SKRIPSI EKOS
Pengaruh Islamic Branding, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Wardah di Lintang Shop Bojong)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Islamic Branding, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Wardah di Lintang Shop Bojong).
Produk Wardah di Lintang shop Bojong menjadi salah produk kecantikan yang diminati oleh kalangan masyarakat karena telah terjamin segi keamanan maupun kualitas produk serta terdapat beauty advisor yang memudahkan konsumen untuk konsultasi produk kecantikan mana yang cocok untuk jenis kulit para konsumen.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei, dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 96 responden yakni konsumen Lintang Shop Bojong yang pernah berbelanja atau memakai produk dari Wardah. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik nonprobabiliy yakni sampling insidental dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner secara tidak langsung (online) dengan format google form. Metode analisis data menggunakan uji instrumen pertanyaan melalui uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis dengan olah data menggunakan SPSS 26.0 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Islamic Branding berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Secara parsial Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Secara parsial Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Secara simultan Islamic Branding, Kualitas Produk dan Harga berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen.
Kata Kunci : Islamic Branding, Kualitas Produk Harga Loyalitas Konsumen.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdul Rahman Ghazaly, & dkk. (2010). Fiqh Muamalah. Jakarta: Prenada Media.
Ahmad Miftah. (2015). Mengenal Marketing dan Marketers Syariah. Jurnal Ekonomi Islam, I No.2.
Ahmad Thontowi. (2014). Hakekat Religiusitas [open source]. Retrieved from sumsel.kemenag.go.id
Aisyah. (2018). Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah (Journal of Islamic Economics) Volume 10 (2), July 2018 P-ISSN:2087-135X, E-ISSN: 2407-8654 Page 367 – 388.
Aji, Soemarso, (2015). “Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 5 Nomor 1”.
Al-Quran Terjemahan. 2015. Departemen Agama RI. Bandung: CV Darus Sunnah.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dinamika kepribadian, gangguan dan terapinya. Bandung : PT Renika Cipta.
Asnawi, Sukoco, Fanani. (2019) “Journal of Islamic Marketing” ISSN: 17590833.
Baker Ahmad Alserhan. (2010). On Islamic Branding : Brands As Good Deeds. Journal of Islamic Marketing, 1 No. 2.
Basu Swasta, & Irawan. (2001). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Boyd. (2000). Manajemen Pemasaran; Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jakarta: Erlangga.
Cholid Narbuko, & Abu Ahmadi. (2005). Metodologi Penelitian (7th ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Darmawati. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Memakai Jasa Percetakan CV. Rahmat Nur Di Samarinda.” eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 4 (1) :157-171, 2006
Djaslim Saladin. (2003). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.
Driyarkara. (1988). Percikan Filsafat. Jakarta: Lembaga Penunjang Pembanguanan Nasional.
Dwi Wahyu Pril Ranto. (2013). Menciptakan Islamic Branding Sebagai strategi Menarik Minat Beli Konsumen. JBMA, I Nomor 2.
Fandy Tjiptono, & Anastasia Diana. (2000). Prinsip & Dinamika Pemasaran. Yogyakarta: J&J Learning.
Griffin, Jill. 2010. Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.
Hardani, S.Pd.,M,Si.,dkk. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu, 2020.
Hermawan Agus. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2012.
H. Kartajaya, & M.S. Sula. (2006). Syariah Marketing. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Kotler, Philip., dan Gery Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip., dan Kevin Lane Keller. (2005). Marketing Manajemen Edisi 13 Jilid 2. Global Edition : Pearson.
Lupiyoadi, Rambat, (2001). Manajamen Pemasaran Jasa : Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Madnasir dan Khoiruddin, Etika Bisnis Islam. Seksi Penerbitan Fakultas Syariah IAIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung, 2008.
Maholtra, KN (2009). “Riset Pemasaran (Market Research).” Jakarta: PT. Indeks.
Mc.Carthy dan Perreault. Dasar-dasar Pemasaran. Penerjemah Dharma Agus. Jakarta: Erlangga. 2003.
Misbach. (2017). “Jurnal telaah ekonomi dan bisnis islam ISSN:2580-6483 Volume 1, Nomor 1, Juni 2017.
Muhammad Hafiz“ Pengaruh Islamic branding dan perilaku religious terhadap kepuasan konsumen serta dampaknya pada loyalitas konsumen pada kosmetik wardah” Jakarta : Fakultas Ekonomu dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2017.
Nurafrina Siregar,S.E.,M.SI. dan Hakinm Fadillah, S.E.“Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan.” Jurnal Manajemen Tools Vol. 8 No. 2 Desember 2017.
Novita Dian Utami, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 4 No 5, Mei 2015, Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening
Orville C. Walker. et.al Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jakarta: Erlangga.
Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI), Ekonomi Islam. Jakarta: Rajawali Pers. 2009.
Qardhawi Yusuf. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani. 1997.
Rambat Lupiyoadi dan A. Hamdani. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. 2006.
Rambat Lupiyoadi. Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. 2001.
Ridwan, Nurdin. Jurnal Hukum Ekonomi Islam (JHEI) P-ISSN: 2622-0822 | E-ISSN: 2614-0004 Jurnal Hukum Ekonomi Islam, Vol. 4, No. 1, July 2020.
Risal, Mirawati, Prabudi. (2021). Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 4 No 1, Januari 2021 E-ISSN: 2599-3410 | P-ISSN: 2614-3259.
Setyo Dimas Dwi Cahyo“Analisis Pengaruh Branding Syariah dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Di D.I Yogyakarta” Tesis Universitas Islam Indonesia Yogyakarta 2018.
Sigit,Kharisma Nawang, Euis Soliha.“Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah”. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 21(1): 157–168, Nationally Accredited: No.040/P/2014. 2017
Suhartanto, Gan, Sarah, Setiawan. (2019). “Journal of Islamic Marketing” ISSN: 1759- 0833.
Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Cetakan ke-1. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service)
Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Bisnis, (Bandung : Alfabeta)
Sugiyono. 2009. “Stastistik Untuk Penelitian” CV. Alfabeta, Bandung.
Sunyoto Danang. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus), Yogyakarta : CAPS, 2014.
Supardi. Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UII Pers. 2005.
Suwarni dan Septina Dwi Mayasari, “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen”, Jurnal Ekonomi Bisnis Vol 16, No 1, Maret 2011
Tahuman, Z. (2016), “Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 4, No.3, Edisi Khusus Pemasaran & Keuangan”. 2016: 445-460.
Thamrin Abdullah & Francis Tantri. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2015.
Tieman.“The application of Halal in supply chain management: in-depth interviews”. Journal of Islamic Marketing Vol. 2 No. 2, 2011 pp. 186-195, 2011.
Tjiptono Fandy. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Keenam. Yogyakarta: Andy Offset. 2001.
Tjiptono, Fandy dan Diana. Total Quality Manajement. Yogyakarta: Andy Offset. 2003.
Umar, Husein, “Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen”, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2010.
Wahyuni, Fitriani. (2017): “Journal of Islamic Marketing” ISSN: 1759-0833.
23SK2341132.00 | SK EKOS 23.132 SEK p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain