SKRIPSI EKOS
Pengaruh Public Relation, Label Halal Dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kripik Tempe Acintia
UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) mempunyai peran penting dalam menumbuhkan perekonomian. Saat ini banyak sekali pelaku usaha melakukan trobosan atau inovasi produk. Seperti produk Kripik Tempe Acintia yang berlokasi di Desa Donowangun Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan.Usaha ini masih tergolong baru sehingga memerlukan strategi untuk menarik minat pembeli. Dalam dunia usaha ada banyak tantangan yang harus dihadapi pelaku usaha terutama dalam mencari informasi produk yang diharapkan oleh konsumen. Tujuannya adalah agar konsumen puas terhadap produk yang di beli dan memutuskan untuk loyal terhadap produk yang di tawarkan. Salah satunya dengan peningkatan Public Relation, label halal dan ketersediaan produk agar pembeli semakin tertarik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Maksudnya, penelitian ini menggunakan data-data yang diperoleh dari studi lapangan dengan cara mengamati, mencatat dan mengumpulkan berbagai informasi dan data yang ditemukan di lapangan melalui studi kasus dan survey. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Donowangun Kecamatan Talun Kebupaten Pekalongan. Waktu pelaksanaan penelitian ini adalah Bulan September sampai Oktober 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Rao Purba sehingga di dapatkan sampel sejumlah 100 responden.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Public Relation berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kripik tempe Acintia, 2) Label halal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, 3) Ketersediaan produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan 4) Public Relation, label halal dan ketersediaan produk secara bersama-sama atau secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kripik tempe Acintia. Hasil menunjukkan bahwa 67,1% variabel public relation (X1), label halal (X2) dan ketersediaan produk(X3) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 67,1%. Sedangkan sisanya 32,9% dipengaruhi atau dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Kata kunci: Public Relation, label halal, ketersediaan produk, keputusan pembelian
DAFTAR PUSTAKA :
Abdul Mannan. 1997. Teori dan Praktek Ekonoi Islam, Terjemahan Drs. M. Nastangin. Yogyakarta: PT Dana Bakhti Prima Yasa
Ahmad Ulil Albab et.al. (2022). Pengaruh Label Halal dan Tanggal Kadaluarsa Terhadap Keputusan pembelian Produk Sidomuncul. Jesya Vol 4 (1)
Alfian, Ian (2017). Analisis Pengaruh Label Halal, Brand dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Kota Medan. At-tawasuth Vol. 2(1)
Apriando P. Joni, Soesanto, Harry & Idriani, Farida. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia Vol 18 (2)
Ariprayugo, Galih & Budi S. Suryono. (2016). Analisis Pengaruh Advertising dan Public Relation Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hujau (Studi Pada Pengguna Produk Jijau The Body Shop Semarang. Diponegoro Journal of management vol.5 (2)
Armanda Yudha. (2022). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan pembelian Motor yamaha Merek Nmax di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Astuti, Rini & Hakim M., Ali. (2022). Pengaruh Label Halal dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada 212 Mart di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Megister Manajemen vol.4 (1)
Azwar, Saifudin. 1999. Metode Penelitian. Yokyakarta: Pustaka Belajar
Bulele, Y.Ester. (2016). Analisis Pengaruh Citra Toko, Pengaruh pelayanan dan Ketersediaan ProdukTerhadap Keputusan Pembelian Pada Gramedia Masnado. Junal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 2
Butterick, Keith. (2013). Pengantar Public Relation: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo
Djaslim Saladin. 2000. Konsep Dasar Ekonomi Dan Lembaga Keuangan Islam. Bandung: Linda Karya
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Cet. Ke 5. Semarang: BP Undip
Hendrie Anto. 2003. Pengantar Ekonomika Mikro Islami. Yogyakarta: Ekonisia
Kevin, E.,A., Victor P.K, & Sjendry S.R. (2016). Pengaruh Public Relation dan Strategi Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Samsung S5 di Manado, Jurnal Berkala Efisiensi vol. 16(02)
Kotler, Philip & Kevin. 2007. Manajemen Pemasaran “Segmentasion 9 Elemen Marketing”. Bandung : PT. Mizan Pustaka
--------------------------------. 2008. Manajemen Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga
Latan, Hengki dan Selva. (2013). Analisis Multivariate Teknik dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta
Lili Muhammad Sadeli dan Maman Lukas. 2000. Pengantar Bisnis Ilmu Menjual. Jakarta: Bumi Aksara
Machali. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: MPI UIN Sunan Kalijaga
Maulana, Ardhi & Mulyana, Mumuh. (2020). Analisi Public Relation dan Sales Promotion Terhadap minat beli Pada Produk Starbuks di Kota Bogor, Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan vol. 8(2)
Mawardi. 2007. Ekonomi Islam. Pekanbaru: Alaf Riau
Muzakar Isa, Ahmad Mardalis, Liana Mangifera. 2017. Analisis Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Makanan dan Minuman di Warung Hik. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v20i1.6590
Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Nugroho, Wahyu A. & Anwar, Khoirul. (2020). Hubungan Religiusitas dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Non Makanan dan Minuman. Jurnal Manajemen Vol. 10 (1)
P.L.Bulan, Tengku, Fazrin, Khairul, & Rizal.M (2017). Pengaruh Label Halal dan Bonus dalam Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kinderjoy Pada Masyarakat Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol. 6 (2)
Pakpahan, Hermiyanti H. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Implikasinya Pada Kepuasan Konsumen Obat Sakit Kepala. Skripsi. Universitas Mercu Buana Jakarta
S.A.,Supriyanto & Vivin, Maharani. (2013). Metodologi Penelitian Sumber Daya Manusia. Malang: UIN Maliki Press
Sari, Desi N., Noorlitaria, G & Asnawati. (2018). Pengrauh Public Relation dan Strategi Periklanan Terhadap Keputusan pembelian Produk samsung Galaxy, Jurnal Manajemen Vo. 10 (1)
Siti Choirun Nisak, A. Ratna Pudyaningsih, Sri Hastari. 2020. Pengaruh Kualitas Makanan Dan Faktor Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Mr. Crunch. http://dx.doi.org/10.47335/ema.v5i2.52
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif , R&D. Bandung: Alfabeta Press
-------------. (20140. Statistika Untuk penelitian. Bandung: Alfabeta
Sukardi. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi, dan Prakstiknya. Jakarta: Bumi Aksara
Syahrum dan Salim. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media
Umar, Sendi. (2017). Analisis Pengaruh Advertising dan Public Relation Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Pada PT. Hasjrat Abadi Gorontalo. Jurnal Manajemen Vol. 10 (1).
Widya Sela Lestaria dan Abdul Yusuf. 2019. Pengaruh Kualitas Makanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Steak Jongkok Karawang. Jurnal Ekonomi Manajemen. Volume 5 Nomor 2 (November 2019) 94-101 http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem
W. Kurniawan, Agung & P., Zarah. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogjakarta: Pandiva Buku
Yunitasari, Vivi & Anwar, Khoirul. (2019). Pemngaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 2 (1)
23SK2341122.00 | SK EKOS 23.122 LIS p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain