SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Pelanggan Toko Saen John>
Keputusan membeli merupakan hasil dari suatu hubungan yang saling mempengaruhi. Keputusan ini diambil setelah melalui beberapa perhitungan dan pertimbangan alternatif. Perumusan dalam masalah ini adalah kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian produk pada aplikasi shopee di toko Saen John. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk pada aplikasi shopee di toko Saen John.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan toko Saen John pada aplikasi shopee dengan jumlah sampel sebanyak 98 orang responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji f dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1)kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian celana chinos pada aplikasi shopee di toko saen john, dibuktikan dari nilai t hitung 6,173 > t tabel 1,661 dengan nilai signifikansi 0,000< 0,1. maka Ho1 di tolak dan Ha1 diterima (2)Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian celana chinos pada aplikasi shopee di toko saen john, dibuktikan dari nilai t hitung 3,409 > t tabel 1,661 dengan nilai signifikansi 0,018 < 0,1. maka Ho2 di tolak dan Ha2 diterima. (3)kualitas pelayanan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian celana chinos pada aplikasi shopee di toko saen john, dibuktikan dari nilai t hitung -2,102 > t tabel 1,661 dengan nilai signifikansi 0,020 < 0,1. Maka Ho3 di tolak dan Ha3 diterima (4)Kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian celana chinos pada aplikasi shopee di toko saen john, Hal ini dibuktikan nilai F hitung 28,832 > dari F tabel 2,14 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,1.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian
Daftar Pustaka :
Adiwijaya, Michael. (2010). 8 Jurus Jitu Mengelola Bisnis Ritel ALa Indonesia. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Alma, Buchari. (2013). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Jakarta : Bandung: alfabeta
Anggi, A. A. (2016). Analisis Pengaruh Harga, Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputuasn Pembelian Alat Elektronik Pada Toko Ardha.
Asnawi, Nur. &Masyhuri.(2011) Metode Riset Manajemen Pemasaran. Malang:uin Mailiki Press
Chu, T., Lin, C., & Prather, L. J. (2005). Chu,Lin,Prather_2005_An Extension of Security Price Reactions Around Product Recall Announcements.pdf. 1981.
Febriani, N. S., Dewi, W. W. A., & Avicenna, F. (2020). Perilaku Konsumen terhadap Kualitas e-Service pada e-Commerce. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 240–261.
https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v12i2.1533
Ghozali, Imam. (2016) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23,Ed.8. semarang: badan penerbit universitas diponegoro.
Haryanto, R., & Widyastuti, P. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna dengan Persepsi Manfaat sebagai Variabel Intervening. Journal For Business and Entrepreneur, 41(2), 84–93. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/JBE/article/view/1734
Haryanto, Rudi. (2020) Manajemen Pemasaran Bank Syariah (Teori Dan Praktik). Jakarta: Duta Media.
Hermawan, Haris. 2015. (2018). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN, KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN DALAM PEMBELIAN ROTI CERIA DI JEMBER. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(2), 1–15. https://www.google.com/url?
sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=42&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjb5aLXiqXbAhXVb30KHchZDIk4KBAWCC4wAQ&url=https%3A%2F%2Fjurnal.ugm.ac.id%2Fjmpf%2Farticle%2Fview%2F29390%2F17543&usg=AOvVaw2mUx8cO0M0VBz16AWxd8MA%0Ahttp://www.jurnal
Hidayat, Riau Rahmat (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembeli. Medan : universitas islam negeri sumatra utara.
https://seller.shopee.co.id/datacenter/sales/overview. (n.d.). data penjualan toko saen john dibulan mei 2021. Penjualan Toko Saen John.
Huggins, L. P. (1998). Total quality management and the contributions of A.V. Feigenbaum. Journal of Management History (Archive), 4(1), 60–67. https://doi.org/10.1108/13552529810369623
i Price. (2020). Southeast Asia’s Map of E-commerce Analysing the Region’s E-Commerce Landscape & Its Biggest Players Amidst COVID-19 2020 Year-End Report. 15.
Ifur, A., & Budhi, S. (2009). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Budhi Satrio Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(12), 15 0f 15.
Konjkav Monfared, A., Mansouri, A., & Jalilian, N. (2021). The influence of personality and social traits on the importance of brand design of luxury brands and brand loyalty. American Journal of Business, 36(2), 128–149. https://doi.org/10.1108/ajb-03-2020-0033
Kotler, P. (n.d.). Prinsip-prinsip Pemasaran.
Kotler, P.& Gary Amstrong (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran.Jakarta: Erlangga.
Kotler, Phiplip. (2005). Manajemen Pemasaran edisi II Jilid 1 dan 2.Jakarta : PT. IndeksJakarta
Laufer, D., & Coombs, W. T. (2006). How should a company respond to a product harm crisis? The role of corporate reputation and consumer-based cues. Business Horizons, 49(5), 379–385.
https://doi.org/10.1016/j.bushor.2006.01.002
Lizarondo, L. M., Kumar, S., & Grimmer-Somers, K. (2012). Exploring the Impact of a Structured Model of Journal Club in Allied Health–A Qualitative Study. Creative Education, 03(06), 1094–1100.
https://doi.org/10.4236/ce.2012.326164
Mardalis. (2010).Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal.Jakarta : PT Bumi Aksara
Masyhuri& Zaenudin. (2011). Metodologi Pebelitian. Bandung : PT. Rafika Aditama
Nasution, Mustafa Edwin. (2010). Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam.Jakarta: Kencana.
Nasution, S. L. (n.d.). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE.
Noel, H. (n.d.). Consumer behaviour Consumer behaviour.
Peta E‑Commerce Indonesia. (n.d.). No Title. Https://Iprice.Co.Id/Insights/Mapofecommerce/. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran. University Mulawarman, 4–5.
Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Hansen, H. (2012). Consumer Behaviour: A European Outlook. In Pearson Education.
Sudjana.(2005).metode statistika. Bandung : PT Tarsito.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis(pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung :alfabeta
Sugiyono. (2014).Statistika untuk Penelitian.Bandung: CV Alfabeta
Sukaatmadja, I Putu Gede. (2020). Manajemen Pemasaran Pariwisata. Klaten: Lakeisha.
Suntoyo, Danang. (2015). Perilaku konsumen dan pemasaran. Yogyakarta : CAPS (center of academic publising service)
Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 74–85.
https://doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714
Tjitono, Fandy. (2005). Prinsip-Prinsip Total Quality Servis.Yogyakarta : Andi.
23SK2341141.00 | SK EKOS 23.141 FIT p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain