SKRIPSI EKOS
Analisis Pengaruh Pendidikan, Faktor Sosial, Sosialisasi, Dan Religiositas Terhadap Pengetahuan Masyarakat Tentang Bank Syariah (Studi Pada Masyarakat Desa Clapar, Kecamatan Subah Kabupaten Batang)
Pengetahuan Masyarakat merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh seseorang. Pengetahuan dapat menjadi sebuah dasar seseorang dalam menentukan atau memutuskan sesuatu. Sehingga perlu dilakukan analisis untuk mengetahui pengaruhnya terhadap variabel pendidikan, actor sosial, sosialisasi, dan religiusitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel pendidikan (X1), Faktor sosial (X2), sosialisasi (X3), dan religiusitas (X4) terhadap pengetahuan masyarakat (Y) tentang Bank Syariah. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan sumber data primer yang diperoleh dari kuisioner. Data yang digunakan sebanyak 93 sampel dengan alat uji SPSS 16 dalam menentukan hasil analisisnya.
Berdasarkan hasil penelitian, seluruh item yang digunakan valid dan reliabel. Dalam analisis asumsi klasik nilai residual model regresi berdistribusi normal, serta tidak terjadi gejala multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pada ketiga variabel bebas X1, X2, dan X4. Sedangkan variabel X3 berpengaruh negatif terhadap variabel dependen. Hasil nilai signifikansi uji t menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas < 0.05 yang artinya variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Nilai t hitung variabel X1, X2, dan X4 > t tabel yang berarti berpengaruh terhadap variabel dependen. Sedangkan nilai t hitung variabel X3 < t tabel (1,662). Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan seluruh variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen.
Kata Kunci : Pengetahuan Masyarakat, Pendidikan, Faktor Sosial, Sosialisasi, Religiusitas.
DAFTAR PUSTAKA
Anggraeni, Putri. (2015). Pengaruh Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologi, Faktor Kebudayan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Three. Jurnal Bisnis dan Manajemen, (7) 2, 81-89.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asyari. (2016). Religiusitas dan Cultural Belief dalam Perilaku Ekonomi Muslim di Minangkabau Sumatera barat. Disertasi. Program Pascasarjana Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Batang, “Kecamatan Subah Dalam Angka 2019”, hlm. 31, https://batangkab.bps.go.id/publication/2019/09/26/3b71d68e6201a1efe71b3d5/kecamatan-subah-dalam-angka-2019.html. (diakses tanggal 3 April 2021).
Bakhtiar, Amsal. (2010). Filsafat Ilmu. Jakarta; Raja Grafindo Persada.
Damsar. (2010). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta; Kencana, Prenada Media Group.
Danupranata, Gita. (2013). Buku Ajar Manajemen Perbankan Syariah. Jakarta; Salemba Empat.
Fahriah. (2017). Pemahaman Masyarakat Desa Handil Gayam Tentang Perbankan. Skripsi, Sarjana Ilmu Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri (Iain) Antasari Banjarmasin. Banjarmasin.
Fatriani, Rini. (2018). Bentuk-Bentuk Produk Bank Konvensional Dan Bank Syariah Di Indonesia. Ensiklopedia Of Journal, (1) 1, 218-224.
Frankoe, Ade. (2017). Pengetahuan Masyarakat Desa Paduraksa Kecamatan Suku Tengah Lakitan Ulu Terawas Tentang Produk Perbankan Syariah. Skripsi, Sarjana Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu. Bengkulu.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 19. Semarang: BUPD.
Handida, Rahmawati Deylla. (2019). Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Kualitas Layanan, Dan Ting
kat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Pengambilan Keputusan Masyarakat Muslim Menggunakan Produk Perbankan Syariah Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi, Sarjana Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Hasyim, Musyafiq. Salam, Abdullah. (2015). Analisis Pengaruh Pendidikan dan Pekerjaan Terhadap Pengetahuan Produk Perbankan Syari’ah. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, (5) 1, 79-80.
Hidayat, Rahmat. Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori, Dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Http://clapar.desa.id (diakses tanggal 3 februari 2022)
Http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS (diakses tanggal 6 Desember 2021)
Http://repository.unisba.ac.id (diakses tanggal 6 Desember 2021)
Https://id.m.wikipedia.org/wiki/Clapar,_Subah,_Batang (diakses tanggal 2 April 2021)
Https://id.m.wikipedia.org/wiki/Google_Formulir (diakses tanggal 17 Mei 2022)
Https://kbbi.web.id (diakses tanggal 5 Februari 2021)
Https://quran.kemenag.go.id/sura/51/56 (diakses tanggal 16 Maret 2021)
Https://qurano.com/id/16-an-nahl/ayat-43 (diakses tanggal 5 Desember 2021)
Https://tafsirq.com/3-ali-imran/ayat-130 (diakses tanggal 5 Desember 2021)
Https://www.rumusstatistik.com (diakses tanggal 4 September 2021
Https://www.spssindonesia.com (diakses tanggal 16 Maret 2021)
Jalaludin. (2015). Psikologi Agama: Memahami Perilaku Dengan Mengaplikasikan Prinsp-Prinsip Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers.
Janie, Dyah Nirmala Arum. (2012). Statistik Deskriptif & Regresi Linier Berganda Dengan SPSS. Semarang: Semarang University Press.
Janna, Nilda Miftahul. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS. Jurnal STAI Darul Dakwah Wal Irsyad (DDI) Makassar. 1-12.
Karim, Adiwarman Azwar. (2014). Bank Islam Analisis Fiqih Dan Keuangan, Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Kayati. (2018). Peran Theory Of Resoned Action Terhadap Minat Menabung Menggunakan Produk Bagi Hasil Bank Syariah. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Swadaya Gunung Jati. 454-467.
Khotimah, Nurul. (2018). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Citra Perusahaan, Dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Menabung Dan Loyalitas Di Bank Syariah Mandiri. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, (5) 1, 37-48.
Mundiri. (2008). Logika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Narbuko, Cholid. Achmadi, Abu. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, Sangkot. (2017). Variabel Penelitian. Raudhah Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA), (5) 2, 2.
Prasetyo, Hendi. Anitra, Vera. (2020). Pengaruh Religiusitas terhadap Kinerja Karyawan: Studi pada Tenaga Kependidikan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Borneo Student Research, (2) 1, 2721-2725.
Purwaningsih, Heni. (2020). Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Ahamad Dahlan Yogyakarta. Yogyakarta.
Purwanto, Edi. (2020). Technology Adoption : A Conceptual Framework. Tangerang : Yayasan Pendidikan Philadelphia.
Rahmany, Sri. Asnita, Yuni. (2020). Pengaruh Pendidikan, Profesi Dan Bagi Hasil Terhadap Persepsi Masyarakat Pada Perbankan Syariah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), (1) 1, 69-84.
Saputra, Angga Dwi. Ghani, Abdul. (2016). Analisis Pengaruh Pendidikan Dan Faktor Sosial Terhadap Pengetahuan Masyarakat Tentang Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, (6) 1, 12-22.
Sari, Weni Purnama. (2019). Pengaruh Latar Pendidikan Nasabah Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri Di Rejang Lebong. Skripsi, Sarjana Ilmu Perbankan Syariah IAIN Curup.
Satiyono, Dwi. Bodroastuti, Tri. (2012). Pengaruh Faktor Individual, Faktor Sosial, dan Faktor Utama Dalam Pekerjaan Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Pada Staf Kantor PT. Sinar Pantja Djaja Semarang).
Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis. (14) 1, 1-23.
Seni, Ni Nyoman Anggar. Ratnadi, Ni Made Dwi. (2017). Theory Of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana. 4043-4068.
Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Syafi’i, Asrof. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : el.KAF.
Tanzeh, Ahmad. (2009). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta : Teras.
Wikamorys, Dian Anggraini. Rochmach, Thinni Nurul. (2017). Aplikasi Theory Of Planned Behavior Dalam Membangkitkan Niat Pasien Untuk Melakukan Operasi Katarak. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia. 32-40.
Winarsunu, Tulus. (2017). Statistik Dalam Penelitian Dan Pendidikan. Malang : UMM Press.
www.ojk.go.id (diakses tanggal 8 Februari 2021)
Yuriska, Mega Retna. Sukirno. (2014). Pengaruh Faktor Sosial, Personal, Psychological, Dan Kultural Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Centro Department Store Melalui Stimulus Midnight Sale. MODUS (26) 1, 77-84.
23SK2341103.00 | SK EKOS 23.103 RIN a | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain