SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Muslim Like Mie & Coffee di Batang)
Keputusan akhir yang diambil konsumen sebelum melakukan pembelian produk atau penggunaan jasa disebut dengan keputusan pembelian. Keputusan pembelian konsumen dapat dipengaruhi oleh berbagai aspek diantaranya kualitas produk, harga, dan minat beli. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen muslim Like Mie & Coffee di Batang dengan minat beli sebagai variabel intervening.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui data primer yang di dapat dari penyebaran kuesioner kepada responden. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen muslim Like Mie & Coffee, dengan jumlah sampel 97 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS Statistic 25 serta analisis jalur (path analysis) untuk menguji pengaruh variabel intervening.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk tidak berpengaruh terhadap minat beli, harga berpengaruh terhadap minat beli, kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, harga dan minat beli berpengaruh terhadap keputusan pembelian, minat beli tidak dapat memediasi pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen muslim Like Mie & Coffee Batang.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Minat Beli, dan Keputusan Pembelian.
DAFTAR PUSTAKA
Ansori, M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2. Airlangga University Press.
Ariella, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start Up BisniS, 3(2).
Astuti, R., & Abdullah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah. Ilman, 5(2), 14–23.
Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse. AKMAMI, 2(2), 204–219.
https://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/akmami------ Vol. 2 No. 2 hal. 204 - 219%0APengaruh
Ayesa, R. B., Hartono, S., & Ay, B. (2020). Pengaruh Promosi, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling Confero Di Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(1), 207–217. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jie.v4i01.856
BPS. (2021). Banyaknya Penduduk Menurut Agama yang Dianut dan Kecamatan di Kabupaten Batang, 2020.
Christian, K., Handoyo, S., Kelvin, Hondo, P., & Fitriano, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rem Cakram dan Rem Tromol Motor Honda Matic Pada PT. Mega Anugerah Mandiri Medan. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 8(1), 44–53.
Dewi, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 7(4), 409. https://doi.org/10.54144/jadbis.v7i4.2862
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Deepublish.
Dwijantoro, R., Dwi, B., & Syarief, N. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 63.
https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.162.392
Enre, A., Simbolon, H. A., Indonesia, P. B., Hutagalung, D. S., & Ong, M. T. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian CV Obor Pematangsiantar. Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33395/owner.v4i1.173
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173
Fadila, S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kapuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Kedai Kober Mie Setan Semolowaru Nomor 5 Surabaya. Repository Untag SBY. http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/947
Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset …, 4(3), 415–424. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2605
Heliawan, Y. A., & Wisnu, A. M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 18(2), 174. https://doi.org/10.29040/jap.v18i2.114
Hilmawan, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Sepeda Motor Vario Di Kota Serang).
Jurnal Elektronik Rekaman (Riset Ekonomi Bidang Manajemen Dan Akuntansi) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Galileo, 3(3), 154–166.
Hironymus Ghodang. (2020). Path Analysis (Analisis Jalur). PT. Penerbit Mitra Grup.
Inesti, L. R., & Handayani, S. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Konsumen Pop Mie Cup (Studi Kasus Di Wilayah Kemanggisan Jakarta Barat). JCA Ekonomi, 1(2).
Ismayanti. (2020). Pengaruh Love of Money dan Financial Knowledge terhadap Personal Financial Management dengan Gender sebagai Variabel Moderasi pada Generasi Millennial di Kota Makassar (Vol. 25, Issue 1). http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/17477
Istiyanto, Budi, Lailatan Nugroho. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil (Studi Kasus Mobil LCGC di Surakarta). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 1–8. https://doi.org/10.26533/eksis.v12i1.75
Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43
Maharama, A. R., & Kholis, N. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Gojek Di Kota Semarang Yang Dimediasi Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(2), 203. https://doi.org/10.30659/ekobis.19.2.203-213
Maharani, N. (2015). Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Iphone Di Bandung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa), 12(1), 59–75.
https://elearning2.unisba.ac.id/index.php/performa/article/view/3043
Mega, puspita cindy, & Agung, B. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi di Kota Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 2–8.
Mufida, S., Timur, F. G. C., & Waluyo, S. D. (2020). Strategi Pemerintah Indonesia Dalam Menangani Wabah Covid-19 Dari Perspektif Ekonomi. 1(2), 121–130. https://doi.org/10.24853/independen.1.2.121-130
Nafilah, K., Widarko, A., & Suharto, M. K. A. B. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Study Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Islam Malang Yang Mengkonsumsi Mie Instan). Jurnal Riset Manajemen, 53(9), 1689–1699.
Nirma, K. (2019). Harga dan Kualitas terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Trunojoyo, 5(2), 67–79.
Nuha, M. S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Wuling Di Kota Makassar Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Repositori.Uin-Alauddin, 6. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/20532
Nurdin, I. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia.
Pasaribu, R. F. A., Sianipar, I. L., Siagian, Y. F., & Sartika, V. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Soyjoy Pt. Amerta Indah Otsuka Kota Medan. Jurnal Manajemen, 5(1), 45–52. https://www.ejournal.lmiimedan.net/index.php/jm/article/view/52
Pradana, D., & Hudayah, S. (2017). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek brand image terhadap keputusan pembelian motor. Journal.Feb.Unmul., 14(1), 16–23.
Prawira, E. Y. (2019). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo Pada Masyarakat Kota Yogyakarta. Jurnal Fokus, 9(1), 64–75.
Rahayu Fitri, P., Armereo, C., & Marzuki, A. (2020). Praktikum Statistik. Ahli Media Press.
Rahmaniah, I. S. (2019). Pengaruh Harga Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Fashion Imitasi Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/15991
Riadini, B. & A. B. (2018). Perencanaan Suksesi: Urgensi, Model, Dan Implementasi. CV. Budi Utama.
Sa’adah, L. (2020). Kualitas Layanan, Harga, Citra Merk serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen. LPPM Universitah KH. A. Wahab Hasbullah.
Sari, R. M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Minat Beli Sebagai Intervening (Studi Kasus pada Pelanggan Toko Rabbani). Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 2004, 6–25.
Senggetang, V. et al. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. 7(1).
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99
Solimun. Adji, A. R. N. (2017). Metode Statistika Multivariet Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) pendekatan WarpPLS. UB Press.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Wardani, R. K. (2021). Analisis Perilaku Konsumen Muslim Dalam Memutuskan Pembelian Tas Di Toko Bag Corner Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13356
Wiradharma, G., Anam, K., & Ningrum, K. P. (2020). Kegiatan Marketing Public Relations Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Apartemen Pada Generasi Milenial. LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(2), 70–77. https://doi.org/10.31334/lugas.v4i2.1221
23SK2341100.00 | SK EKOS 23.100 EVI p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain