SKRIPSI PIAUD
Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Menempel Bentuk Geometri Dengan Kertas Krep Di TK ABA Setono Kota Pekalongan
Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang melayani anak usia dini 0-6 tahun. Pendidikan yang diberikan pada anak usia dini sangat berpengaruh pada keberhasilan pendidikan pada tahap selanjutnya, maka menjadi penting untuk menanamkan perilaku berpikir dan bertindak kreatif dan berkreasi pada anak sebagai upaya pembentukan karakter dan kepribadian anak. Kreativitas sangat penting dikembangkan pada anak usia dini, terutama pada anak usia 5-6 tahun. Banyak cara yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan kreativitas anak, salah satunya kegiatan menempel bentuk geometri dengan kertas krep. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan upaya kegiatan menempel bentuk geometri untuk meningkatkan kreativitas anak di TK ABA Setono Kota Pekalongan, Untuk membuktikan apakah kegiatan menempel bentuk geometri dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini umur 5-6 tahun di TK ABA Setono Kota Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan Guru Kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Subyek yang diteliti adalah anak kelompok B TK ABA Setono Kota Pekalongan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif Hasil penelitian ini, bahwa kegiatan menempel bentuk geometri dengan kertas krep dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak kelompok B TK ABA Setono, hal ini dapat dilihat pada peningkatan setiap siklus. Pada siklus awal atau pra siklus mencapai presentase 9,1% anak yang memiliki tingkat kemampuan kreativitas Berkembang Sangat Baik jadi hasilnya masih rendah. Dan setelah dilakukan tindakan selama Siklus I dimana anak sudah mulai ada peningkatan kemampuan kreativitasnya dengan presntase 54,5% Selanjutnya Siklus II pada siklus ini kreativitas anak mengalami peningkatan secara signikfikan yaitu 82%, dimana anak sudah mampu mengembangkan imajinasinya terhadap hasil karya yang dibuat dan menjawab pertanyaan dari guru apa yang dibuatnya.Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di TK ABA Setono bahwa kegiatan menempel bentuk geometri dapat meningkatkan kreativitas anak. Kegiatan ini memberikan kebebasan anak menuangkan idenya untuk membuat sesuatu sesuai dengan imajinasi anak melalui kegiatan menempel bentuk geometri.
23SK2324039.00 | SK PIAUD 23.039 LAI u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain