SKRIPSI EKOS
Pengaruh Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Cubicle Caf
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cita rasa, kualitas pelayanan, dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen cubicle cafe (studi kasus pada konsumen muslim cubicle di Pekalongan).
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang mempunyai sifat asosiatif, dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 97 responden yakni konsumen Muslim Cubicle Cafe di Pekalongan. Teknik pengumpulan sampel menggunakan sampling incidental. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda yang diolah dengan bantuan SPSS 26..
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Cita Rasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Secara parsial Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Secara parsial Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Secara simultan Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, dan Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen.
Kata Kunci : Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Kepuasan Konsumen.
DAFTAR PUSTAKA :
Agus, G., Sianturi, E., Muliani, L., Pridia, H., & Sari, R. (2021). Pengaruh cita rasa dan harga terhadap kepuasan konsumen ragusa es krim italia. Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 3(1), 35–49.
Aini, L. N., & Izzah, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada the Body Shop Botani Square Mall Bogor). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(6), 447–455.
Anggraini, Nazihah, A. (2020). Pengaruh Kecepatan Layanan Dan Cita Rasa Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Café Intermezzo Medan. Skripsi: Universitas Medan Area.
Chairudin Sofyan, dkk. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada WHT’S UP Cafe Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).
Daniel, S. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kepri Mall. Jurnal Manajemen, 6(1).
Desrianto, & Afridola, S. (2020). Pengaruh Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Coffee Town Bakery Di Kota Batam. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 2020–2033.
Fajar Laksana. (2008). Manajemen Pemasaran (Pendekatan). Penerbit Graha Ilmu.
Gustriana, N. (2019). Pengaruh Cita Rasa, Fasilitas, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Prasmanan Sederhana 1 Tegalgede Cikarang Selatan. Skripsi. Universitas Pelita Bangsa Bekasi.
Harsana, Minta, Triwidayati, M. (2020). Potensi Makanan Tradisional Sebagai Daya Tarisk Wisata Kuliner di D.I. Yogyakarta. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 15, 1–24.
Harsana, M. (2013). Peluang Usaha Kuliner untuk Pemberdayaan Masyarakat. Seminar Nasional 2013 “Kesiapan SMK Dalam Implementasi Kurikulum 2013” Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 418–427.
Imam Ghazali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit UNDIP.
Ina Mur Diana. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen pada Viola Ladies Boutique di Yogyakarta. Skripsi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Indra Firdiyansyah. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Gubrak Kepri Mall Kota Batam. Jurnal Elektomik Rekaman, 1(1).
Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. In News.Ge. Unitomo Press.
Kotler and Amstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Tiga Belas). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. W. (2009). Manajemen Pemasaran. (Ketiga Belas). Geloa Aksara Pratama.
Lina Sari Situmeang. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Istana Hot Plate Medan. Skripsi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Lupiyoadi, R. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Salemba Empat.
Luthfi, M. (2019). Konsumsi Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam. Madani Syari’ah, 2(2), 65–78.
Moha, S., & Loindong, S. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 4(1), 575–584.
Mutiara, S., Hamid, R. S., & Suardi, A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Persepsi Harga dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 411–427.
https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.300
Muzdalifah. (2019). Pengaruh Cita Rasa Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hisana Fried Chicken di Kota Makassar. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.
Pangenggar, G., Hidayat, W., & Nurseto, S. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian. 11(44), 129–141.
Pradana, Syarifah, R. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Beat di Samarinda. Jurnal Ekonomi&Manajemen, 14(1).
Rahayu, S. (2019). Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Obyek Wisata. Anugrah Jaya.
Sari, I. N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Cita Rasa, dan Variasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Sawasdee Thai Seafood Restaurant Multatuli.
sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.)). ALFABETA.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Suhartanto, A. Y., & Hidayat, A. (2018). Pengaruh Kualitas Lingkungan Fisik, Makanan, Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Restoran, Dan Word of Mouth. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–18.
Surahman, B., & Winarti, W. (2021). Analisis Pengaruh Cita Rasa Terhadap Kepuasan Pelanggan HR Coffe SP. Empat Bebesen. Gajah Putih Journal of Economics Review, 3(2), 26–45.
https://doi.org/10.55542/gpjer.v3i2.70
Swasta, B. I. (2007). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (Ketiga). Andi.
Tjiptono, F. (2012). Service Management Meningkatkan Layanan Prima. Andihil.
Wuntu, C. R. A. (2013). Pengaruh Cita Rasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Rumah Makan Warung Sidik Kota Batu). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
23SK2341140.00 | SK EKOS 23.140 HIL p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain