SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Transparansi Dan Akuntabilitas Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat, Infaq Dan Shodaqoh (ZIS) di LAZISMU Cabang Pekalongan
Menjalankan kewajiban zakat diyakini dapat menjadi salah satu jalan dalam mereduksi kemiskinan yang berlangsung dalam masyarakat. Apabila seluruh umat Islam mempunyai kesediaan untuk merelakan sejumlah hartanya, maka masalah tersebut akan bisa diminimalkan. Akan tetapi, hingga sekarang zakat yang dikumpulkan tidak selaras pada realisasi serta potensi yang tersalurkan. Hal tersebut dikarenakan minat masyarakat untuk membayar zakat masih sangat rendah, maka diperlukan adanya peningkatan minat dalam masyarakat. Peningkatan minat membayar zakat dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Kualitas pelayanan, transparansi dan akuntabilitas menjadi faktor yang mempengaruhi minat masyarakat membayar zakat, infaq, dan shodaqoh (ZIS) di LazisMU Cabang Pekajangan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan, transparansi, akuntabilitas, dan minat membayar zakat, infaq, dan shodaqoh (ZIS). Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dengan teknik sampel acak. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 81 responden yang membayar ZIS pada LazisMU Cabang Pekajangan. Uji analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membayar ZIS terbukti dengan nilai sig 0,032 < 0,05 dan nilai thitung 2,185 > ttabel 1,99125. Variabel transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membayar ZIS terbukti dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 6,864 > ttabel 1,99125. Variabel akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membayar ZIS terbukti dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 6,328 > ttabel 1,99125. Variabel kualitas pelayanan, transparansi, dan akuntabilitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membayar ZIS terbukti dengan Fhitung > Ftabel yaitu
173,290 > 2,72 dan nilai sig 0,000 > 0,05.
Berdasarkan hasil analisis, diketahui nilai koefisien determinan diperoleh sebesar 0,866. Hal tersebut menunjukkan bahwa 86,6% variabel-variabel minat membayar ZIS dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, transparansi, dan akuntabilitas. Sedangkan sisanya 13,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dilakukan pada penelitian ini.
Kata kunci : kualitas pelayanan, transparansi, akuntabilitas, dan minat membayar
ZIS
DAFTAR PUSTAKA
Alfitrah, Ramadhan, Nurlina dan Muhammad Salman. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Muzakki Membayar Zakat Di Badan Baitul Mal Kota Langsa. Aceh : Jurnal Samudra Ekonomika Vol. 5 No. 2
Amalia, Nahdliatul dan Tika Widiastuti. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat (Studi Pada Laz Surabaya). Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, Volume 6 Nomor 9 Tahun 2019, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga.
Ambara, Iqbal M. (2009). Problematika Zakat dan Pajak Indonesia. Jakarta: Sketsa.
Aningsih, Indri. (2019). Pengaruh Pendapatan, Citra Lembaga, Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Membayar Zakat Maal LAZ UQ Jombang. Jurnal Ekonomi Islam, Volume 2 Nomor 3 Tahun 2019, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri. Surabaya.
Bungin, Burhan. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group.
Crow, Lestar D. dan Alice Crow. (1989). Psikologi Pendidikan, diterjemahkan oleh Abdur Rahman Abror dari Education Psycology. Yogyakarta.
Fikri, Muhammad Kanzul dan Ahmad Ainun Najib. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Transparansi Dan Akuntabilitas Terhadap Minat Dan Keputusan Muzakki Menyalurkan Zakat Di LazisNU Kabupaten Banyuwangi. Banyuwangi : Jurnal Perbankan Syariah Darussalam (JPSDs) Vol. 1 No. 2.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariative Dengan Program IBM SPSS 19 Edisi 7. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hafidhuddin, Didin. (1998). Panduan Praktis Tentang Zakat, Infaq, DanShodaqoh. Jakarta: Gema Insani.
Hafidhudin, Didin. (2008). The Power Of Zakat : Studi Perbandingan Pengelolaan Zakat Asia. Tenggara: UIN Malang Press.
Hidayatullah, Syarif. (2008). Ekslopedia Rukun Islam Ibadah Tanpa Khilafah: Zakat. Jakarta: Al Kausar Prima.
Hildawati, Antong dan Abid Ramadhan. (2021). Pengaruh Pemahaman, Trust, Dan Transparansi Lembaga Zakat Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat Pada BAZNAS Kabupaten Luwu. Sulawesi Selatan : Jurnal Akuntansi dan Pajak Vol. 21 No. 2.
Ikhwanda, Mohammad Fahmi. (2018). Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, Kepercayaan Afektif dan Kognitif Terhadap Minat Bayar Zakat Melalui Lembaga Zakat. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.
Jahja, Yudrik. (2013). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keprilakuan. Yogyakarta: CV Andi Offset. Kabib, Nur, dkk. (2021). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Di BAZNAS Sragen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Volume 7 Nomor 1 Tahun 2021, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, IAIN Salatiga.
Mappiare, Andi. (1997). Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional. Misbahuddin dan Iqbal Hasan. (2013). Analisis Data Penelitian Dengan Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
PPID BAZNAS, Rekapitulasi Lembaga Amil Zakat Yang Sudah Mendapatkan Rekomendasi Baznas Skala: Kabupaten/Kota, (https://pid.baznas.go.id/laz-kab-kota/ diakses pada 5 Juni 2021).
Purwanto, Ngalim. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putri, Sabikah Dini Addyssa dan Nur Lutfiyana. (2018). Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, dan Diferensiasi Citra Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Di Organisasi Pengelola Zakat. STMIK Nusa Mandiri Jakarta. Jakarta.
Rahmawati, Dewi. (2019). Pengaruh Promosi, Transparansi, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakst, Infaq, dan Shodaqoh Di Baitul Mal Forum Komunikasi Aktivis Masjid Cabang Pekalongan. Skirpsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan. Pekalongan.
Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sahroni, Oni, dkk. (2018). Fikih Zakat Kontrmporer. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Salmawati dan Meutia Fitri. (2018). Pengaruh Tingkat Pendapatan, Religiusitas, Akuntabilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Di Baitul Mal Kota Banda Aceh. Aceh : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi Vol. 3 No. 1.
Shaleh, Abdul Rahman dan Muhib Abdul Wahab. (2004). Psikologi Suatu Pengantar (Dalam Persepektif Islam). Jakarta: Prenada Media.
Shaleh, Abdurrahman. (2004). Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.
Shalehuddin, Wawan Shofwan. (2011). Risalah Zakat, Infaq dan Shodaqoh. Bandung: Takafur.
Singrimbun, Masri. (1983). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.
Sudarmanto, R. Gunawan. (2013). Statistik Terapan Berbasis Komputer dengan Program IBM SPSS Statistic 19. Jakarta: Mitra Wacana Media. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna V. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis dan EkonomiPendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sukandarrumidi. (2012). Metodologi Penelitian : Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sukardi, Dewa Ketut. (2005). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Bina Aksara. Terjemahan Tafsir Singkat Kemenag RI (https://quran.kemenag.go.id/sura/2/43 diakses pada 5 Juni 2021)
Tapanjeh, A.M.M. (2009). Corporate Governance From The Islamic Perspective: A Comparative Analysis With OECD Principles, Critical Perspectives On Acounting Vol. 20.
Tjiptomo, Fandy. (2014). Strategi Pemasaran, Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offset. Umar, Husein. (2000). Research Methods in Finance and Banking. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Wijayanti, Dian. (2020). Pengaruh Religiusitas, Transparansi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Muzakki Dalam Membayar Zakat Di LAZ Dan BAZ DIY. Skipsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Yogyakarta.
23SK2341117.00 | SK EKOS 23.117 AIN p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain