SKRIPSI EKOS
Pengaruh Harga, Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Waroeng SS (Spesial Sambal) Sapugarut Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, pelayanan, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Waroeng SS (Spesial Sambel) Sapugarut Kabupaten Pekalongan.
Jenis metode penelitian ini yaitu field research. Field research adalah penelitian yang mempergunakan data yang didapat dari studi lapangan melalui cara melakukan pengamatan, pencatatan, serta pengumpulan beberapa data ataupun informasi yang ada di lapangan studi kasus dan survey. Pada penelitian ini, peneliti mempergunakan angket yang akan diberikan kepada responden dimanapun tempatnya peneliti bertemu dengan responden yang memenuhi kriteria. Penelitian ini mempergunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang dijadikan obyek pada penelitian ini yaitu random sampling konsumen Waroeng SS (Spesial Sambel) Sapugarut Kabupaten Pekalongan dengan jumlah 96 konsumen. Kemudian data yang diperoleh diolah dengan SPSS. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji instumen, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil nilai t hitung pada variabel harga sebesar 4,210 yang menunjukan bahwa variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel pelayanan sebesar 2,032 yang mana variabel pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Untuk variabel kualitas produk sebesar 2,581. Kemudian pada kualitas produk dapat dikatakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat disimpulkan bahwa variabel independent secara parsial memiliki pengaruh masing-masing yang significant tehadap variabel dependent yaitu keputusan pembelian.. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan hasil: (1) harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. (2) pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. (3) kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian .
Kata Kunci : Harga, Pelayanan, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
DAFTAR PUSTAKA
Allysa, N., Maharani, N., & Estri, S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Ozon Parfum Fragrance. Prosiding Manajemen, 775–779.
Aldini Nofta Martini, Ahmad Feriyansyah, & Sella Venanza. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Di Kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 132–142. https://doi.org/10.52005/aktiva.v2i3.82
Allysa, N., Maharani, N., & Estri, S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Ozon Parfum Fragrance. Prosiding Manajemen, 775–779.
Armahadyani. (2018). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kedai Makan Paâ€TMMur Karawang. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 3(2).
https://doi.org/10.36805/manajemen.v3i2.253
A Mari, Y. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Pranamedia Group.
Achmadi, C. N. (2013) Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Anwar, S. (1999). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bentar, & Widowati, M. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KOSUMEN (Studi Kasus Pada Waroeng Spesial Sambal / SS Lampersari Semarang). Fokus Ekonomi, 13(1), 62–79.
Bruno, L. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dangedi Desa Benteng Kabupaten Pangep. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Darmawan, K. G., Yulianthini, N. N., & Mahardikha, A. . N. Y. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Citra Toko Terhadap Kepuasan Konsumen. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 74.
https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26202
Dr. Vladimir, V. F. (1967). ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Engel. (2014). PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS WIFI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI WARUNG ANGKRINGAN. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 76–99.
Fauzi, M. (2009). Metode Penilitian Kuantitatif (sebuah pengantar), Semarang: Walisongo press
Fitrianty, Y. R. (2018). Pengaruh Harga Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Pada Soraya Shop Plaju Palembang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9),
1689–1699.
Ghozali, I. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamdani, R. L. (2008). Manajemen Pemasaran dan Jasa. Jakarta: Erlangga.
Hidayah, D. A., & Suryawardana, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Lokasi dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Warung Bakso Pak War Semarang ). Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 16(2), 61–79.
Howkins Best dan coney. (2001). Costumer Behaviour : Building Marketing Strategy.
Khotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
KARTIKA PRATIWI. (2014). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RESTORAN THE MANHATTAN FISH MARKET. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Kelvinia, K., Putra, M. U. M., & Efendi, N. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 11(2), 85–98.
https://doi.org/10.55601/jwem.v11i2.795
Komang, N., Andarista, D., Wayan, N., Mitariani, E., & Imbayani, I. G. A. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada MM Juice dan Restaurant Cabang Teuku Umar. 222–233.
Luis, F., & Moncayo, G. (2021). ANALISA KEPUASAN KONSUMEN WAROENG SPESIAL SAMBAL “SS.” 105–128.
Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14.
Mamang, E. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta.
Martono, N. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada.
Morissan. (2017). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.
Oktavenia, K. A. R., & Ardani, I. G. A. K. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3), 1374. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i03.p08
Prabowo, G. A. (2015). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada CV. Matahari Pink Inspiration Madiun). The 6th FIPA (Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi).
Pratama, B. N. (2016). Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Word Of Mouth ( Studi Kasus Warung Spesial Sambal Cabang Bintaro 1 ). Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 1–198.
Philip Kothler dan Gary Amstrong. (2008). Prinsip Prinsip Pemasaran. Erlangga.
Philip Kotler dan A.B Susanto. (1999). Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implemetasi, dan pengendalian. Rajawali Pers.
Saputro, Gunawan Adi;. (2010). Manajemen Pemasaran Analisis Untuk Perencanan Strategi Pemasaran. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sopiah, E. M. (2010). Metode penelitian Pendekatan Praktis Dalam Penelitian. Yogyakarta: 2010.
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA)
Supranto. (2006). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan . Jakarta: Rineka Cipta.
Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Torres, T. (2017). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI GULAI KEPALA IKAN BANK JO. 111.
Wibowo, A. E. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
www.waroengss.com. (2022, Maret Selasa). Retrieved from www.waroengss.com: https://www.waroengss.com/article/profile
23SK2341098.00 | SK EKOS 23.098 RIS p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain