SKRIPSI EKOS
Strategi Bisnis Dan Keberlanjutan Bisnis Tanaman Hias di Riska Nursery Batang (Perspektif Ekonomi Islam)
Di Kabupaten Batang banyak ditemukan pengusaha tanaman hias, yang tentu saja berimbas dengan adanya persaingan bisnis tanaman hias diantara pelaku bisnisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Strategi bisnis pengusaha tanaman hias di Riska Nursery Batang dalam mempertahankan keberlanjutan bisnisnya menurut Ekonomi Islam.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis mengumpulkan, mengklarifikasi materi data, mereduksi dan menyimpulkan data, kemudian disajikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi bisnis yang dilakukan oleh bapak Mugiono pemilik Riska Nursery merupakan stategi bisnis dengan menggunakan Konsentrasi, Pengembangan pasar, Pengembangan produk, Dikonversi konsentrik, dan dengan Pengembangan Sumber daya manusia. Menurut pengamatan penulis dari strategi yang dilakukan perusahaan masih terus berjalan hingga saat ini dan terus berkembang walaupun banyak pesaing baru yang berdatangan. Di antara banyaknya pesaing baru yang muncul ada pula yang tidak bisa bertahan atau tidak bisa bersaing dengan perusahaan lain. Strategi bisnis dengan perspektif ekonomi Islam yang di lakukan oleh bapak Mugiono merupakan stategi bisnis yang menggunakan dasar ajaran agama Islam dengan niat suci ibadah, jujur dan ikhlas. Menurut pengamatan penulis dari strategi bisnis dengan perspektif ekonomi Islam yang di lakukan oleh perusahaan tersebut telah sesuai dengan ajaran-ajaran jual beli dalam Islam yaitu berpedoman pada Al-Quran dan Hadits. Hal ini menjadi dasar awal karena memang bisnis ini sudah di niati untuk ibadah dan membantu sesama dalam menyediakan produk dan membuka lapangan pekerjaan.
Kata Kunci: Strategi Bisnis, Ekonomi islam, Tanaman Hias
DAFTAR PUSTAKA
A, Asnahwati. 2021. Prospek Bisnis Tanaman Hias Di Masa Pandemi COVID- 19 (Studi Kasus pada Alhuda Bussiness Community Pekanbaru). Ekonomi dan Bisnis: Riau Economic and Business Review. Vol. 12. No.3.
Adelita, Musa Hubeis, Darwis Kadarisman. 2010. Kelayakan dan Strategi Pengembangan Usaha Pembudidayaan Tanaman Hias di Kompleks Perumahan Bekasi. Jurnal Manajemen IKM, 5(1).
Arikunto. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, Fitriani. 2019. Analisis Pengembangan Usaha Tanaman Hias Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Pedagang Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Usaha Tanaman Hias di Kelurahan Gunung Terang Kota Bandar Lampung). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Negeri Raden Intan Lampung.
Burhan Bungin. 2012. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Chapra, M. Umar. 1996. What is Islamic Ekonomic. Jeddah islamic Research and Training Institute Islami Development Bank.
Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung : CV. Pustaka Setia
Departemen Agama RI. 2010. Al-qur'an dan Terjemahannya. Jakarta: Diponegoro.
Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam. Vol. 2. No.1.
Fahmi, Irham. 2014. Manajemen Strategis, Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Fuad, M, Cristin dkk. 2006. Pengantar Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.
Ghony, M. Djunaidi, Fauzan Alamshar. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Ar-Razz Media.
Harahap, Isnaini. Yenni Samri Juliati Nasution, dkk. 2015. Hadist-Hadist Ekonomi. Jakarta: Kencana.
Herdiansyah, Haris. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.
Info publik. Kawasan Tanaman Hias di Batang. https://infopublik.id/read/182976/panen-perdana--bunga--krisan-di-kawasan--tanaman--hias-wonobodro-batang.html
Karim, Adiwarman, 2002. Ekonomi Mikro Islam, Jakarta: III T.
Kuntjoroadi,W. dan Safitri, N. 2009. Analisis Strategi Bersaing dalam Persaingan Usaha Penerbangan Komersial, Bisnis & Birokrasi. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. ISSN 0854-3844.
Learned, E., Christensen, C., R., Andrews, K., R.& Guth, W., D. 1965. Business Policy: Text and Cases. Irwin: Homewood, IL.
Lubis, Suhrawadi K. 2004. Hukum Ekonomi Islam, Jakarta : Sinar Grafika.
M. Abdul Mannan. 1997. Teori dan Praktik Terj Tim IKAPI. Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa. Cetakan Pertama.
M, Cendana. 2019. Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Strategi Promosi Bagi Keberlangsungan Bisnis UMKM. Journal Community Development and Society, Vol. 1. No. 1.
M. W, Utomo & Qomariyah, S. N. 2021. Strategi Pemasaran Tanaman Hias Dengan Pendekatan Analisis SWOT. Exact Paepers in Compilation (EPiC). Vol. 3. No.3.
Megasari, Dita, Syaiful Khoiri, dan Anwar Zamroni. 2021. Strategi Pemasaran Tanaman Hias Pada Masa Pandemi Covid-19 di Mekar Jaya Nursery. Jurnal Universitas Trunojoyo.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad dan Alimin. 2004. Etika dan Perlindungan Konsumen dalam Ekonomi Islam. Yogyakarta: BPEE Yogyakarta.
Muhammad. 2008. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mujahidin, Akhmad. 2007. Ekonomi Islam, Jakarta: Raja Wali Pers.
Murhaeni, Reni. 2019. Strategi Bisnis Toko Kelontong Ditengah Perkembangan Minimarket. Skripsi IAIN Pekalongan.
N, Ashshidiqy & Ali, H. 2019. Penyelarasan Teknologi Informasi dengan Strategi Bisnis. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi. Vol. 1. No. 1.
Nafisah, Siti. 2016. Strategi Pengembangan Bisnis Rumah Kecantikan Muslimah Aisya Di Banjarmasin. Institut Agama Islam Negeri Antasari Banjarmasin.
Noviana Anita, Yaktiworo Indriani, Suriaty Situmorang. 2014. Perilaku Konsumen dalam Pembelian Tanaman Hias di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur, JIIA. Vol. 2 No. 1.
Novriyanti, Frisca. 2021. Strategi Pemasaran Pada Bisnis Tanaman Hias Dalam Meningkatkan Omset Penjualan (Studi Kasus Pada Bisnis Tanaman Hias Kamila Berkah Bunga Desa Panjerejo Rejotangan Tulungagung). Skripsi IAIN Tulungagung.
Nurvita, Evisna 2019 Strategi Bisnis Bunga Hias Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Muslim Desa Rembang Kec. Ngadiluwih Kab. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Pajriani, Zakia, Muh. Asna, Ibrahim Tawile. 2020. Strategi Pengembangan Usaha Pelaku Bisnis Ritel Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Institut Agama Islam Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka.
Porter, Michael E. 1995. Techniques for Analysing Industries and Competitors. New York: The Free Press. Competitive Strategy.
Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam. 2009. Ekonomi Islam. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada.
Rangkuti, Freddy. 2019. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis_Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21.
Rahmasari, Iqke Putri. 2018. Strategi Pengusaha Dalam Mengembangkan Usaha Kecil Batik Gajah Mada Di Desa Mojosari Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung (Perspektif Teori Moral - Rasional).
Skripsi Universitas Airlangga.
Rahmanto, M. I., & Ismarani, I. 2018. Strategi Pengembangan Bisnis Tanaman Hias di Kelurahan Mustikasari Kotabekasi Jurnal Manajemen dan Bisnis Universitas Islam 45.
S, Arikunto. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Schilling, Melisa A. 2015. Manajemen Strategis Inovasi Teknologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suardi, Wa ode Siti Hafisah, Ashmarita. 2019. Strategi Pengusaha Warung Kopi Dalam Mempertahankan Eksistensinya di Kota Kendari. Laboratorium Jurusan Antropologi.
Sutarno. 2002. Serba-serbi Manajemen Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suryadi. 2021. Strategi Pengembangan Usaha Tanaman Hias (Florikultura) Pada Usaha Mikro Yuli Bunga Kabupaten Situbondo. Politeknik Negeri Jember.
T. S, Andriyana, Daryanto, H. K., & Maulana, A. 2019. Strategi Pengembangan Bisnis Tanaman Hias PT Monfori Nusantara Dengan Pendekatan Model Bisnis Kanvas. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), Vol. 5. No. 1.
Umar, Husain. 2002. Research Metod's In Finance and Banking. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Upadani, I.G., Darmawan, D.P., Tenaya, N. 2013.“Strategi Pengembangan Agribisnis Puring di Desa Petiga, Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan”, Jurnal Manajemen Agribisnis. Vol. 1, No. 2
Veithzal Rival dan Antoni Nizar Usman. 2012. Islamic Economics and Finance. Jakarta: PT. gramedia Pustaka Utama.
Wulandari, Heni. 2020. Strategi Pengembangan Usaha Tanaman Hias Sukulen (Studi : Jl. Adam Malik, Kawasan Glugur By Pass, Kota Medan, Sumatera Utara). Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan
Yunus, Muh. 2008. Islam dan Kewirausahaan Inovatif. Yogyakarta: Sukses Offset.
23SK2341123.00 | SK EKOS 23.123 FID s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain