SKRIPSI PIAUD
Implementasi Penggunaan Media kArtu Angka Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Didik Kelompok B TK Aisyiyah Setono Pekalongan Timur
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya salah satu anak dari mereka ada yang sudah dapat mengenal angka dengan lancar dan ada beberapa anak yang masih mengenal angka 1 sampai 10. Ada 3 anak masih belum memahami angka1 sampai 10 dengan baik. Tetapi, pada dasarnya anak masih belum mampu mengenal bentuk angka dari itu sendiri dan masih banyak keliru dalam membedakan setiap bentuk dari angka-angka tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi penggunaan media kartu angka untuk menumbuhkan kemampuan berhitung pada anak didik kelompok B TK Aisyiyah Setono Pekalongan Timur?,(2). Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi penggunaan media kartu angka untuk menumbuhkan kemampuan berhitung pada anak didik kelompok B TK Aisyiyah setono Pekalongan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi Penggunaan Media Kartu Angka Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Didik Kelompok B Tk Aisyiyah Setono Pekalongan Timur. Metode Penelitian pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif atau penelitian alami langsung dari lapangan. Peneliti mengambil data dari dua sumber yaitu sumber data primer dan sekunder. Data primer diambil dari Guru TK Aisyiyah Setono, sedangkan data sekunder diambil dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan data yang peneliti peroleh implementasi penggunaan media kartu angka pada anak kelompok B Anak Usia dini pada usia 5-6 tahun diharuskan sudah mengenal angka 1-10. Pada kegiatan permainan berhitung menggunakan media kartu angka tidak hanya terkait dengan kemampuan kognitif saja, tetapi juga kesiapan mental sosial dan emosional, karena itu dalam pelaksanaannya harus dilakukan secara menarik, bervariasi, dan menyenangkan. Kegiatan berhitung ialah bagian dari matematika yang diperlukan untuk menumbuh kembangkan keterampilan berhitung yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama konsep bilangan yang bertujuan sebagai pengembangan kemampuan matematika maupun kesiapan untuk mengikuti pendidikan dasar.
23SK2324047.00 | SK PIAUD 23.047 FUT i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain