SKRIPSI EKOS
Pengaruh Digitalisasi Perbankan, Sharia Banking Knowledge, Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Motivasi Peningkatan Saving di BPRS Suriyah Sapugarut Pekalongan
Saving atau simpanan merupakan salah satu produk unggulan dalam industri keuangan, dimana produk simpanan mampu menjadi pengendali kehidupan masyarakat hingga menjadi jaminan masa depan. Era modernisasi mendorong perubahan-perubahan di setiap lini kehidupan masyarakat tak terkecuali di sektor keuangan. Hal ini tentunya menjadi isu baru bagi masyarakat yang mampu mengguncangkan kepercayaan masyarakat untuk mempercayakan uangnya di bank syariah. Dari kronologi tersebut Peningkatan saving dapat dipengaruhi oleh digitalisasi perbankan, sharia banking knowledge, dan kemudahan transaksi. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menguji pengaruh signifikansi digitalisasi perbankan, sharia banking knowledge, dan kemudahan transaksi terhadap variabel motivasi peningkatan saving pada BPRS Suriyah Sapugarut Pekalongan baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui kuesioner yang diedarkan secara langsung kepada nasabah BPRS Suriyah Sapugarut Pekalongan. Sampel penelitian ini berjumlam 91 responden dengan menggunakan rumus slovin untuk menentukannya jumlah sampel.
Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Analisis regresi dilakukan setelah model tidak mengalami gejala-gejala asumsi klasik seperti normalitas, multikoleninearitas, maupun heterokedastisitas.
Hasil pengujian hipotesis uji t menunjukkan nilai t hitung untuk Digitalisasi Perbankan adalah -3,802 dengan t tabel sebesar 1,663, t hitung untuk Sharia Banking Knowledge adalah 6,965 dengan t tabel sebesar 1,663, t hitung untuk Kemudahan Transaksi adalah -2,583 dengan t hitung sebesar 1,663. Dari ketiga nilai t hitung yang didapatkan menunjukkan bahwa variabel Digitalisasi Perbankan, Sharia Banking knowledge, Kemudahan Transaksi memiliki pengaruh secara parsial terhadap Motivasi Peningkatan Saving. Kemudian secara simultan Digitalisasi Perbankan, Banking knnowledge, dan Kemudahan Transaksi memiliki pengaruh secara signifikan terhadap Motivasi Peningkatan Saving. Hal ini bisa dilihat dari hasil uji F dimana Fhitung sebesar 19,301 dengan tingkat signifikansi 0,000. Sedangkan nilai Ftabel 2,709 dengan tingkat signifikansi 0,05. Karena nilai Fhitung (19,301) lebih besar dari Ftabel (2,709) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,379 atau 37,9%
Kata kunci : Motivasi peningkatan saving, digitalisasi perbankan, sharia banking knowledge, dan kemudahan transaksi
DAFTAR PUSTAKA :
Abdul Rahman Shaleh, M. A. W. (2004). Psikologi Suatu Pengantar (Dalam Perspktif Islam). Kencana.
Agustina, H. (2017). Penggunaan Teknologi Informasi,Kemudahan, dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking. Jurnal Manajemen KINERJA, 3 No.1.
Andespa, R. (2017). Pengaruh Psikologis Terhadap Minat Menabung Nasabah Di Bank Syariah. Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2 No.2.
Arifin, Z. (2002). Dasar-dasar Manajemen Bank Syariah. Alvabet.
Arwani, A. (2018). Modul Praktikum Komputer Keuangan Berbasis SPSS. IAIN Pekalongan.
Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Vol.2 No.2. https://doi.org/10.31227/osf.io/k7bgy
Delima, M. (2019). Analisis Kemudahan Akses Terhadap Kepercayaan Masyarakat pada Bank Syariah (Studi Bank BRI Syariah KCP Pelabuhan Ratu), Sukabumi. Jurnal Nisbah, Vol 5 No.1.
Hadi S. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Akuntansi dan Keuangan Ekonisia.
Hartanto, E. (2017). Perbedaan Skala Likert Lima Skala Dengan Modifikasi Skala Likert Empat Skala. academia.edu
Hartono, A. (2018). Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Perbankan, Pengetahuan Produk Perbankan, Pengetahan Pelayanan Perbankan, Dan Pengetahuan Bagi Hasil Terhadap Preferensi Menggunakan Jasa Perbankan Syariah.
Iregar S. (2017). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Bumi Aksara.
Lestari, N. A. (2018). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Mataharimall.Com Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 6 No. 1.
Linggawijaya, H. A. (2019). Student Perceptions of Saving Products in Sharia Banking (Case Study Student University of Darusalam Gontor Campus 6 Magelang). Jornal of Islamic and Philantropy (JIEP), 2 No. 3.
Mahmud. (2010). Psikologi Pendidikan. Pustaka Setia.
Marlina, A. (2018). Digitalisasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Bank. Bogor.
Martono, N. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Raja Grafindo Persada.
Mauludi, A. (2016). Teknik Belajar Statistika 2. Alim’s Publishing.
Miftahurohman. (2018). Determinan yang Mempengaruhi Pembiayaan Murabahah dan Perbankan Syariah di Indonesia, Jakarta,. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol 6 No 1.
Narsiti, N. (2018). Pengaruh Religuitas, Pengetahuan Perbankan, Pengetahuan Produk Perbankan, Pengetahuan Pelayanan Perbankan, Dan Pengetahun Bagi Hasil Terhadap Preferensi Menggunakan Jasa Perbankan Syariah. Ponorogo. Jurnal Ilmiah Bidang Manajemen dan Bisnis, 1 No. 1.
Nirmalasari, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Motivasi Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Perbankan Syariah Angkatan 2016 IAIN Ponorogo di Bank BRI Syariah KCP Ponorogo. IAIN Ponorogo, 96.
Nisa, A. K. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan, dan Kemudahan Penggunaan E-Banking Terhadap Minat Bertransaksi Ulang Secara Online dalam Perspektif Ekonomi Islam. UIN Raden Intan Lampung.
Nurbaiti. (2020). Pengaruh pengetahuan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Pesantren di Bank Syariah. Jurnal Bilal (Bisnis Ekonomi Halal), 1 No. 2.
Nurfalah, I. (2019). Digitalisai Perbankan Menuju Keuangan Inklusif: Kerangka Maqashid Syariah, Jakarta,PT Bank BNI Syariah. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan, dan Akuntansi, Vol 11 No. 1.
Nurmaeni, R. (2020). Analisis Pengaruh Hedonisme, Religiusitas, Motivasi, dan Promosi Terhadap Keputusan Menabung pada Bank Syariah (Studi Kasus pada PT Bank BRI Syariah Tbk, Kantor Cabang Pembantu Majapahit Semarang). Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, Vol 3 No. 2.
Puji, P. S. (2021). Peran Gender sebagai Variabel Moderating Pembelajaran Perbankan Syariah, Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas, Inklusi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menabung Bank Syariah,.
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9 No. 1.
Pupitaningtyas. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku.
Romdhoni, A. H. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan Pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah.
Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4 No. 2.
Romli, S., & dkk. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Preferensi Menabung Santri di Tabungan Santri Mandiri, Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1, Ganjaran Gondanglegi. Jurnal Ekonomi Syariah, Vol 4 No. 2.
Salam, B. (2004). Pengantar Filsafat. Bumi Aksara.
Salmah, A. M. (2020). Dampak Digitalisasi Terhadap Peran Front Office Dalam Bisnis Perbankan. Universitas Pakuan, Bogor, Indonesia, Vol. 6 No. 2.
Subaidi. (2018). Peran dan Fungsi Perbankan Syariah Perspektif Sosio-Kultur. Universitas Ibrahimy Sukorejo, Situbondo, Vol. 2 No. 2.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Alfabeta.
Sumarwan, U. (2008). Perilaku Konsumen. Ghalia Indonesia.
Susanto. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS dan LISREL:Teori dan Aplikasi Untuk Analisis Data Penelitian.
Sutedi, A. (2009). Perbankan Syariah Tinjauan dan Beberapa segi hukum. Ghalia Indonesia.
Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Rosda Karya.
Winata, V. P., & dkk. (2018). Analisis Kemudahan Penggunaan, Efisiensi dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan BSM Mobile Banking Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Payakumbuh,Bukittinggi. Jurnal of Economic Studies, Vol 2 No. 2.
www.ojk.go.id
(https://pekalongan.lokanesia.com/tag/bank-syariah-di-pekalongan/)
23SK2341127.00 | SK EKOS 23.127 LAE p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain