualan Perorangan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Asuransi Syariah PT. Prudential Life Assurance Cabang Yogyakarta”, (Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Yogyakarta, 2015).
Tri Astuti dan Indah Mustikawati, “Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Tingkat Suku Bunga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada BRI Cabang Sleman”, Jurnal Nominal, Vol II No. 1 (2013), hal. 12.
23SK2341153.00 | SK EKOS 23.153 DIT p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain