SKRIPSI PIAUD
Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Kata Pada Anak Di Kelompok B TK Batik Setono
Membaca permulaan adalah suatu kesatuan kegiatan yang terpadu mencakup beberapa kegiatan seperti mengenali huruf dan kata-kata, menghubungkannya dengan bunyi, maknanya, serta menarik kesimpulan mengenai maksud bacaan. Membaca permulaan menurut Slamet Suyanto ialah mulai dari tulisan yang anak lihat di sekitar lingkungannya, lalu anak mulai mengidentifikasi berbagai jenis huruf. Kartu kata merupakan salah satu bentuk media pembelajaran berbasis visual yang memegang peran sangat penting untuk mempermudah anak mengingat dalam proses pembelajaran.Tujuan dari media kartu kata ialah untuk melatih otak kanan untuk mengingat huruf-huruf dan kosa kata. Sehingga perbendaharaan kata dapat bertambah dan meningkat. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1). Bagaimana penggunaan media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siklus I dan siklus II di kelompok B TK Batik Setono Kota Pekalongan (2). Bagaimana peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan media kartu kata pada anak di kelompok B TK Batik Setono Kota Pekalongan (3). Apakah media kartu kata dapat meningkat kemampuan membaca permulaan menggunakan media kartu kata pada anak di kelompok B TK Batik Setono Kota Pekalongan Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research). Penelitian lapangan adalah penelitian yang dilakukan di suatu tempat atau lokasi yang dipilih untuk meneliti atau menyelidiki sesuatu yang terjadi di tempat tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini yaitu anak-anak TK kelompok B dengan jumlah 12 yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 8 anak perempuan dan kolaborator penelitian adalah guru yang mendapat tugas sebagai patner penelitian tindakan, tugas dari kolabolator, yaitu mengawasi dan mencatat semua kejadian penelitian.Sesuai dengan prosedur PTK model Kemmis dan Taggart, rincian kegiatan pelaksanaan PTK tiap-tiap siklus terdiri dari empat tahapan: 1. Tahap perencanaan, 2. Tahap tindakan, 3. Tahap pengamatan/observasi, 4. Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan membaca, kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Batik Setono pada siklus I Berkembang sangat baik (BSB) 0 %, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 83%, Mulai Berkembang (MB) 16,66% dan Belum Berkembang (BB) 0%. dan Siklus II Berkembang Sangat Baik (BSB) 66,67%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 25%, Mulai Berkembang (MB) 8,3%, dan Belum Berkembang (BB) 0%.
23SK2324046.00 | SK PIAUD 23.046 KAM u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain