SKRIPSI PIAUD
Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Jangka Ajaib (Engklek) Di TK Muslimat NU Masyithoh 03 Desa Kebasen Kecamatan Talang Kabupaten Tegal
Kemampuan kognitif anak sangat penting untuk menunjang proses perkembangan anak pada tahapan usia selanjutnya. Untuk mengasah kemampuan kognitif anak terutama indikator berpikir simbolik metode yang bisa digunakan oleh guru salah satunya melalui permainan tradisional. Dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak kelompok B2 khsusnya tentang mengenal lambang bilangan, menghitung angka sambil bermain, memasangkan bentuk yang sama dan menulis angka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi prasiklus kemampuan kognitif anak kelompok B2 sebelum di terapkan permainan jangka ajaib dan untuk menjelaskan apakah permainan ajaib ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B2 TK Muslimat NU 03 Kebasen Talang Tegal. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif oleh peneliti dan guru kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Subyek yang diteliti adalah anak kelompok B2 TK Muslimat NU 03 Kebasen dengan jumlah peserta didik 15 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Obyek dalam penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak mengenal lambang bilangan melalui permainan jangka ajaib. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok B2 TK muslimat NU masyithoh 03 Kebasen. Peningkatan kemampuan kognitif anak dapat dilihat saat prasiklus dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) 0% tidak ada, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 20%, Mulai Berkembang (MB) 60% dan Belum Berkembang (BB) 20%. Kemudian meningkat pada siklus I Berkembang Sangat Baik (BSB) 6,6%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 60%, Mulai Berkembang (MB) 33,3% dan Belum Berkembang (BB) 0%. Siklus II terus meningkat Berkembang Sangat Baik (BSB) 46,6%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 53,3%, Mulai Berkembang (MB) 0%, dan Belum Berkembang (BB) 0% tidak ada. Dengan demikian kemampuan kognitif anak kelompok B2 TK muslimat NU masyithoh 03 Kebasen dapat ditingkatkan melalui permainan jangka ajaib
23SK2324033.00 | SK PIAUD 23.033 WIH m | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain