SKRIPSI EKOS
Analisis Perilaku Karyawan Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Islam Pada Toko Nafasa Medono Kota Pekalongan
Manajemen sumber daya manusia memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah organisasi maupun perusahaan yang berguna untuk mengaturn orang yang ada didalamnya agar bisa mencapai tujuan yang telah direncanakan. Perkembangan zaman yang semakin maju juga menjadikan perekonomian yang semakin maju dan berkembang pula dengan kemunculan Ekonomi Islam. seorang muslim wajib untuk mengimplementasikan ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam menjalakan manajemen berbisnisnya. Manajemen yang diterapkan oleh seorang muslim mencakup pengelolaan SDM yang dipadukan dengan ajaran-ajaran Islam pada kesehariannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku karyawan dalam perspektif manajemen sumber daya manusia Islam mengetahui konsep manajemen Islam yang diterapkan untuk menganalisis perilaku karyawan dalam meningkatkan kualitas pelayanan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian yaitu (Field Research). Sumber data pada penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu teknik triangulasi sumber data dan teknik triangulasi metode. Metode analisis data yang digunakan pada peneilitian ini menggunakan model Miles & Huberman yang terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen sumber daya manusia yang digunakan di toko Nafasa Medono merupakan manajemen sumber daya manusia yang sesuai dengan Islam yang meliputi proses rekrutmen (harus beragama Islam), seleksi (mengikuti tes wawancara), pelatihan dan pengembangan (pelatihan mengenai pekerjaan, pengembangan potensi dan pemberian motivasi bersifat religius), penilaian kerja (menilai hasil pekerjaan dan perilaku), kompensasi benefit (pemberian bonus tambahan) dan diterpakna pada analisis perilaku karyawan meliputi hubungan sosial yang terjalin dengan baik, tidak terlalu membutuhkan keahlian kejuruan, motivasi kerja dan percaya diri yang tinggi. Sehingga diharapkan akan memberikan respon positif pada kualitas pelayanan toko Nafasa oleh konsumen yang dinilai melalui wujud fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati.
Kata Kunci: MSDI, Perilaku Karyawan, Kualitas Pelayanan
DAFTAR PUSTAKA :
Abdullah, M. (2012). Manajemen Berbasis Syariah. Aswaja Pressindo.
Abdullah, M. (2014). Manajemen dan evaluasi kinerja karyawan. Aswaja Pressindo.
Agusta, A. P. (2021). Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia Islami Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt. Rama Manggala Gas Dan Bengkel Mayangkara Group Blitar. Skripsi, IAIN Tulungagung
Agustina, W. (2018). Analisis strategi promosi dan pelayanan pariwisata guna meningkatkan jumlah pengunjung dipantai sari ringgung pesawaran dalam perspektif etika bisnis islam. Skripsi, UIN Raden Intan Lampung.
Aini. (2022). Karyawan Toko Nafasa Medono.
Asih, S. (2022). Kepala Toko nafasa Medono.
Barata, A. A. (2003). Dasar-dasar pelayanan prima. Elex Media Komputindo.
Chusna, N. (2017). Analisis penerapan manajemen sumber daya Islami dalam pengelolaan tenaga kerja: studi kasus pada sentra industri tas Kendal. Skripsi, UIN Walisongo.
Dinda. (2022). Konsumen Toko Nafasa Medono.
Endang. (2022). Konsumen Toko Nafasa Medono.
Erni. (2022). Konsumen Toko Nafasa Medono.
Fahmi, A., Siswanto, A., & Farid, M. F. (2021). HRD Syariah: Teori dan Implementasi. Gramedia Pusataka Utama.
Fathoni, A. (2006). Organisasi dan manajemen sumber daya manusia. PT. Rineka Cipta.
Habsari, S. U. H. (2015). Fashion Hijab Dalam Kajian Budaya Populer. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 2(2), 126–134.
Hafidhuddin, D. (2003). Manajemen syariah dalam praktik. Gema Insani.
Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.
Harmonika, S. (2017). Hadits-Hadits tentang Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–14.
Husna, N. A. (2018). Analisis Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Syariah Di Kampung Coklat Blitar. Skripsi, IAIN Tulungagung
Indiastuti, I. (2015). Analisis penerapan manajemen sumber daya manusia berbasis syari’ah (studi pada perusahaan Tahu Baxo Ibu Pudji di Ungaran). Skripsi, UIN Walisongo.
Iswadi, U. (2020). Pengaruh Perilaku Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Di Hotel Sari Kuring Indah Kota Cilegon Tahun 2019. Khazanah Ilmu Berazam.
Kaihatu, T. S. (2008). Analisa kesenjangan kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen pengunjung Plaza Tunjungan Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 10(1), 66–83.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1.
Kurniawan, D. (2019). Analisis kualitas produk Tabungan Faedah dan kualitas Pelayanan dalam perspektif Islam terhadap kepuasan Nasabah Bri Syari’ah Kantor Cabang Mojokerto. Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Lawasi, E. S., & Triatmanto, B. (2017). Pengaruh komunikasi, motivasi dan kerjasama tim terhadap peningkatan kinerja karyawan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (JMDK), 5(1), 47–57.
MARYULIN, E. K. A. (2018). Implementasi Manajemen Syariah Produk Jasa Investasi Reksadana Syariah Dan Sukuk Negara Ritel Di Bank Syariah Mandiri Tulungagung. Skripsi, IAIN Tulungagung.
Maulana, T. (2013). Analisa Perilaku Kerja Karyawan Di De Boliva Surabaya Town Square. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 1(2), 563–577.
Meisaroh. (2022). Konsumen Toko Nafasa Medono.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.
Mudrika, S. (2016). Implementasi Manajemen Syariah Pada Tata Kelola Hotel Grand Kalimas Syariah Surabaya. Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Nafis, A. (2019). Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia Islami Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Aksi Cepat Tanggap Yogyakarta Implementation Of Islamic Human Resource
Management On The Employee’s Work Performance In The ACT (Aksi Cepat Tanggap) Yogyakarta. Skripsi, Universitas Islam Indonesia.
Ninis. (2022). Karyawan Toko Nafasa Medono.
Norvadewi, N. (2018). Manajemen sumber daya insani dalam perspektif ekonomi islam: tinjauan manajemen SDM dalam bisnis islami. Prosiding SNMEB (Seminar Nasional Manajemen Dan Ekonomi Bisnis).
Novi Wardatul, H. (2020). Penerapan Manajemen Islami dalam Pengelolaan SDM pada Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan. IAIN Madura.
Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.
Oktina, L., & MAS’UD, F. (2012). Praktik Penerapan Manajemen Berbasis Islam Pada Perusahaan (Studi Pada PT Toha Putra Semarang. Skripsi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Pahlawanti, Y. N. (2015). Analisis Manajemen Islami Dalam Keberlangsungan Bisnis Wirausaha Muslimah Etnis Arab Di Sentra Wisata Religi Ampel Surabaya. Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Panjaitan, E., Dewi, R., & Angelia, N. (2019). Peranan Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi kepada Masyarakat. PERSPEKTIF, 8(1), 32–38.
Rafidah, R. (2014). Kualitas Pelayanan Islami pada Perbankan Syariah. Nalar Fiqh: Forum Kajian Hukum Keluarga, 10(2), 113–126.
Rivai, V. (2009). Ella jauvani sagala. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Bandung: PT Raja Gafindo Persada. Jakarta.
Robbins, S. P. (2002). Prinsip-prinsip perilaku organisasi.
Rusby, Z. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Rajawali Pers.
Samsuni, S. (2017). Manajemen sumber daya manusia. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(1), 113–124.
Sinn, A. I. A. (2008). Manajemen Syariah. Sebuah Kajiaan Historis Dan Kontemporer.
Siswanto, H. B. (2005). Pengantar Manajemen, Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.
Siyoto, S., D., & Sodik., M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian Dr. Sandu Siyoto, SKM, M.Kes M. Ali Sodik, M.A. 1. Dasar Metodologi Penelitian.
Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sule, E. T., & Hasanudin, M. (2016). Manajemen bisnis syariah. Bandung: PT Refika Aditama.
Supranto, J. (2006). Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan untuk menaikkan pangsa pasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Walidin, W., & Idris, S. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press.
Yusanto, M. I. (2002). Menggagas Bisnis Islami. Gema Insani.
Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.
Zainul Arifin, M. B. A. (2012). Dasar-dasar manajemen bank syariah. Pustaka Alvabet.
23SK2341089.00 | SK EKOS 23.089 ISM a | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain