SKRIPSI PIAUD
Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Menggambar Di Rafa Smart Bimbel Kandang Panjang Pekalongan
Masa usia dini merupakan masa keemasan yang biasa orang sebut dengan golden age. Dimana masa ini anak selalu meniru apa yang mereka lihat dan mereka dengarkan. Pemberian stimulus untuk anak usia dini sangatlah penting. Orang tua dan guru mempunyai peranan penting dalam tumbuh kembang anak. Membangun emosional anak, memenuhi kebutuhan akan kasih sayang, perhatian dan rasa aman, menumbuhkan perilaku saling menghargai, toleransi, kerjasama, tanggungjawab dan kesederhanaan. Guru merupakan seorang pendidik yang ditugaskan untuk mendiidk, mengajar, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Oleh karena itu, guru harus mampu mengetahui, mengarahkan, dan mengembangkan kreativitas anak. Namun demikian tujuan yang ingin dicapai peneliti adalah mengungkapkan peran orang tua dan guru dalam pengembangan kreativitas anak, faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kreativitas, dan manfaat menggambar. Kegunaan hasil penelitian ini diharapkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar dan imajinasi anak meningkat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualiataif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis interaktif dimana kegiatan pengumpulan data dan analisis data tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dan guru dalam pengembangan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar di Rafa Smart Bimbel Kandang Panjang Pekalongan sudah cukup baik karena sudah semaksimal mungkin dalam melatih anak. Hal ini, dibuktikan dalam bentuk peranannya sebagai a) penunjang dan mendorong kegiatan yang diminati anak; b) mendorong kemandirian anak; c) memberikan pujian terhadap karya anak; d) memberikan kesempatan anak berfikir dan berkhayal; e) memberikan fasilitas yang cukup untuk anak; f) sebagai penghubung; g) sebagai monitor; h) meningkatkan motivasi untuk mengembangkan kreativitas; i) memfasilitasi sarana untuk pengembangan kreativitas anak.
23SK2324052.00 | SK PIAUD 23.052 SAR p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain