SKRIPSI EKOS
Peran Perempuan Pedagang Dalam Upaya Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Perempuan Pedagang di Pasar Warungpring Kec. Warungpring Kab.Pemalang)
Saat ini peran perempuan masih hangat untuk diperbincangkan, baik dibidang sosial, politik, pendidikan, ekonomi, serta bidang lainnya yang berkaitan dengan proses pembangunan di Indonesia. Karena kaum perempuan juga merupakan sebuah komponen penduduk dalam sebuah pembangunan di Indonesia. Pada zaman ini kegiatan bekerja atau berdagang tidak hanya dilakukan oleh kaum laki-laki saja, namun kaum perempuan juga bisa, baik perempuan yang sudah berkeluarga maupun belum. Kini semua bidang usaha telah terbuka bagi perempuan dan ini merupakan sebuah tantangan bagi kaum perempuan dalam memperjuangkan hak emansipasinya. Didalam dalam Al-Qur’an maupun Hadist tidak adanya suatu perintah terhadap perempuan untuk mempersempit aktivitas kegiatan bekerja atau berkarier. Dengan adanya kegiatan bekerja yang dilakukan oleh perempuan tentunya akan memperoleh pendapatan yang berguna untuk diri sendiri maupun untuk keluarganya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya serta berdampak pada peningkatan pendapatan keuangan keluarga. Tujuan yang di capai pada penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana peran perempuan pedagang yang ada di Pasar Warungpring dalam upaya mewujudkan keluarga sejahtera menurut perspektif ekonomi Islam.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan hasil data deskriptif dan adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field Research). Teknik pengumpulan data pada penelitan ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Untuk keabsahan data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perempuan pedagang di Pasar Warungrpring memiliki peran dalam mewujudkan keluarga sejahtera, hal tersebut dilihat dari data di lapangan menunjukan adanya peningkatan kesejahteraan keluarga antara keadaan sebelum dengan sesudah mereka berdagang.
Kata kunci: Peran Perempuan, Kesejahteraan
DAFTAR PUSTAKA :
Abidin Basri, I. (2005). Islam Dan Pembanguan Ekonomi. Gema Insani Press.
A.K Muda, A. (2006). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Cetakan Ke-1. Reality Publisher.
Amirudin, & Asikin, Z. (2015). Pengantar Metode Penelitian Hukum. Literasi Media Publishing.
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
Aryani, B. (2017). Peran Perempuan Dalam Membantu Ekonomi Keluarga di Desa Tanjung Setia Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Selatan. Institut Agama Islam Negri Raden Intan Lampung.
Ashyraf Dawabah, M. (2009). Muslimah Karier. Kelompok Mas Buana Pustaka.
Asy-Syatibi. (2000). Al-Muwafaqat fi Ushul al-Syari’ah. MusthafaMuhammad, t.th.
Bethran dkk, Y. H. (2011). Peranan Perempuan Dalam Perekonomian Keluarga Dengan Memanfaatkan Sumberdaya Pertanian. AGRISEP, 10 NO.1.
BKKBN. (2021). Materi Btasan Dan Pengertian MDK. https://aplikasi.bkkbn.go.id/mdk/BatasanMDK.aspx:https://splikasi.bkkbn.go.id
Candraningrum, D. (2014). Seperwoman Syndrome dan Devaluasi Usia: Perempuan Dalam Karier dan Rumah Tangga. 18(Perempuan), 14.
Chapra, M. U. (2000). Islam Dan Pembangunan Ekonomi. Gema Insani Press.
Danik Fujianti, D. (2017). Perempuan Pedagang Dan Pasar Tradisional. MUWAZAH, 9 No 2(Jurnal Kajian Gender).
Diana Vida, H. (2012). Peran Perempuan Dalam Pembangunan Kesejahteraan Keluarga. Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Untira, 49–54.
Fahrudin, A. (2012). Pengantar Kesejahteraan Sosial. Refika Aditama.
Fina. (2021, October 12). Peran Perempuan Pedagang di Pasar Warungpring [Personal communication].
Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Salemba Humanika.
Hubeis, A. V. S. (2010). Pemberdayaan Perempuan dari Masa ke Masa. IPB Press.
Humm, M. (2002). Ensiklopedia Feminisme. Fajar Pustaka.
Inayah. (2021, October 9). Peran Perempuan Pedagang di Pasar Warungpring [Personal communication].
Indah Ahdiah. (2013). Peran-peran Perempuan Dalam Masyarakat. Academia Fisip Untad, 05 No.02.
Janah, M. (2021, October 9). Peran Perempuan Pedagang di Pasar Warungpring [Personal communication].
Kamus besar bahasa indonesia. (1990). balai pustaka.
Khoiruroh, siti. (2021, October 9). Peran Perempuan Pedagang di Pasar Warungpring [Personal communication].
Lalapua, F. (2019). Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Rumah Tangga (Studi Kasus Kelompok Nunilai Negri Hutumuri). Jurnal Agribisnis Kepulauan, 7 No.1.
Lutfiyah. (2021, October 12). Peran Perempuan Pedagang di Pasar Warungpring [Personal communication].
M Rofiq. (2021, October 9). Wawancara Pribadi dengan Pihak Pengelola Pasar Warungpring [Personal communication].
Mahmud, M. dkk. (2013). Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga. Akademia Permata.
Manisah. (2021, October 12). Peran Perempuan Pedagang di Pasar Warungpring [Personal communication].
Manneke, B. (2013). Bapak Rumah Tangga :Menciptakan Kesetaraan atau Membangun Mitos Baru? Jurnal Perempuan, 18 No.1, 72–92.
Moh Nadzir. (1988). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Muthahari, M. (1995). Hak-hak Wanita Dalam Islam. Lentera.
Nafisah. (2021, October 12). Peran Perempuan Pedagang di Pasar Warungpring [Personal communication].
Pemkot yogyakarta. (2009).
Peraturan Bupati Nomor 74 2018. (n.d.). Jdih.Pemalang.Go.Id. Jdih.Pemalang.go.id
Purhantara, W. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis (1 Cetakan ke-1). Graha Ilmu.
Putri Mayasari. (2019). Peran Pedagang Wanita Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga. Institut Agama Islam Metro.
Ramadhan, D. (2016). Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga Melalui Usaha Kerajinan Tangan Khas Lampung Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Institut Agama Islam Negri Raden Intan Lampung.
Rivai, V., & Buchari, A. (2009). Islamic (Ekonomi Syariah Bukan Opsi Tetapi Pilihan. Bumi Aksara.
Rosyidah, M., & Fijra, R. (2021). Metode Penelitian. CV BUDI UTAMA.
Rumidati. (2021, October 20). Peran Perempuan Pedagang di Pasar Warungpring [Personal communication].
Sandi Siyoto, & Muhammad Ali Sodik. (2018). Dasar Metodologi Penelitian. Gramedia.
Scott, J. (2011). Sosiologi: The Key Concept. Rajawali Pers.
Shihab, M. Q. (2000). Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Lentera Hati.
Sodiq, A. (2015). Konsep Kesejahteraan Dalam Islam. EQUILIBRIUM, 3 No. 2.
Subhan, Z. (2002). Qodrat Perempuan Taqdir Atau Mitos. Pustaka Pesantren.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. ALFABETA.
Supriyono, B. (2019). Peran Perempuan Dalam Keluarga Menurut Hukum Keluarga Islam (Studi Perempuan Pedagang di Pasar Tejo Agung Kecamatan Metro Timur Kota Metro) (Metro).
Susanti, U. (2021, October 9). Peran Perempuan Pedagang di Pasar Warungpring [Personal communication].
Torikhah. (2021, October 9). Peran Perempuan Pedagang di Pasar Warungpring [Personal communication].
Tuwu, D. (2018). Peran Pekerja Perempuan dalam Memenuhi Ekonomi Keluarga: Dari Peran Domestik Menuju Sektor Publik). Al-Izzah Hasil-Hasil Penelitian, 13 No.1, 66.
Yunia, F., & Riyadi, A. K. (2011). Prinsip Dasar Ekonomi Islam Perspektif Maqashid Al-Syariah. Kencana.
Yusanto, M. I., & Yunus, M. A. (2011). Pengantar Ekonomi Islam (Cetakan ke-2). Al-Azhar Press.
23SK2341094.00 | SK EKOS 23.094 PUT p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain