SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Layanan, Lokasi Usaha Dan Penerapan Protokol Kesehatan Terhadap Kepuasan Konsumen di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus tentang Pelayanan Berbasis Nilai-Nilai Syariah Pada Grosir Kelontong Wawan Sragi Pekalongan)
Kepuasan konsumen menjadi salah satu faktor penting bagi semua jenis usaha. Banyaknya usaha yang bermunculan mengakibatkan peningkatan jumlah usaha yang bersifat sejenis sehingga menyebabkan persaingan menjadi semakin ketat. Dalam memenangkan persaingan tersebut, pelaku usaha harus mampu memahami kebutuhan dan keinginan konsumennya agar dapat memberikan masukan penting bagi pelaku usaha untuk merancang strategi pemasaran agar dapat menciptakan kepuasan bagi konsumennya dan dapat bertahan dalam bersaing di pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, lokasi usaha dan penerapan protokol kesehatan terhadap kepuasan konsumen di masa pandemi Covid-19 pada Grosir Kelontong Wawan Sragi Pekalongan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode sampling insidental. Penelitian ini menggunakan analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di masa pandemi Covid-19, sedangkan lokasi usaha dan penerapan protokol kesehatan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di masa pandemi Covid-19. Hasil uji SPSS secara simultan kualitas layanan, lokasi usaha dan penerapan protokol kesehatan secara bersama- sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di masa pandemi Covid-19 pada Grosir Kelontong Wawan Sragi Pekalongan.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Lokasi Usaha, Penerapan Protokol Kesehatan dan Kepuasan Konsumen
DAFTAR PUSTAKA :
Agama, D. (2006). Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemah Bahasa Indonesia: Juz 1-30. Menara Kudus.
Andriyana, A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Citra Perusahaan (Studi Kasus di PO. Gapuraning Rahayu Kab. Ciamis). universitas Siliwangi.
Barata, A. A. (2003). Dasar-dasar Pelayanan Prima: Persiapan Membangun Budaya Pelayanan Prima untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Elex Media Komputindo.
https://www.google.co.id/books/edition/Dasar_dasar_pelayanan_prima/0wfQnzlfnwMC?hl=id&gbpv=1&dq=dasar-dasar+pelayanan+prima&printsec=frontcover
Chikmiah, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Ritel Syariah 212 Mart (Studi Kasus Pada 212 Mart Pondok Jati Sidoarjo).
Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Desrianto, & Afridola, S. (2020). Pengaruh Lokasi dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Coffe Town Bakery di Kota Batam. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 2020–2033.
Diza, F., Moniharapon, S., & Ogi, I. W. . (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada PT. FIFGROUP Cabang Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 109–119. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v4i1.11568
Djazari, M., Rahmawati, D., & Nugraha, M. A. (2013). Pengaruh Sikap Menghindari Risiko Sharing Dan Knowledge Self-Efficacy Terhadap Informal Knowledge Sharing Pada Mahasiswa Fise Uny. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(2), 181–209. https://doi.org/10.21831/nominal.v2i2.1671
Efnita, T. (2017). Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Wedding Organizer. Jurnal AdBispreneur, 2(2), 107–115.
https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v2i2.13162
Ekoningtyas, E. A., Nugraheni, H., & Benyamin, B. (2020). The Effect of Community Facilitation and Empowerment on the Implementantation of Health Protocol and Night Toot Brushing During the Pandemic (Online Monitoring System). Jurnal Kesehatan Gigi, 7(2), 141–146. https://doi.org/https://doi.org/10.31983/jkg.v7i2.6551
Elisiah, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Berbelanja Pada Swalayan 88 Padangsidimpuan. IAIN Padangsidimpuan.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 (5th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Iriyanti, E., Qomariyah, N., & Suharto, A. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening pada Depot Mie Pangsit Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 2(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/jmbi.v2i1.1211
Izzuddin, A., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk , Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. 6(1), 72–78. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/jmbi.v6i1.3536
Jacklin, M. P. R., Mandey, S., & Tampenawas, J. (2019). Pengaruh Bauran Pemasraan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Matahari Departemen Store Mega Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 431–440.
Jaya, F. P., & R, G. S. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen melalui Variabel Intervening Kepuasan Konsumen pada Warung Kelontong di Kecamatan Banjarmasin Timur. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 25–34. https://doi.org/10.7868/s0026898417020173
Jumiati. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Labelisasi Harga Terhadap Tingkat Kepercayaan Konsumen (Studi Kasus di Alfa Midi Bau Massepe Parepare). STAIN Parepare.
Juwita, M. (2016). Pengaruh Beban Pajak Kini dan Non Debt Tax Shield Terhadap Struktur Modal (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2015). Universitas Pasundan Bandung.
Juwono, O. (2009). Tingkat Kepuasan Pelanggan dari Kualitas Jasa Layanan. Jurnal The Winners, 10(2), 109–115. https://doi.org/https://doi.org/10.21512/tw.v10i2.705
Karmila. (2020). Pengaruh Lokasi Usaha Terhadap Penjualan Ditinjau Dalam Ekonomi Islam (Studi Survey Pada Warung di Kelurahan Harapan Tani Kecamatan Kempas). STAI Auliaurrasyidin Tembilahan.
Kasim, S. I. A., Awalyah, M., & Nurkhalifa, N. (2021). Pengaruh Persuasi Protokol Kesehatan Terhadap Perubahan Perilaku Mahasiswa Hasanuddin di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurnal ABDI: Sosial Budaya Dan Sains, 3(1).
Kertajaya, H., & Sula, M. S. (2006). Syariah Marketing. Mizan Pustaka. https://www.google.co.id/books/edition/Syariah_Marketing/zo9N4Z64TywC?hl=id&gbpv=0
Khairi, N. W. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Kelengkapan Produk, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Koperasi pegawai Republik Indonesia OMI Swalayan. UIN Sumatera Utara Medan.
Khakim, L. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan,Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di UD. Sukron Tulungagung). IAIN Tulungagung.
Kresna, A., & Ahyar, J. (2020). Pengaruh Physical Distancing dan Social Distancing Terhadap Kesehatan dalam Pendekatan Linguistik. Jurnal Syntax Transformation, 1(4), 14–19.
Latan, H., & Temalagi, S. (2013). Analisis Multivariate Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20.0. Alfabeta.
Nabila, Z. D., & Isroah. (2019). Pengaruh Kewajiban Moral Dan Lingkungan Sosial Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pengusaha. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 8(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/nominal.v8i1.24498
Nisa, K. R. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan PT. Kreasi Nostra Mandiri Pada Masa Pandemik Covid-19. UIN Syarif Hidayatullah.
Nur, Z. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Perdana Swalayan Medan (Studi Kasus Tentang Produk dan Pelayanan Berbasis Nilai-nilai Syariah). UIN Sumatera Utara Medan.
Prastuti, W. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Sembako Koperasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. In Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Pt Kereta Api Indonesia (Pt Kai) Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kereta Api Kelas Eksekutif Taksaka. STIE Widya Wieaha.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Deepublish Publisher. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=W2vXDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=info:seJVt4qXp64J:scholar.google.com/&ots=Zgol8QL5I0&sig=oxVvjs0Yxu-2UjqCk3NqXfiv3Pw&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Rusidah. (2020). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pedagang Sembako di Pasar Kamis Desa Sunga Junjangan Kecamatan Batang Tuaka. STAI Auliaurrasyidin
Tembilahan.
Sari, N., & Setiyowati, S. (2017). Pengaruh Keragaman Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di PB Swalayan Metro. Jurnal Manajemen Magister, 03(02), 186–199.
http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/17923/NASKAH PUBLIKASI.pdf?sequence=12&isAllowed=y
Setiawan, J. (2018). Pengaruh Pelayanan MM Mart (Mitra Muslim) Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi di MM-Mart Kelurahan Cipocok KEcamatan Serang, Jalan Ciwaru). UIN Sultan Hasanuddin Banten.
Siti Nurfatimah. (2021). Analisis Dampak Covid-19, Penerapan Protokol Kesehatan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Jasa Kir Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Purbalingga.
Universitas Maritim Amni Semarang.
Sofyan, C., Sepang, J. L., & Loindong, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Wht’S Up Café Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi,
Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 4230–4240. https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.25040
Sriwardiningsih, E. (2013). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Pengguna Website Kampus. Binus Business Review, 4(1), 423–434. https://doi.org/10.21512/bbr.v4i1.1408
Subagyo, P., & Djarwanto. (2011). Statistik Induktif (5th ed.). BPFE-Yogyakarta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.)). Alfabeta.
Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi. Andi Offset.
Sumampouw, O. J. (2020). Pelaksanaan Protokol Kesehatan Corona Virus Disease 2019 Oleh Masyarakat di Kabupaten Minahasa Tenggara. Journal of Public Health, 1(2), 80–86.
Syahputra, A., Armayani, R. R., & Syahmalludin, L. S. (2020). Pengaruh Covid-19 Terhadap Aktivitas Sosial dan Ekonomi Masyarakat Lhokseumawe. Etnoreflika: Jurnal Sosial Dan Budaya, 9(3).
https://doi.org/https://doi.org/10.33772/etnoreflika.v9i3.898 ISSN:
Ulumiyyah, L. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Promosi, Lokasi, Harga, dan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen KAOSAN Kaos Santri Nusantara). IAIN Salatiga.
Wikumala, A. P. (2021). Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Lingkungan fisik, dan Protokol Kesehatan Covid-19 Terhadap Kepuasan Pelanggan di KFC St Mark Lippo Village Selama Masa Pandemi.
Windari, I. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Usaha Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Smart Ganesha Pekanbaru. JOM FISIP, 6(2).
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenadamedia Group.
23SK2341092.00 | SK EKOS 23.092 DIT p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain