SKRIPSI PIAUD
Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permaianan Panggung Boneka Di Kelompok A1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal Desa Wonokerto Kecamatan Bandar Kabupaten Batang
Salah satu masalah pembelajaran di kelompok A1 Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Desa Wonokerto Kecamatan Bandar Kabupaten Batang adalah masih rendahnya tingkat perkembangan kecerdasan sosial anak. Hal ini disebabkan karena penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik perhatian anak sehingga nilai-nilai sosial yang disampaikan kurang mengena pada anak. Selain itu, ditemukan pula masalah bahwa pembelajaran masih didominasi dengan lembar kerja siswa (LKS) yang menjadikan anak mudah bosan dan tidak merasa seneng dengan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian di kelompok A1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal Desa Wonokerto Kecamatan Bandar Kabupaten Batang adalah Bagaimana perkembangan kecerdasan sosial anak sebelum melalui permainan panggung boneka? Bagaimana perkembangan kecerdasan sosial anak setelah melalui permainan panggung boneka? Apakah permainan Panggung boneka mampu meningkatkan kecerdasan sosial anak?. Tujuan penelitian di kelompok A1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal Desa Wonokerto Kecamatan Bandar Kabupaten Batang adalah untuk mengetahui perkembangan kecerdasan sosial anak sebelum melalui permainan panggung boneka, untuk mengetahui kemampuan perkembangan kecerdasan sosial anak setelah melalui permainan panggung boneka kecerdasan sosial anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada kelompok A1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal Desa Wonokerto Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Siklus dalam penelitian tindakan kelas ini ada tiga, yakni pra siklus, siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif. \Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Perkembangan kecerdasan sosial anak sebelum menggunakan permainan panggung boneka anak belum berkembang. Hal tersebut disebabkan karena penggunaan media LKS secara terus menerus yang yang mengakibatkan anak menjadi mudah bosan. Kemampuan Sosial Anak pada siklus I mengalami peningkatan 58% dengan kriteria baik Sedangkan pada siklus II sebanyak 89% dengan kriteria sangat baik. Permainan Panggung Boneka mampu meningkatkan kemampuan Kecerdasan Sosial. Hal ini dibuktikan berdasarkan kenaikan nilai rata-rata mulai dari pra siklus, siklus I dan siklus II telah terjadi kenaikan Kecerdasan Sosial anak melalui permainan Panggung Boneka.
23SK2324044.00 | SK PIAUD 23.044 YUL u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain