SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Pelayanan Elektronik, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Muslim Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Toko Online di Shopee (Studi Kasus Pengguna Shopee Pekalongan)
Pesatnya perkembangan internet mengakibatkan tren belanja secara online, hal ini menjadi keuntungan bagi e-commerce dan pemilik toko online, Shopee merupakan salah satu e-commerce di Indonesia yang menjadi tempat untuk melakukan belanja online. Penggunaan internet diharapkan mampu mempermudah proses belanja menjadi lebih efektif dan efisien. Peningkatan kepuasan pelanggan menjadi hal yang penting dalam transaksi jual beli secara online. Persaingan industri e-commerce dan toko online menjadi semakin ketat diantaranya persaingan harga dan kualitas baik pelayanan maupun produk. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, populasi pada penelitian ini pengguna Shopee muslim aktif Kota Pekalongan. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang, kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data dengan menggunakan skala likert yang terdiri dari lima skala, kuesioner didistribusikan menggunakan google form. Pada metode analisis data menggunakan Struktural Equation Model (SEM) dengan menggunakan WarpPLS 7.0. Berdasarkan hasil uji hipotesis didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh signifikan kepuasan pelanggan terhadap minat beli ulang secara langsung, secara parsial harga berpengaruh terhadap minat beli ulang konsumen. Untuk variabel kualitas pelayanan elektronik dan harga juga berpegaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan pengaruh tidak langsung, variabel hanya variabel harga yang berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang konsumen secara langsung maupun melalui kepuasan pelanggan.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Elektronik, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat beli Ulang, Kepuasan Pelanggan.
DAFTAR PUSTAKA
Abid, M. M. F., & Purbawati, D. (2020). Pengaruh E-Security dan E-Service Quality Terhadap E-Repurchase Intention Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen E-Commerce Lazada di Fisip Undip. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 93–100.
Aditya, W., & Jatra, M. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Pengalaman Belanja Online, Dan Akses Informasi Terhadap Niat Beli Ulang (Studi Pada Pembelian Online Sepatu Sepak Bola Merek Specs Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8, 2524. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i04.p23
Anggara, A. W., & Santosa, S. B. (2019). Pengaruh Kualitas Situs Web, Nilai Yang Dipersepsikan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi pada konsumen e-commerce Shopee. Co. Id di Kota Semarang) [PhD Thesis]. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan. (n.d.). Retrieved September 26, 2021, from https://pekalongankota.bps.go.id/indicator/12/177/1/jumlah-penduduk-kota-pekalongan-menurut-jenis-kelamin.html
Bakti, U. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. JURNAL EKONOMI, 22(1), 101–118.
Baron, R. M., & Kenny, D. A. (1986). The moderator–mediator variable distinction in social psychological research: Conceptual, strategic, and statistical considerations. Journal of Personality and Social Psychology, 51(6), 1173.
Basuki, A. T., & Yuliadi, I. (2014). Electronic Data Processing (SPSS 15 dan E-Views 7). Danisa Media.
Call Center Shopee 24 Jam, Alamat, No Tlp, dan Media Sosialnya. (n.d.). Retrieved October 26, 2021, from https://memphisthemusical.com/call-center-shopee/
Chaerunisak, U. H. (2017). Pengaruh Ketidakpastian Lingkungan dan Strategi Bisnis terhadap Sistem Informasi Akuntasni Manajemen dengan Total Quality Management sebagai Variabel Intervening [PhD Thesis]. STIE YKPN.
Daftar 50 Website & Aplikasi E-Commerce di Indonesia 2019. (n.d.). Retrieved October 22, 2021, from https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
Diningsih, N. K. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Toko Plastik Gondik Kesamben.
Diniyah, F. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Niat Perilaku Muslim Menggunakan Platform Crowdfunding Waqf: Teori UTAUT Model. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 544–552.
Fadhila, R., & Sri, R. T. A. (2013). Analisis Pengaruh Word Of Mouth, Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Dan Lokaasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Toko LEO Fashion Karangjati Kabupaten Semarang) [PhD Thesis]. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Fadhillah, A., Irda, I., & Wiry, U. (2021). PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK, HARGA DAN PERSEPSI MANFAAT FITUR GO-PAY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GOJEK DI KOTA PADANG [PhD Thesis]. Universitas Bung Hatta.
Fang, Y.-H., Chiu, C.-M., & Wang, E. T. (2011). Understanding customers’ satisfaction and repurchase intentions. Internet Research.
Fardiani, A. N., & Sutopo, S. (2012). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan dyriana bakery & café pandanaran semarang [PhD Thesis]. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Farida, N. (2014). Analisis model kepuasan terhadap pembelian ulang. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 5(2).
Flavián, C., & Guinalíu, M. (2006). Consumer trust, perceived security and privacy policy: Three basic elements of loyalty to a web site. Industrial Management & Data Systems, 106(5), 601–620.
https://doi.org/10.1108/02635570610666403
Gazali, R. K. (2017). Effect Size pada pengujian Hipotesis. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Program Studi Matematika Jurusan Matematika.
Ghassani, M. T., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Ulang Bandeng Juwana Vaccum melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Pelanggan PT. Bandeng Juwana Elrina Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(4), 311–319.
Ghozali, I. (2019). Mediasi Dan Moderasi Dalam Analisis Statistik Menggunakan Program IBM SPSS 25, Process Versi 3.1 & WarPLS 6.0. Yoga Pratama.
Handayani, S. (2014). Model Howard & Sheth Sebagai Alternatif Memahami Perilaku Konsumen Dalam Manajemen Pemasaran. DHARMA EKONOMI, 19(35), Article 35. https://ejurnal.stiedharmaputra-smg.ac.id/index.php/DE/article/view/54
Harahap, D. S. D., & Wijaksana, T. I. (2020). Pengaruh E-Service Quality Dan Product Differentiation Terhadap Repurchase Intention Pada Sepatu Compass. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(1), 399–399.
Hellier, P. K., Geursen, G. M., Carr, R. A., & Rickard, J. A. (2003). Customer repurchase intention. European Journal of Marketing.
Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi Pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 1(1), 24–31.
Hidayati, L. A., & Muhdiyanto, M. (2017). Peran Penggunaan Teknologi E-Banking Dan Kepuasan Pada Loyalitas Nasabah: Kepercayaan Sebagai Efek Moderasi (Studi Empiris Bank Umum di Wilayah Kedu).
PROSIDING TANTANGAN BISNIS ERA DIGITAL, 1(1).
Hikmah, A. N., & Riptiono, S. (2020). Pengaruh Customer Engagement dan E-Service Quality Terhadap Online Repurchase Intention dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening pada Marketplace Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(1), 89–100.
Huda, M. (2019). Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen dalam pandangan Islam. JURNAL EL-FAQIH, 5(1), 93–111.
Ihsan, A. N., Wasito, S. E., & MSIE, P. I. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ELEKTRONIK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS PELANGGAN ONLINE SHOP JD. ID (Suatu Survey Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan) [PhD Thesis]. Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.
Imania, L., & Widayanto, W. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Larissa Aesthetic Center cabang Panjaitan, Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 341–349.
Juniarty, J., & Gunawan, V. V. (2021). ANTESEDEN DARI TEORI UTAUT DAN KONSEKUENSINYA (STUDI EMPIRIS PURCHASE INTENTION GENERASI Z). Ultima Management: Jurnal Ilmu Manajemen, 13(2), 197–222.
Karlina, H. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan pelanggan Pada PT. Matahari Departemen Store Tbk. Cabang Binjai. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains, 1(01).
Kim, C., Galliers, R. D., Shin, N., Ryoo, J.-H., & Kim, J. (2012). Factors influencing Internet shopping value and customer repurchase intention. Electronic Commerce Research and Applications, 11(4), 374–387.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009a). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas (B. Sabran, Trans.; 13th ed., Vol. 1). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009b). Manejemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas (B. Sabran, Trans.; 13th ed., Vol. 2). Erlangga.
Kumalasari, R. D., Gutama, W. A., & Pratiwi, D. E. (2018). Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) Terhadap Keputusan Berkunjung ke Agrowisata Café Sawah Pujon Kidul. HABITAT, 29(2), 65–75.
Kusuma, R. W., & Suwitho, S. (2015). Pengaruh Kualitas produk, harga, fasilitas dan emosional terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12).
Kuswati, R., & Adiwibowo, B. (2013). Pengaruh Produk Inti, Produk Aktual Dan Produk Tambahan Pada Kepuasan Pelanggan. Proceeding Seminar Nasional Call For Pappers, 2(1), 332–341.
Leonardo, B. R., Wenas, R. S., & Poluan, J. G. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI MARKETPLACE SHOPEE PADA SAAT PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNSRAT). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 1721–1730.
Li, F., Lu, H., Hou, M., Cui, K., & Darbandi, M. (2021). Customer satisfaction with bank services: The role of cloud services, security, e-learning and service quality. Technology in Society, 64, 101487.
Mahmud, N. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Transmart Setiabudi Semarang. Anindyaguna Ekonobisnis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis STIE Anindyaguna, 3(1), 159–166.
Masitoh, M. R., Wibowo, H. A., & Sunaryo, D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang Di Toko Online Tokopedia. Jurnal Manajemen, 8(1).
Mufida, S., Rachma, N., & ABS, M. K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Keragaman Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Online Shop Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB UNISMA). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(15).
Nisa, A. S. (2018). Analisis Pengaruh Harga Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang dalam Berbelanja Online di Instagram (Studi Empiris pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta) [PhD Thesis]. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nuryadin, M. B. (2007). Harga dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Islam: Mazahib, 4(1), 86–98.
Palma, M. A., & Andjarwati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kemudahan, dan Harga terhadap Niat Beli Ulang dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Produk Fashion melalui Toko Online di Surabaya). Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16(1), 84–104.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Malhotra, A. (2005). ES-QUAL: A multiple-item scale for assessing electronic service quality. Journal of Service Research, 7(3), 213–233.
Pengunjung Situs Shopee Terbesar di Indonesia | Databoks. (n.d.). Retrieved October 22, 2021, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/07/06/pengunjung-situs-shopee-terbesar-di-indonesia
Perkim.id. (2021, January 21). Profil Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Pekalongan. perkim.id. https://perkim.id/pofil-pkp/profil-kabupaten-kota/profil-perumahan-dan-kawasan-permukiman-kota-pekalongan/
Prandita, L., & Iriani, S. S. (2013). Pengaruh Kualitas Produk. Kualitas Layanan, Dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Sogo Departemen Store/Jurnalmahasiswa. Unesa. Ac.Id/Article/5215/56/Article. Pdf/Diakses, 30.
Purnama, N. I., & Rialdy, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Alat-Alat Bangunan Pada PT. Rodes Chemindo Medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1).
Puspitasari, D. (2006). Analisis pengaruh persepsi kualitas dan kepuasan pelanggan terhadap minat beli ulang (Studi kasus pada maskapai penerbangan garuda keberangkatan Semarang) [PhD Thesis].
program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
Putra, R. P., & Herianingrum, S. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank BRI Syariah Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 1(9).
Putri, R. A., & Jumhur, H. M. (2019). Peminat Aplikasi Blibli. COM Dengan Menggunakan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 12(1), 16–23.
Rainy, A., & Widayanto, W. (2020). Pengaruh Keragaman Produk Dan E-Service Quality Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Pelanggan Zalora). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 149–156.
Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 59–70.
Ramadhan, W. (2021). Strategi Promosi Pada Iklan E-Commerce Shopee Di Media Sosial (Studi Iklan Shopee di Media Sosial Youtube) [PhD Thesis]. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Ranganathan, C., & Ganapathy, S. (2002). Key dimensions of business-to-consumer web sites. Information & Management, 39(6), 457–465.
Rohmatin, I., & Lestari Andjarwati, A. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Niat Beli Ulang dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Pelanggan Produk Fashion Melalui Toko Online Zalora). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(1).
Rowley Jennifer. (2006). An analysis of the e‐service literature: Towards a research agenda. Internet Research, 16(3), 339–359. https://doi.org/10.1108/10662240610673736
Saifudin, K., & Zakky, F. A. (2020). ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI ULANG BELANJA PRODUK ELEKTRONIK ONLINE LAZADA DI KOTA SURAKARTA [PhD Thesis]. IAIN SURAKARTA.
Santi, E. R., & Supriyanto, A. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPUASAN PELANGGAN, DAN PROMOSI ONLINE TERHADAP MINAT BELI ULANG (STUDI KASUS PADA SATE TAICHAN BANJAR D’LICIOUS). Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 47–56.
Santouridis, I., Trivellas, P., & Tsimonis, G. (2012). Using E-S-QUAL to measure internet service quality of e-commerce web sites in Greece. International Journal of Quality and Service Sciences.
Sari, R., & Hariyana, N. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang Dan Kepuasan Pelanggan Online Shopping Pada Remaja Di Situbondo. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 6. https://doi.org/10.26905/jbm.v6i2.3674
Sari, R. K., Yulisetiarini, D., & Sudaryanto, S. (2016). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Serta Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang Dan Kepuasan Pelanggan Online Shopping Pada Mahasiswa Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. BISMA, 10(2), 115–126.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2020). Perilaku konsumen.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis (6th ed.). Salemba Empat.
Setiawati, R. (2019). Pengaruh Preferensi Merek, Persepsi Kualitas, Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Pada CV Basimbah Tani-Labuhanbatu. ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN), 3, 20–27. https://doi.org/10.36987/ecobi.v3i2.189
Sholiha, E. U. N., & Salamah, M. (2016). Structural Equation Modeling-Partial Least Square untuk Pemodelan Derajat Kesehatan Kabupaten/Kota di Jawa Timur (Studi Kasus Data Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat Jawa Timur 2013). Jurnal Sains Dan Seni ITS, 4(2).
Shopee Indonesia | Jual Beli di Ponsel dan Online. (n.d.). Retrieved September 28, 2021, from https://shopee.co.id
Shopee Jadi E-Commerce Paling Top dari Masa ke Masa | Databoks. (n.d.). Retrieved October 22, 2021, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/03/shopee-jadi-e-commerce-paling-top-dari-masa-ke-masa
Shopee sales surge helps Sea hit record revenue, but net loss widens. (2018, August 22). Tech in Asia. https://www.techinasia.com/shopee-sales-surge-helps-sea-hit-record-revenue
Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Pengaruh kepuasan transaksi online shopping dan kepercayaan konsumen terhadap sikap serta perilaku konsumen pada e-commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 9(1), 23–36.
Solimun, S., Achmad Rinaldo Fernandes, A., & Nurjannah, N. (2017). Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. UB Press.
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Suhari, Y. (2012). E-Commerce: Model Perilaku Konsumen.
Sulistiani, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kentucky Fried Chicken (KFC) Cabang Meruya. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech), 4(1), 15–21.
Suyoto, M. C. (2006). Analisis Faktor-Faktor Yang Dapat Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Untuk Melakukan Online Shopping Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Pengguna Online Shopping Pelanggan Makanan Kesehatan PT. Trias Sukses Dinamika Di Kota Semarang) [PhD Thesis]. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran (Edisi Pertama). Andi Offset.
Transaksi Shopee di Indonesia Terbesar di ASEAN. (2015, December 2). SWA.Co.Id. https://swa.co.id/swa/trends/technology/transaksi-shopee-di-indonesia-terbesar-di-asean
Ulfa, A. (2021). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM BERBELANJA ONLINE SHOPEE. EDUTAMA.
Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User acceptance of information technology: Toward a unified view. MIS Quarterly, 425–478.
Venkatesh, V., Thong, J. Y., & Xu, X. (2012). Consumer acceptance and use of information technology: Extending the unified theory of acceptance and use of technology. MIS Quarterly, 157–178.
Wahyu Utami, I. (2017). Perilaku Konsumen analisis perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian. CV PUSTAKA BENGAWAN.
Wardani, I. (2020). Pengaruh Harga, Free Wifi Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kedai Coffee JMP Pahlawan Lamongan. MELATI STIEKHAD, 35(2), 1–1.
Wen, C., Prybutok, V. R., & Xu, C. (2011). An integrated model for customer online repurchase intention. Journal of Computer Information Systems, 52(1), 14–23.
Wicaksono, A. P., Rachma, N., & ABS, M. K. (2019). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Di Toko Distortion Merch Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(18).
Widyartini, A. A., & Purbawati, D. (2019). Pengaruh Service Quality Dan Price Terhadap Repurchase Intention Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen E-Commerce Elevenia. Co. Id Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(1), 138–148.
YULIANA, A., & INDRIANI, F. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Website, Promosi Penjualan, Dan Dorongan Berbelanja Hedonis Melalui Emosi Positif Terhadap Pembelian Impulsif Shopee Indonesia (Studi terhadap konsumen produk fashion Shopee di Semarang) [PhD Thesis]. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. KENCANA.
Yusuf, I. N. Y. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Ulang di E-Commerce Shopee [PhD Thesis]. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
23SK2341106.00 | SK EKOS 23.106 MUH p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain