SKRIPSI EKOS
Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Corporate Image Terhadap Loyalitas Penumpang Bus Pariwisata PO 44 Trans Pekalongan
Loyalitas ialah komitmen pelanggan dalam bertahan untuk membantu perusahaan dalam mewujudkan pembelian ulang terhadap suatu produk ataupun jasa yang dipilih dan dilakukan secara konsisten diwaktu mendatang. Loyalitas konsumen menjadi hal penting bagi perusahaan, karena manfaat dari loyalitas bersifat jangka panjang. Sejak zaman dahulu bisnis memang sudah banyak digandrungi oleh para pelaku usaha, baik mikro maupun makro. Mulai dari bidang penjualan produk hingga bidang pelayanan jasa, tak terkecuali bisnis dibidang pelayanan jasa transportasi, yaitu Bus Pariwisata yang sudah banyak persaingannya. Dari kronologi tersebut loyalitas dapat dipengaruhi oleh persepsi harga, kualitas pelayanan, promosi, dan corporate image. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menguji pengaruh signifikansi persepsi harga, kualitas pelayanan, promosi, dan corporate image terhadap variabel loyalitas penumpang Bus Pariwisata PO 44 Trans Pekalongan baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui kuesioner yang diedarkan secara langsung kepada masyarakat yang menjadi penumpang Bus Pariwisata PO 44 Trans di Pekalongan. Sampel penelitian ini berjumlam 100 responden dengan menggunakan rumus lemeshow untuk menentukannya jumlah sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Analisis regresi dilakukan setelah model tidak mengalami gejala-gejala asumsi klasik seperti normalitas, multikoleninearitas, maupun heterokedastisitas.
Hasil pengujian hipotesis uji t menunjukkan nilai t hitung Persepsi Harga (X1) adalah 1,856 dengan t tabel 1,660, t hitung Kualitas Pelayanan (X2) adalah 1,295 dengan t tabel 1,660, t hitung Promosi (X3) adalah 3,289 dengan t tabel 1,660, t hitung Corporate Image (X4) adalah -1,949 dengan t tabel 1,660 . Dari keempat nilai t hitung yang didapatkan menunjukkan bahwa variabel Persepsi Harga dan Promosi memiliki pengaruh secara parsial terhadap Loyalitas Penumpang, sedangkan variabel Kualitas Pelayanan dan Corporate Image tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Loyalitas Penumpang. Kemudian secara simultan persepsi harga, kualitas pelayanan, promosi, dan corporate image memiliki pengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Penumpang. Hal ini bisa dilihat dari hasil uji F dimana Fhitung sebesar 82,322 dengan tingkat signifikansi 0,000. Sedangkan nilai Ftabel 2,47 dengan tingkat
signifikansi 0,05. Karena nilai Fhitung (82,322) lebih besar dari Ftabel (2,47) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,767 atau 76,7%.
Kata kunci: Loyalitas Penumpang, Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Corporate Image
DAFTAR PUSTAKA :
Aji, B. L. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Bus Pariwisata PO. One Bus). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.
Andriadi A., dan N. U. (2015). Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan dan Citra Merek Telkom Flexi Terhadap Niat Beli Ulang. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol.1 No.2 Maret 2013.
Ayu, R. P. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Citra Perusahaan dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pengguna Maskapai Air Asia (Studi Kasus di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan).
Cynthia Agnetasia, P. (2012). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Pengaruh Komplain Pelanggan dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus: Pada Bus Malam Rosalia Indah Surakarta Kelas VIP, Executive, Dan Super Executive).
Farisi S, R. S. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, Vol.3 No.1. http://dx.doi.org/10.30596%2Fmaneggio.v3i1.4941
Fatihudin D, etc. (2019). PEMASARAN JASA (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan) (1st ed.). Deepublish (Group Penerbit CV. Budi Utama).
Ghazali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gozali, A. (2021). Teori dan Praktik Pemasaran Barang dan Jasa. Cv. Rizky Aditya.
Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Gaung Persada Group.
Ismanto S., D. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima (ke-1). Gava Media.
Isnaini H., dkk. (2020). Analisis Loyalitas Pelanggan Muslim Berbelanja Fashion Pada Pasar Inpres I Tradisional di Kisaran. HUMAN FALAH, Vol.7, No.2.
Lemeshow, S. (1997). Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan. Gajah Mada Uneversity Press.
Martono, N. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. PT Raja Grafindo Persada.
Maskanah, D. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Kepercayaan dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Bus Rapid Transit (BRT) Semarang “Studi Kasus Pada Koridor 1 Mangkang-Penggaron” [Universitas Maritim AMNI]. http://repository.stimart- amni.ac.id/id/eprint/160
Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu (Edisi Pertama). Kencana Prenadamedia Group.
Muhammad. (2004). Etika Bisnis Islami. AMP YKPN.
Nalim, Y. (2013). Statistik 1: Statistik Deskriptif untuk Ekonomi. Stain Press Pekalongan.
Nurlaela. (2017). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Bus Pariwisata PO Putra Remaja). Universitas Mercu Buana.
Oktavia, D. C. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Nilai Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediasi (Studi Kasus PO. Bus Safari Dharma Raya Temanggung). Universitas Diponegoro Semarang.
Pradana, F. (2021). Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Pengalaman Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Nasabah PT Fac Sekuritas Indonesia di Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Vol.9 No.2. https://doi.org/10.18196/mb.9262
Prasetyo, A. (2017). Pengaruh Corporate Image, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus di Bis Kota Perum DAMRI Semarang).
Purnama R, A. H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Vol.14 No.2. http://dx.doi.org/10.35448/jte.v14i2.6529
Purwanto, R. (2019). Analisis Pengaruh Tarif, Citra Perusahaan, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Bus PO. Coyo Jurusan Semarang-Tegal (Cabang Semarang) [Universitas Maritim AMNI]. http://repository.stimart-amni.ac.id/id/eprint/481
Rahmayanty, N. (2010). Manajemen Pelayanan Prima. Graha Ilmu.
Roflah, C. (2017). Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan yang di Mediasi oleh Kepuasan di Bank Muamalat Jombang. Ejournal Stie Dewantara, Vol. 12 No. 1.
Rulirianto, dkk. (2020). Kepuasan, Kepercayaan, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pengguna Jasa Travel di Tulungagung. SENABISMA, Vol.6.
Saputra, O. (2020). Pengaruh Kepuasan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Muslim Pada Toko Inten Desa Pagar Dewa Kecamatan Kelam Tengah Kabupaten Kaur. IAIN Bengkulu.
Sugiono. (2012a). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.
Sugiono. (2012b). Metodelogi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.
Wirasti, D. R. (2010). Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan, Persepsi Kewajaran Harga, dan Corporate Image Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi Pada Layanan After-Sales (Service-Part) Toyota Nasmoco Solobaru. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
23SK2341143.00 | SK EKOS 23.143 DWI p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain