SKRIPSI EKOS
Pengaruh Etika Bisnis Islam Dan Inovasi Produk Terhadap Keuntungan Pengusaha Konveksi Desa Samong Kecamatan Ulujami Pemalang
Perkembangan industri usaha konveksi di Kecamatan Ulujami yang terdaftar di Disperindagkop Kabupaten Pemalang sebanyak 786 unit usaha produktif konveksi dengan jumlah tenaga kerja 5.426 orang. Usaha konveksi merupakan salah satu penopang perekonomian di Kecamatan Ulujami, melihat banyaknya usaha industri usaha konveksi yang telah berkembang baik skala kecil menengah maupun besar
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Etika Bisnis Islam terhadap keuntungan pengusaha konveksi Desa Samong Kecamatan Ulujami Pemalang, mengetahui pengaruh inovasi produk terhadap keuntungan pengusaha konveksi Desa Samong Kecamatan Ulujami Pemalang, dan untuk mengetahui pengaruh etika bisnis Islam dan inovasi produk terhadap keuntungan pengusaha konveksi Desa Samong Kecamatan Ulujami Pemalang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif, populasi dari penelitian ini pengusaha konveksi Desa Samong dengan jumlah sampel sebanyak 63 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis melalui program SPSS 22.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa etika bisnis Islam berpengaruh sebesar 0,000 < 0,05 terhadap keuntungan. Inovasi produk tidak berpengaruh sebesar 0,920 > 0,05 terhadap keuntungan. Dalam uji koefisien determinasi (R2) diketahui bahwa etika bisnis Islam dan inovasi produk mempengaruhi keuntungan sebesar 54,2%. Sisanya dengan hasil 45,8% merupakan pengaruh dari variabel-variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.
Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Inovasi Produk, Keuntungan
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahim, Ahim. Rizal Yaya. Aji Erlangga Martawireja. 2009. Akuntansi Perbankan Syariah Teori dan Praktik Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.
Agus Purwanto, Erwan dan Ratih Sulistyastuti, Dyah. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi-2. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Al Farisi, R. (2014). Pengaruh Inovasi dan Kreativitas Pengusaha terhadap Keberhasilan Usaha, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Arifin Johan. Etika Bisnis Islam. Semarang: Walisongo Press. 2009.
Ayu Arina, (2015). Pengaruh beban operasional pendapatan operasional dan rasio kecukupan modal terhadap pertumbuhan laba bersih PT. Bank Muamalat Indonesia Tulungagung.
Badroen, Faisal, Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta: Kencana, 2006.
Chabib, Soleh dan Rocchmansjah, Heru. (2014). Pengelolaan Keuangan Desa. Bandung: Fokus Media.
Darian, Dharmawan dan Margaretha. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone. Paper: Manajemen Akuntansi dan Perbankan.
Dawwabah, Asyaraf Muhammad, Bisnis Rasulullah, Semarang: Pustaka Nuun, 2008.
Desi Astrid Anindia, (2017). Pengaruh etika bisnis islam terhadap keuntungan pada wirausaha di desa Delitua kecamtan Delitua.
Desy Faradiska dan Rinda Asytuti. (2019). Penerapan Etika Bisnis Islam Religiusitas dan Kreativitas Terhadap Keuntungan Pengusaha Konfeksi. SERAMBI: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol.1, No.3, 2019, pp.18-90.
Dewanto, Wawan. 2014. Interpreneurship: Kewirausahaan Korporasi, Rekayasa Sains: Bandung.
Djakfar, Muhammad, Anatomi Perilaku Bisnis: Dialektika Etika dengan Realitas, Malang: UIN Malang Press, 2009.
Djakfar, Muhammad, Etika Bisnis Menangkap Spirit Ajaran Langit dan Pesan Moral Ajaran Bumi, Jakarta: Penebar Plus, 2012.
Elida Eldi Barus. (2016). Implementasi Bisnis Islam Studi Pada Rumah Makan Wong Solo Medan. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam. 2(2).
Faisal, Yusuf. (2016). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Keuntungan Usaha Laundry di Kecamatan Tembalang.Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.UIN Walisongo Semarang.
Farid, Hidayat. (2017). Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Religiusitas Terhadap Perilaku Bisnis Syariah pada Pengurus HIPSI Kota Semarang.Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam.UIN Walisongo Semarang.
Fauzan, (2013). Pengaruh Religiusitas terhadap Etika Berbisnis (Studi pada RM, Padang di Kota Malang.
Fitri Amalia. (2014). Etika Bisnis Islam Konsep dan Implementasi Pada Pelaku Usaha Kecil, Jurnal Al-Iqtishad, Vol, No.1, Januari 2014.
Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2009.
Ghozali I. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2013.
Harahap, S. S. (2011). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Jakarta: Salemba Empat
Harahap, Sofyan S. Teori Akuntansi. Johja: Rajawali Press, 2012.
Hasibuan, Nurimansyah. Ekonomi Industri dalam Pembangunan. Jakarta: LP3S, 1994.
Herbon Fauzan Al Afganistan. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi terhadap Perkembangan Usaha Konveksi Hijab Sabian di Cikijing Majalengka.
Hills, Gerald. (2008). Marketing and Enterprenuership, Reseach Ideas and Opportunities. Journal of Small and Medium Enterprenuership.
Kennedy. 2010. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Real Estate and Property yang Go Public di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol.11, No.1.
Kotler and arstrong. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen.
Muhammad, dan R.Lukman Fauron. Visi Al-quran: Tentang Etika dan Bisnis. Jakarta: Salemba Diniyah. 2002.
Mulyaningsih dan Hermina, T. Etika Bisnis. Bandung: CV Kimfa Mandiri. 2017.
Muslich. (2004). Etika Bisnis Islam (Landasan Filosofis, Normatif, Substantif Implemntatif). Yogyakarta: CV. Adipura
M. Ismail Yusanto, dan M. Karebet Widjajakusuma, Menggagas Bisnis Islami, Jakarta: Gema Insani Press, 2002.
Nurhayati, Sri, Wasilah. Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat, 2009.
Rachaety, Eti, dan Ratih Tresnawati. Kamus Istilah Ekonomi. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi, Bandung: Alfabeta, 2009.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi, Bandung: Alfabeta, 2011.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi, Bandung: Alfabeta, 2016.
Suliyanto (2018). Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Sumanto, Ahmad. Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS (Center Of Academic Publishing Service). 2014.
Supranto, (2016). Statistik Teori & Aplikasi Edisi 8 Jilid 1, Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sri Umu Mulyani. (2020). Pengaruh Etika Bisnis Islam terhadap Keuntungan Pada Usaha Mikro dan Usaha Kecil di Kecamatan Watang Sawiito Kabupaten Pinrang.
Suryana. (2014). Kewirausahaan Kiat and Proses menuju Sukses Jakarta : Salemba Empat.
Wijaya dan Harjanti. (2015), Pengaruh Motivasi Dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Sinar Jaya Abadi Bersama. AGORA, Vol.3. No.2.
Wiratmo, Mansykur. 2014. Pengantar Kewirausahaan Kerangka Dasar Memasuki Dunia Bisnis. Yogyakarta: BPFE. Yogyakarta.
Zimmerer, Thomas W Dkk. 2008. Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Kecil Edisi 5 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
23SK2341108.00 | SK EKOS 23.108 SIT p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain