SKRIPSI EKOS
Pengaruh Perceived Value Dan Perceived Service Quality Terhadap Repurchase Intention Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Muslim Caf
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived value dan perceived service quality terhadap repurchase intention dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening (studi kasus pada konsumen muslim Cafe Ngopa Ngopi). Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian lapangan metode survey cross sectional dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 97 responden yakni pada konsumen muslim yang pernah melakukan pembelian berulang di Cafe Ngopa Ngopi. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner secara langsung (offline). Metode analisis data menggunakan uji instrument pertanyaan melalui uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis jalur (path), uji sobel dan bootstrapping dengan olah data menggunakan SPSS 26.0 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perceived value berpengaruh secara postif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. (2) perceived service quality berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. (3) perceived value secara positif tidak berpengaruh secara signifikan terhadap repurchase intention. (4) perceived service quality berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap repurchase intention. (5) kepuasan konsumen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap repurchase intention. (6) kepuasan konsumen merupakan variabel intervening antara perceived value terhadap repurchase intention. (7) kepuasan konsumen bukan merupakan variabel intervening antara perceived service quality terhadap repurchase intention.
Kata Kunci: Perceived Value, Perceived Service Quality, Kepuasan Konsumen dan Repurchase Intention
DAFTAR PUSTAKA :
Aprillia, A., & Vidyanata, D. (2022). Pengaruh Perceived Quality Dan Perceived Value Of Cost Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Pelanggan Pada Fresh.Co. Ilmiah Manajemen, 19(1).
Ashghar, A., & Nurlatifah. (2020). Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, and Perceived Risk on Buying Back Through e-Trust and s-Satisfaction (Gopay User Case Study on MSME Transactions). Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(1). www.wartakota.com
Bernarto, I., Wilson, N., Suryawan, I. N., & Harapan, U. P. (2019). Jurnal Manajemen Indonesia Pengaruh Website Design Quality , Service Quality , Trust dan Satisfaction Terhadap Repurchase Intention ( Studi Kasus : tokopedia . com ). 19(1), 80–90.
Fajriani, F. N., & Trenggana, A. F. M. (2020). Pengaruh Perceived Value, E-Lifestyle, Dan Promosi Online Terhadap Repurchase Intention Pada Pengguna Kai Access Di Indonesia. ProBank, 5(1), 68–82.
https://doi.org/10.36587/probank.v5i1.569
Fardila, A., Anastasiah, F., Ihsanniyah, I., Handayani, M., & Suhud, U. (2020). Investigasi Efek Perceived Quality, Perceived Equity, dan Perceived Value: terhadap Repurchase Intention Pelanggan Kedai Minuman Boba Anisah. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(2), 245–262.
Ferdinand. (2002). Structural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen (2nd ed.). Badan Penerbit UNDIP.
Ghazali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit UNDIP.
Hikmah, A. N., & Riptiono, S. (2020). Pengaruh Customer Engagement dan E-Service Quality Terhadap Online Repurchase Intention dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening pada Marketplace Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(1), 89–100. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i1.447
Indriani, W. (2018). Pengaruh Perceived Value Pada Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang WR Supratman. Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1), 17–23.
Justika, U. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Persepsi Nilai Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Di Kec. Kramat Jati). In repository.stei.ac.id. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Karundeng, M. E., Tamengkel, L. F., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Benteng Resort Batu Putih. Productivity, 2(6), 511–517.
Khamid, A. (2021). Pengaruh Service Quality Dan Customer Value Terhadap Repurchase Intention Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Bengkel Honda Ahass Kebumen. Universitas Putra Bangsa.
Kotler, P., & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid I (12th ed.). Erlangga.
Kotler, P., & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Erlangga.
Kotler, P., & Keller. (2013). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Mukarromah, M. (2019). Pengaruh perceived value terhadap purchase intentions dimediasi customer satisfaction. Management and Business Review, 3(1), 49–56. https://doi.org/10.21067/mbr.v3i1.4802
Murtiyanto, R. K. (2018). Pengaruh Perceived Service Quality Terhadap Repurchase Dan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Fast Food Restaurant Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 77–83. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.77-83
Nofiyanti, N., & Wiwoho, G. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Value Terhadap Online Repurchase Intention pada Marketplace Shopee di Kecamatan Kebumen dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 281–290. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i2.477
Putri, B. T. (2021). Pengaruh E-Service Quality, Perceived Value Terhadap E-Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening dan Pengaruhnya dengan E_Customer Loyalty Pada Pengguna Ruang Guru.
Ronasih, M. Y., & Widhiastuti, H. (2021). Kualitas Pelayanan, Faktor Emosional Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen. Philantrophy Journal of Psychology, 5(1).
Salsabila, A., Saidani, B., & Rivai, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening : Studi Kasus Pada Pelanggan Gen Z. Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Keuangan, 3(1).
Sarapung, S. A., & Ponirin, P. (2020). Pengaruh Service Quality Terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction Pada Skin Origin Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 6(2), 177–185. https://doi.org/10.22487/jimut.v6i2.197
Sari, K. I., Purwanto, H., & Sulistyowati, L. N. (2022). Efek Perceived Value Dan Kualitas Layanan Terhadap Behavioral Intention Peran Mediasi Kepuasan Pelanggan. Management and Business Review, 6(1), 127–137.
Sarwono, J. (2012). Path Analysis dengan SPSS: Teori, Aplikasi, Prosedur Analisis Untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi. PT Elex Media Komputindo.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Suryani, R., & Ramdhani, F. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Brand Image Toko Terhadap Niat Beli Ulang Di Online Marketplace Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening.
Jurnal Media Komunikasi Dan Bisnis, 13(1).
Susanti, D. N. (2020). Pengaruh Green Perceived Value terhadap Repurchase Intention dengan Kepuasan Konsumen sebagai Intervening. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(2), 131–137.
https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i2.298
Tan, H., & Brahmana, R. (2019). Pengaruh Perceived Value Terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Pada Shopee. Agora, 7(1), 287043.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Penerbit Andi.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & Satisfaction (4th ed.). Penerbit Andi.
UNUD, B. F. (2021). Mengulik Tingkat Konsumsi Masyarakat Saat Ini, Kian Merosot atau Justru Meroket? Bemfeb-Unud.Com. http://bemfeb-unud.com/2021/04/24/mengulik-tingkat-konsumsi-masyarakat-saat-ini-kian-merosot-atau-justru-meroket/
Widjaja. (2013). Lifestyle Marketing. PT Gramedia Pustaka Utama.
Wiryana, N. Y., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh E-Service Quality dan Perceived Value Terhadap Repurchase Intention Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Mediasi Pada Bisnis E-Commerce Di Jakarta Barat. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(5), 217. https://doi.org/10.24912/jmbk.v4i5.9231
Yulianto, A. R. (2018). Tinjauan Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Ekonomi, 20, 241–258.
23SK2341130.00 | SK EKOS 23.130 ALD p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain