SKRIPSI EKOS
Pengaruh Orientasi Pasar, Kreativitas Pemasaran, Dan Kualitas Pelayanan Dalam Islam Terhadap Keunggulan Bersaing di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pedagang Durian di Desa Lemahabang)
Pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap beberapa sektor, tidak hanya kesehatan saja, akan tetapi sektor ekonomi turut serta merasakan dampaknya. Strategi yang perlu dilakukan pedagang supaya tetap bertahan ditengah persaingan adalah dengan menjaga manajemen pemasaran, kemudian memasarkan produk tersebut dengan menyesuaikan perkembangan zaman, serta memberikan pelayanan maksimal yang sesuai dengan syariah Islam dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan terhadap pelanggan, sehingga persaingan akan mengalami peningkatan. Pedagang mampu melaksanakan kegiatan jual beli sesuai dengan syariah Islam, dengan selalu mengutamakan kepuasan supaya nantinya dapat memperoleh kepercayaan dari pelanggan, sehingga persaingan bisnis akan berjalan lancar.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 109 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yang mana pengambilan cara ini dapat memberi peluang yang sama untuk dipilih ke dalam sampel. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS statistik 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi pasar, kreativitas pemasaran dan kualitas pelayanan dalam Islam berpengaruh secara simultan terhadap keunggulan bersaing di masa pandemi Covid-19.
Kata Kunci : Orientasi Pasar, Kreativitas Pemasaran, Kualitas Pelayanan Dalam Islam, Keunggulan Bersaing
DAFTAR PUSTAKA :
Adhe Ira Riany, Dahmiri (2020) . Pengatuh kreativitas dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi kasus Wedding Organizer HastinaDecoration Kota Jambi). Jurnal Fakultas Ekonomi Bisnis.
Afzalurrahaman, (1997) . Muhammad sebagai seotang pedagang. Yayasan Swarna Bhumy: Jakarta
Aravik, h fakhry zamzam havis. 2020. Etika Bisnis Islam Seni Berfikir Keberkahan. yogyakarta: cv budi utama.
Arikunto Suharsimi. (1998). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta..
Crown Dirgantoro. 2002. Keunggulan Bersaing Melalui Proses Bisnis. jakarta: Jakarta: Pt. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Didin Hafidudin, Hendri Tanjung. 2003. Manajemen Pemasaran Syariah Dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani Impress.
Fandy Tjiptono, Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. yogjakarta: Andi Offiset.
Fariska Hariana (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Keunggulan Bersaing J&T Exppress di Kecamatan Taman Sidoarjo. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
Fatah Abdul, Fian Ahmad. (2012). Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing (Survey Pada UKM Batik Deden Tasikmalaya. Thesis. Universitas Komputer Indonesia. Bandung.
Fauni Arini Mayang. (2017). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Inovasi Usaha, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Konveksi Kabupaten Kudus.
Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Gibran. ( 2012). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing pada Factory Outlet The Summit.Skripsi.Bandung. “No Title.”
Ghozali Imam. (1011). Aplikasi Analisis Multivriate dengan Program IMB SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Universitas Diponegoro
Handayani Tatii, S.E., M.M., Fathoni Anwar Muhammad, Lc., M.A. Bulu Ajar Manajemen Pemasaran Islam. yogyakarta: cv budi utama.
Hafidhuddin Didin, Hendri Tanjung. (2003). Manajemen Sayariah dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.
Hubeis, M. 2005. Manajemen Kreativitas Dan Inovasi Dalam Bisnis. Jakarta: Hecca Mitra Utama.
Loh Yong. 2003. The Quest Of Global Quality. Di Terjemahkan Oleh Sutanto. Jakarta: Pustaka Delapratasa.
Maju., Kartono Kartini. (1996). Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung.
Mas’ud Machfoedz, Machfoedz Mahmud. 2004. Kewirausahaan Suatu Pendekatan Kontemporer. Yogjakarta: UPP AMP YKPN.
Nazir. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Porter. Michael E. 2007. Strategi Bersaing (Competitive Strategy). Tanggerang : Kharisma Publishing Group.
Rambat Lupiyoadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori Dan Praktik Ed. Pertama. pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Rivai Prof .Dr. Veithzal, S.E., M.M., M.B.A, Usman Antoni Nizar, S.E, M.E., Ph.D. 2012. Islamic Economics & Finance. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rizki Anugrah, R. Deni Muhammad Danial, Faizal Mulia (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasusm Pelanggan Hotel Berbintang Di Kota Sukabumi). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi.
Rustan DR, S.E.,M.SI., AK., CA., CPA. 209. Pusaran Pembangunan Ekonomi. Makasar : CV SAH MEDIA
Sanusi Anwar. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif, dan R&D, Cet. 23. Bandung: Alfabeta.
Sumarsono supardi, 2019. Kewirausahaan Teori dan Praktik. Malang : Media Cetak Creative
Suryana. 2011. Kewirausahaan : Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Akhriandi. (20017). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Motor Merek Honda. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar. Makasar.”
Wasro. (2022, Februari 14) Jumlah Pedagang Durian di Desa Lemahabang. (Novita)
Wijaya, Dr.Oscarius Y.A., M.H., M.M. 2020. Strategi Manajemen Hubungan Pelanggan Dan Orientasi Pasar. jawa tengah: Lakeisha.
Wira Dewi Anak Agung Ayu Mirah (2019). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Kerajinan Perak di Desa Celuk Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar.
Skripsi. Universitas Pnedidikan Ganesha. Bali.
Yamit Zulian. 2010. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Cet.5. Yogyakarta: Ekonisia.
Yusuf Muri. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana. Yusuf Muri. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Zaman Ikhsan Badruz. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Produk UMKM Spd Speedometer Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
23SK2341150.00 | SK EKOS 23.150 NOV p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain