SKRIPSI PIAUD
Implementasi Pembelajran Outdoor Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Agrowisata
Agrowisata SMK Diponegoro Karangayar Kabupaten Pekalongan salah satu bentuk dari edukasi program kerja jurusan pertanian di SMK Diponegoro Karangayar Kabupaten Pekalongan. Pembelajaran agrowisata yang dilakukan SMK Diponogoro Karanganyar Kabupaten Pekalongan oleh siswa-siswi SMK dan ada berberapa guru jurusan pertanian yang berperan. Program itu sudah dilaksanakan sejak tahun 2018 dan sudah ada 4 sekolah TK dan PAUD mendatangi dan ikut serta dalam program agrowisata SMK Diponogoro Karanganyar. Ketertarikan sekolah TK dan PAUD adalah adanya pembelajaran agrowisata yang mengarahan ke penanaman padi, tanaman, pembibitan dan ada kegiatan mandi disungai sekitar SMK Diponogoro Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Dengan pembelajaran tersebut melatih anak usia dini untuk pembelajaran diluar kelas atau kegiatan outdoor. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Outdoor Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Agrowisata? 2) Apa Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pembelajaran Outdoor Untuk Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Agrowisata?. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui Pembelajaran outdoor untuk anak usia dini.Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam Pembelajaran outdoor untuk anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru ketua kompetensi keahlian ATPH agrowisata, guru TK yang datang Agrowisata. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari dokumen-dokumen agrowisata. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan agrowisata edukasi Karangayar Kabupaten Pekalongan memilki empat kegiatan dalam implementasi pembelajaran outdoor untuk anak usia dini tingkat sekolah TK/PAUD diantaranya: pembelajaran pengenalan bibit-bibit tanaman dan sayur-sayuran sehinga siswa TK/PAUD memahami bibit sayuran atau tanaman tobat, cabe, dan wortel. Kegiatan cara menanam padi dengan baik, siswa TK/PAUD mendapatkan pengetahuan cara menanam padi dengan cara arah kebelakang dan sejajar dengan sebelahnya. Kegiatan tentang memanen tobat, cabe, dan wortel, sehinga siswa TK/PAUD mengerti cara memetik tobat, cabe, dan memanen wortel dengan alat khusus yang digunakan untuk memanen sayur dan tanaman.
23SK2324053.00 | SK PIAUD 23.053 MAU i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain