SKRIPSI EKOS
Pengaruh Halal Tourism, Daya Tarik, Potensi Dan Harga, Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Pantai Sigandu Batang
Pariwisata memiliki perkembangan dalam strukturnya. Saat ini perkembangan pariwisata yang sangat pesat dan menjadi trend dunia adalah pembangunan wisata halal. Wisata halal memberi pelayanan kepada wisatawan muslim yang ingin berwisata sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, sehingga wisatawan akan merasa lebih nyaman dan aman dalam menikmati perjalanan wisata. Suatu objek wisata dapat dikenali masyarakat luas karena memiliki daya tarik dan potensi tersendiri, yang pada akhirnya mampu memunculkan rasa minat berkunjung dari seorang wisatawan. Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) menguji pengaruh Halal Tourism terhadap minat berkunjung; 2) menguji pengaruh Daya Tarik terhadap Minat Berkunjung; 3) menguji pengaruh Potensi terhadap Minat Berkunjung; 4) menguji pengaruh Harga terhadap Minat Berkunjung.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah wisatawan yang pernah mengunjungi Pantai Sigandu Batang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling dan untuk menentukan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel halal tourism berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan. Variabel daya tarik berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan. Variabel potensi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan. Variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan. Kemudian variabel halal tourism, daya tarik, potensi, dan harga secara simultan juga berpengaruh posifif terhadap minat berkunjung. Hasil uji koefisien determinasi (Adjusted R Square) menunjukkan nilai sebesar 0,240 atau 24%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebesar 24% minat berkunjung ditentukan oleh halal tourism, daya tarik, potensi, dan harga. Sedangkan sisanya 76,0% dijelaskan di variabel lain yang tidak ada pada penelitian ini.
Kata kunci: Halal Tourism, Daya Tarik, Potensi, Harga, Minat Berkunjung
DAFTAR PUSTAKA :
adi, D. O. R. K., Fathoni, A., & Hasiholan, L. B. (2018). Pengatuh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cke Teknik Semarang. Journal Of Management, 4(4). Http://Jurnal.Unpand.Ac.Id/Index.Php/Ms/Article/View/990
Afifah Harashta, -. (2020). Potensi Pengembangan Pariwisata Halal (Halal Tourism) Di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Pada Kampung Bandar Senapelan).
Aisah, S., … N. N.-R. J. R., & 2019, Undefined. (N.D.). Integrasi Bumdes Dalam Mewujudkan Halal Tourism Berbasis Literasi Di Kabupaten Batang. Ojs.Batangkab.Go.Id. Retrieved November 23, 2021, From Http://Ojs.Batangkab.Go.Id/Index.Php/Ristek/Article/View/83
Amdani, Suut. (2008). Analisis Potensi Obyek Wisata Alam Pantai Di Kbupaten Gunung Kidul.
Arianto, Nurmin. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Merek Aqua. Kreatif : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(2), 2. Https://Doi.Org/10.32493/Jk.V3i2.Y2016.P2
Arianto, N., & Muhammad, J. (2018). Pengaruh Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Hotel Dharmawangsa. Jurnal Semarak, 1(1), 108–115. Https://Doi.Org/10.32493/Smk.V1i1.1250
Bisnis, U. H.-J. J. E. Dan, & 2016, Undefined. (N.D.). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal.Untag-Sby.Ac.Id.
Retrieved November 21, 2021, From Http://Jurnal.Untag-Sby.Ac.Id/Index.Php/Jeb17/Article/Download/635/577
Budiani, S. R., Wahdaningrum, W., Yosky, D., Kensari, E., Pratama, H. S., Mulandari, H., Iskandar, H. T. N., Alphabettika, M., Maharani, N., Febriani, R. F., & Kusmiati, Y. (2018). Analisis Potensi Dan Strategi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Berbasis Komunitas Di Desa Sembungan, Wonosobo, Jawa Tengah. Majalah Geografi Indonesia, 32(2), 170. Https://Doi.Org/10.22146/Mgi.32330
Dr. Bagus. (2022). Wawancara.
Edi. (2022). Wawancara.
Fajar Peunoh Daly, 140602168. (2018). Pengaruh Wisata Halal Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung Ke Kota Banda Aceh. Http://Library.Ar-Raniry.Ac.Id/
Fajriani, R. (2018). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Promosi, Etika Konsumsi Islam Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Batik (Studi Kasus Pada Konsumen Muslim Griya Batik Mas Kauman Pekalongan). Http://Perpustakaan.Iainpekalongan.Ac.Id/
Faraby, M. E. (2021). Potensi Kabupaten Bangkalan Menjadi Destinasi Wisata Halal. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 67–74. Https://Doi.Org/10.29040/Jiei.V7i1.1649
Febrina, N., And, W. W.-E.-J. H. E., & 2015, Undefined. (N.D.). Persepsi Wisatawan Tentang Daya Tarik Wisata. In Ejournal.Unp.Ac.Id. Retrieved May 4, 2021, From Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Jhet/Article/Download/4833/3792
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haryanto, E. (2013). Kualitas Layanan, Fasilitas Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Layanan Pada Kantor Samsat Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3). Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V1i3.2212
Hermawan, H., & Sekolah Tinggi Pariwisata Ars Internasional Bandung Com, D. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Keselamatan, Dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan : Studi Community Based Tourism Di Gunung Api Purba Nglanggeran. In Jurnal Media Wisata (Vol. 15, Issue 1). Https://Doi.Org/10.36276/Mws.V15i1.213
Kirom, N. R., Sudarmiatin, S., & Putra, I. W. J. A. (2016). Faktor-Faktor Penentu Daya Tarik Wisata Budaya Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 536–546. Https://Doi.Org/10.17977/Jp.V1i3.6184
Lebu, C. F. K., Mandey, S. L., & Wenas……, R. S. (2019a). Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Danau Linow. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 5505–5514. Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V7i4.26329
Lebu, C. F. K., Mandey, S. L., & Wenas……, R. S. (2019b). Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Danau Linow. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 5505–5514. Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V7i4.26329
Manajemen, J., Apriliyanti, E., Hudayah, S., Zainurossalamia, S. Z., & Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman, F. (N.D.). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Destinasi Dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Citra Niaga Sebagai Pusat Cerminan Budaya Khas Kota Samarinda. Jurnal Manajemen, 12(1), 145–153. Retrieved May 4, 2021, From Http://Journal.Feb.Unmul.Ac.Id/Index.Php/Jurnalmanajemen
Manajemen, K. W.-E. J. B. Dan, & 2017, Undefined. (N.D.). Pemasaran, Daya Tarik Ekowisata, Dan Minat Berkunjung Wisatawan. Journal.Uinjkt.Ac.Id. Retrieved November 21, 2021, From Http://Journal.Uinjkt.Ac.Id/Index.Php/Esensi/Article/View/5411
Marpaung, B. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Keselamatan Dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Interventing Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan. Mpu Procuratio, 1(2 Oktober), 144–155. Http://103.78.9.46/Index.Php/Mpu/Article/View/294
Marpaung, H., Una, H. S.-P. S. N. M. I., & 2017, Undefined. (N.D.). Pengaruh Daya Tarik Dan Aksesibilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Air Terjun Ponot Di Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten. Osf.Io. Retrieved November 21, 2021, From Https://Osf.Io/Mz5gy/Download
Maulana, A. (2020). Preferensi Masyarakat Jakarta Terhadap Wisata Halal Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Berkunjung. Https://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/50031
Nugraha, Y. M. (2018). Analisis Potensi Promosi Pariwisata Halal Melalui E-Marketing Di Kepulauan Riau. Penelitian Dan Karya Ilmiah, 3(2), 63. Https://Doi.Org/10.25105/Pdk.V3i2.2990
Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah Dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan Spss. Gava Media.
Priyono, E., Haryono, A. T., & Minarsih, M. M. (2016). Analysis Pengaruh Citra Merek, Strategi Promosi, Atribut Produk, Harga Terhadap Minat Berkunjung Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Beli (Studi Empiris Pada Pameran Computer Di Javamall Semarang). Journal Of Management, 2(2). Http://Jurnal.Unpand.Ac.Id/Index.Php/Ms/Article/View/576
Purnama, C. A., & Widiyanto, I. (2012). Analisis Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan Dan Harga Terhadap Minat Belie-Toll Card Bank Mandiri(Studi Kasus Pada Pengguna Jalan Tol Di Kota Semarang).
Putra, S., & Bimo, G. (2015). Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung Taman Rekreasi Pt.Selecta, Kota Batu, Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis, 26(2). Http://Administrasibisnis.Studentjournal.Ub.Ac.Id/Index.Php/Jab/Article/View/1063
Rahmadhani, S. N. (2019). Pengaruh Marjin Laba Bersih Dan Pengembalian Atas Ekuitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Industri Barang Konsumsi. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis : Jurnal Program Studi Akuntansi, 5(2), 170–175. Https://Doi.Org/10.31289/Jab.V5i2.2795
Rizal, M., Irawan, N., Sayekti, L. I., Ekasari, R., Lamongan, U. I., Lamongan, J., & Timur, I. (2021). Pengaruh Fasilitas Wisata, Promosi Dan Harga Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung Pada Wisata Wego Lamongan. Ecopreneur.12, 4(2), 122–131. Https://Doi.Org/10.51804/E12.V4i2.1008
Runtunuwu, J., Oroh, S., & Taroreh, R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe Dan Resto Cabana Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1803–1813. Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V2i3.5973
Sari, D. K., & Susilowati, I. (2011). Pengembangan Pariwisataobyek Wisata Pantai Sigandukabupaten Batang.
Suarto, E. (2017). Pengembangan Objek Wisata Berbasis Analisis Swot. Jurnal Spasial, 3(1). Https://Doi.Org/10.22202/Js.V3i1.1597
Subarkah, A. R. (2018). Potensi Dan Prospek Wisata Halal Dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah (Studi Kasus: Nusa Tenggara Barat). Jurnal Sosial Politik, 4(2), 49. Https://Doi.Org/10.22219/Sospol.V4i2.5979
Subhani, A. (2010). Potensi Obyek Wisata Pantai Di Kabupaten Lombok Timur Tahun 2010. Https://Digilib.Uns.Ac.Id/Dokumen/13602/Potensi-Obyek-Wisata-Pantai-Di-Kabupaten-Lombok-Timur-Tahun-2010
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen (Setiyawami (Ed.)). Alfabeta,Cv.
Surur, F. (2020). Wisata Halal: Konsep Dan Aplikasi.
Susanti, N., Halin, H., & Kurniawan, M. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (4p) Terhadap Keputusanpembelian Perumahan Pt. Berlian Bersaudara Propertindo (Studi Kasus Perumahan Taman Arizona 1 Taman Arizona 2 Dan Taman Arizona 3 Di Talang Jambi Palembang). Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(1), 43–49. Https://Doi.Org/10.35908/Jiegmk.V8i1.298
Suwarduki, P. R., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Minat Dan Keputusan Berkunjung (Survei Pada Followers Aktif Akun Instagram Indtravel Yang Telah Mengunjungi Destinasi Wisata Di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2), 1–10. Http://Administrasibisnis.Studentjournal.Ub.Ac.Id/Index.Php/Jab/Article/View/1449
Tina Rahmadayanti, & Kholid Murtadlo. (2020). Pengaruh Efektivitas Media Sosial, Daya Tarik, Harga Tiket, Dan Fasilitas Pelayanan Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Di Curug Goa Jalmo Kabupaten Pasuruan. MALIA (TERAKREDITASI), 12(1), 125–136. Https://Doi.Org/10.35891/Ml.V12i1.2392
Wahidmurni, W. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif.
Widodo, S., Karnawati, A., Rahman, A., Program, A., Bisnis, S. M., Ekonomi, F., Bisnis, D., Teknologi, L., & Malang, A. (2021). Pengaruh Efisiensi Harga, Promosi Online Dan Offline Terhadap Minat Berkunjung Di Jatim Park 3 Kota Batu Pada Era New Normal. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 48–56. Https://Doi.Org/10.32815/JUBIS.V2I1.447
23SK2341147.00 | SK EKOS 23.147 ELI p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain