SKRIPSI PIAUD
Upaya Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B PAUD Nurul Huda Pamiritan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal
Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju dan berkembang pesat membuat kita harus mempersiapkan semuanya sejak dini mungkin, karena di zaman yang serba canggih membuat komunikasi antar negara dapat dilakukan dan berjalan dengan menggunakan bahasa Internasional yaitu Bahasa Inggris, jadi kita harus menyadari betapa pentingnya Bahasa Inggris di masa depan dan kita dapat mempersiapkannya sejak sekarang dengan cara memperkenalkan terlebih dahulu kepada anak-anak untuk kemudian mereka pelajari saat berada di usia sekolah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Inggris melalui metode bernyanyi pada anak kelompok B PAUD Nurul Huda Pamiritan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal? 2) Bagaimana partisipasi anak terhadap upaya meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Inggris melalui metode bernyanyi pada anak kelompok B PAUD Nurul Huda Pamiritan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan tentang upaya meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Inggris melalui metode bernyanyi pada anak kelompok B PAUD Nurul Huda Pamiritan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal 2) Mendeskripsikan tentang upaya meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Inggris melalui metode bernyanyi pada anak kelompok B PAUD Nurul Huda Pamiritan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal. Jenis penelitian yang penulis lakukan ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Selain itu untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lapangan, disini penulis sertakan dokumentasi sebagai pelengkap dan penguat data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Inggris melalui metode bernyanyi pada anak kelompok B PAUD Nurul Huda Pamiritan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal yang dilakukan oleh pendidik selama proses pembelajaran berlangsung dapat meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Inggris pada anak, dengan cara utama yang dilakukan pendidik yaitu berfokus pada metode bernyanyi yang diterapkan. Dalam penelitian yang berfokus pada metode bernyanyi ini pendidik berhasil membangkitkan semangat anak-anak dalam mendalami perbendaharaan kata Bahasa Inggris, dikarenakan problematika yang sebelumnya dihadapi adalah rendahnya minat dan semangat anak dalam mempelajari kosakata Bahasa Inggris menggunakan media kartu gambar, dalam penelitian ini pendidik minimal mengenalkan kosakata-kosakata dengan cara melafalkan kemudian selanjutnya ix diikuti oleh peserta didik pada tahap selanjutnya adalah dengan bernyanyi menggunakan Bahasa Inggris yang dilakukan di setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai.
23SK2324040.00 | SK PIAUD 23.040 GHI u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain