SKRIPSI PIAUD
Manajemen Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Anak Usia Dini Di KB Muslimat NU Nurul Huda Ambokembang Kedungwuni
Manajemen pembelajaran merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk mengelola suatu aktivitas pembelajaran berdasarkan konsep-konsep dalam pembelajaran agar rencana pembelajaran yang telah diprogramkan bisa tercapai. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran tanpa tatap muka yang memanfaatkan teknologi pendidikan sebagai media pembelajaran. Adapun Di KB Muslimat NU Nurul Huda Ambokembang menerapkan manajemen pembelajaran secara daring kepada anak usia dini. Kemudian peneliti ingin mengetahui bagaimana manajemen pembelajaran daring di lembaga pendidikan ditingkat KB, tingkat usia paling rendah. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana manajemen pembelajaran dalam jaringan (daring) di masa pandemi covid-19 pada anak usia dini di KB Muslimat NU Nurul Huda Ambokembang, (2) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung pembelajaran dalam jaringan (daring) di KB Muslimat NU Nurul Huda Ambokembang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, adapun untuk jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles & Huberman yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran daring di lembaga ini terdiri dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan yang terakhir evaluasi pembelajaran. Dimana pelaksanaan pembelajaran terdiri dari kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kemudian untuk faktor penghambat pembelajaran daring di lembaga ini terbukti memberi dampak buruk bagi kelangsungan kegiatan pembelajaran daring, tetapi sejauh ini lembaga sudah mengatasinya dengan solusi-solusi yang dianggap berhasil dalam mengatasi faktor faktor hambatan. Untuk faktor pendukung sangat memberi dampak positif, karena bisa meminimalisir hambatan yang dirasakan dan mampu melancarkan kegiatan pembelajaran daring.
23SK2324038.00 | SK PIAUD 23.038 KAR m | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain