SKRIPSI EKOS
Pengaruh Islamic Branding & E-Service Quality Terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa IAIN Pekalongan)
Pada zaman modern, hampir semua kegiatannya dituntut untuk serba instan dan cepat. Termasuk keberadaan teknologi informasi, perkembangannya semakin tumbuh dengan pesat. Internet adalah salah satu wujud dari inovasi teknologi informasi yang bertumbuh dengan peningkatan signifikan dalam beberapa tahun terakhir terjadi di Indonesia. Shopee merupakan salah satu aplikasi Marketplace yang menyediakan layanan jual-beli pada platform android dengan mudah, cepat dan aman. Shopee menyasar segmen kalangan muda zaman sekarang yang terbiasa melakukan aktivitasnya dengan bantuan Marketplace. Oleh karenanya Shopee menawarkan kemudahan berbelanja produk-produk seperti kebutuhan sehari-hari, fashion, peralatan, aksesoris, hingga makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Islamic Branding dan E-Service Quality terhadap terhadap pembelian ulang melalui kepuasan sebagai varibel intervening pada Marketplace Shopee.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive sampling. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji analisis statistic deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan IBM Statistik SPSS 24. Analisis Regresi berganda berfungsi untuk menguji hubungan langsung antarvariabel, sedangkan analisis jalur berfungsi untuk menguji hubungan tidak langsung antarvariabel penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Islamic Branding, E-Service Quality, dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian ulang. Kemudian secara simultan, Islamic Branding dan E-Service Quality melalui kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian ulang.
Kata Kunci : Islamic Branding, E-Service Quality, Pembelian Ulang dan Kepuasan
Daftar Pustaka :
Maarif, Nurcholis. 2020. ”Shopee Jadi e-commerce Terpopuler di Indonesia” https://inet.detik.com/cyberlife/d-4943363/shopee-jadi-e-commerce-terpopuler-di-indonesia Diakses pada 5 Mei 2021
Yuni, Astutik. 2021. ”Persaingan Panas! Awal 2021 Tokopedia Kalahkan Shopee” https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210225181934-37-226221/persaingan-panas-awal-2021-tokopedia-kalahkan-shopee Diakses pada 6 Mei 2021
Devita, Vivin Dian. 2021. ”Pengguna Aktif Bulanan Aplikasi E-commerce di Indonesia dan Asia Tenggara” https://iprice.co.id/trend/insights/pengguna-aktif-bulanan-aplikasi-e-commerce-di-indonesia-dan-asia-tenggara/ Diakses pada 6 Mei 2021
Esterina Christy, Firdhy. 2020. “Top 10 E-commerce di Indonesia Kuartal I 2020” https://data.tempo.co/data/907/top-10-e-commerce-di-indonesia-kuartal-i-2020 Diakses pada 15 Juni 2021
Pressrelease. 2020. “Shopee Awali 2020 dengan Pencapaian Sebagai Brand e-commerce Pilihan Masyarakat Indonesia ” https://pressrelease.kontan.co.id/release/shopee-awali-2020-dengan-pencapaian-sebagai-brand-e-commerce-pilihan-masyarakat-indonesia?page=all Diakses pada 15 Juni 2021
Widjajanta, B., Rahayu, A., & Salsabila, A. Pengaruh Perceived Quality Dan Brand Reputation Terhadap Repurchase Intention Pada Reviewers Sepatu Bata Aplikasi Shopee. Strategic: Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 20(1).
Luthfiana, N. A., & Hadi, S. P. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan dan E-Service Quality Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Pembeli di Marketplace Shopee). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 97-104.
Koharyanto, F. F. (2020). ANALISA PENGARUH PERCEIVED QUALITY DALAM PEMBENTUKAN REPURCHASE INTENTION MELALUI BRAND TRUST PADA APLIKASI SHOPEE. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 7.
Fitriani, A. (2018). Pengaruh E-Trust dan E-service quality Terhadap E-Loyalty Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna E-commerce C2C Shopee) (Doctoral dissertation,
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Sativa, A., & SRI, R. T. A. (2016). Analisis Pengaruh E-Trust dan E-service quality terhadap E-Loyalty dengan E-Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna E-commerce C2C Tokopedia) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis)
Prakosa, D., & Pradhanawati, A. (2020). Pengaruh E-Trust Dan E-service quality Terhadap E-Loyalty Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 457-464.
Amira, A. A., & Syahputra, S. (2020). Pengaruh E-service quality Terhadap Customer Satisfaction Aplikasi Shopee. eProceedings of Management, 7(3).
Suryani, N. K., & Lestari, N. P. N. E. (2020). Pengaruh Website Quality, Trust, Dan E–Service Quality Terhadap Loyalitas Konsumen Pada E-commerce Pengguna Situs shopee. co. id. TIERS Information Technology Journal, 1(2).
Setyawan, A. D. (2019). ANALISIS PENGARUH E-SERVICE QUALITY MELALUI E-SATISFACTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (Survey pada konsumen Guten. inc).
Prihanti, D. (2019). Pengaruh E-service quality, Islamic branding dan Islamic Advertising Ethics terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Shopee di Indonesia) (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).
Yunus, N. S. N. M., Rashid, W. E. W., Ariffin, N. M., & Rashid, N. M. (2014). Muslim's purchase intention towards non-Muslim's Halal packaged food manufacturer. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 130, 145-154.
Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Malhotra, A. (2002). Service quality delivery through web sites: a critical review of extant knowledge. Journal of the academy of marketing science, 30(4), 362-375.
Bellezza, M. (2020). PENGARUH NILAI PELANGGAN, E-SERVICE QUALITY TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG DAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA APLIKASI SHOPEE (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS HASANUDDIN).
ARIFAH, N., & Auliya, Z. F. (2020). PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN REPURCHASE INTENTION PADA TOKO AKUNIWASHOP KLATEN DI MARKETPLACE SHOPEE (Doctoral dissertation, IAIN SURAKARTA).
Nuraini, D., & Evianah, E. (2019). Analisis Perbedaan Kepuasan Konsumen terhadap Pembelian Produk Baju secara Online dan Offline. Ekonomi-Manajemen Equilibrium: Jurnal Akuntansi, 15(2).
Gunawan, L. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening di Toko Bintang Terang. Agora, 4(1), 424-434.
Wijayanti, L. S., Setyawati, S. M., & Rahab, R. (2021). PENGARUH E-SECURITY, E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP REPURCHAS INTENTION DENGAN E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN MARKETPLACE DI INDONESIA. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 23(4), 109-121.
23SK2341152.00 | SK EKOS 23.152 MIS p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain