SKRIPSI EKOS
Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Etika Bisnis Islam Terhadap Tingkat Penjualan (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Salsa Desa Ujungnegoro, Batang)
Tingkat penjualan merupakan puncak sebuah hasil transaksi dari kegiatan marketing atau biasa disebut juga pemasaran yang dilaksanakan oleh sebuah perusahaan dalam menjual produk maupun jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Berbagai strategi dilakukan oleh para penjual agar dapat memenuhi tingkat penjualan yang diharapkan. beberapa faktor yang dapat menyebabkan meningkatnya tingkat penjualan yaitu seperti Harga, Lokasi, dan Etika Bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah harga, Lokasi, dan Etika Bisnis Islam dapat mempengaruhi tingkat penjualan di toko Salsa Desa Ujungnegoro Kabupaten Batang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen Toko Salsa untuk memperoleh data mentah. Jumlah sample yaitu sebanyak 82 responden. Teknik pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan metode Nonprobability Sampling yaitu Convenience Sampling, yang selanjutnya data mentah diolah menggunakan SPSS 21. Hasil dari penelitian ini yaitu pada varibel harga dan etika bisnis islam tidak berpengaruh terhadap tingkat penjualan, sedangkan pada variabel lokasi terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap tingkat penjualan.
Kata Kunci: Harga, Lokasi, Etika Bisnis Islam, Tingkat Penjualan.
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: AswajaPressido.
Agustin, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol.
5 Nomor 7 , 4.
Ahsyar, T. K., Syaifullah, S., & Ardiansyah, A. (2020). E-Marketplace Media Pengembangan Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dinas Koperasi Umkm Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 6(1), 43. https://doi.org/10.24014/rmsi.v6i1.8768
Alma, B. (2003). Dasar-Dasar Etika Bisnis Islam. Bandung: CV Alfabeta.
Amstrong, P. K. (1998). Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 2 Edisi Bhs. Indonesia dari Principle Of Marketing . Jakarta: PT. Prehalindo.
Anindya, D. A. (2017). Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Keuntungan Usaha Pada Wirausaha di Desa Delitua Kecamatan Delitua . Jurnal Ekonomi Islam , 2 (2), 389-412.
Anoraga, P. (2009). Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.
Arisa, N., (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Rahmat Batik Lampung, Bandar Lampung). Skripsi, Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Raden Intan. Lampung.
Azzahroh, M. Z. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3 (1), 26-38.
Barus, E. E. (2016). Implementasi Etika Bisnis Islam. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussam, Vol. 2, No. 2, 130.
Batubara, A., & Hidayat, R. (2016). Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines. Jurnal Ilman, 4(1), 33–46.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS .Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Hamidah, H., Radiansah, D., & Ramadhia, M. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Tingkat Penjualan Produk Minuman Aloevera Sp. di Kota Pontianak (Studi Kasus pada IKM I Sun Vera). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 5(1), 226–234.
https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.01.21
Hendryadi, S. d. (2015). Metode Riset Kuantitatif: Teori Dan Aplikasi Pada PenelitianBidang Manajemen Dan Ekonomi Islam . Jakarta: Prenadamedia Group.
Illavi, M. R. (2016). Pengaruh Harga, Promosi, Kemasan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Penjualan (Studi Pada Konsumen Ud. Bambu Murni Magetan Jawa Timur). Skripsi, Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah. Surakarta.
Karmila, (2020). Pengaruh Lokasi Usaha Terhadap Penjualan Ditinjau Dalam Ekonomi Islam (Studi Survey Pada Warung Di Kelurahan Harapan Tani Kecamatan Kempas). Skripsi, Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Slam (Stai) Auliaurrasyidin-Tembilahan.
Ketut Suardika, I., & Sari Dewi, M. (2021). The Impact of Brand, Product Quality and Price on Sales Volume of Samana Mart Stores. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 256–261. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJSSB/index
Khoirotun Nisa, H. (2019). Pengaruh Etika Bisnis Islam Pedagang Pakaian Terhadap Tingkat Penjualan Di Pasar Legi Citra Niaga Jombang. Skripsi, Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Surabaya.
Koni, W. (2015). Etika Bisnis Islam Dan Solusi Islam Dalam Krisis Ekonomi Global. Jurnal Al-Buhuts, Vol. 11, No. 1, 74.
Kusmayati, N. K., & Aldieniyah, Z. (2020). The Effect of Product Quality and Price on Sales in “Sapardi” Bakso in Gayungan Jemur. Review of Management and Entrepreneurship, (04) 2, 167-178.
Kuswati, A. P. (2020). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi ADD, Kebijakan Desa, dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, IX(2), 1-22.
Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran; Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lie, F. B., Lumanauw, B., & Raintung, M. C. (2021). Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran (4p) Terhadap Tingkat Penjualan Motor Yamaha Pada Pt. Hasjrat Abadi Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Kotamobagu. In Jurnal EMBA (Vol.9, Issue 4), 1239-1248.
Ma'ruf, H. (2006). Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Malik, Cornelia Dumarya. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan (Studi Kasus Pada Perumahan Serpong Garden). Jurnal Ilmiah, (3) 1,
Mudrajat. (2007). Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis Dan Ekonomi (3 ed.). (D. Achmadi, Ed.) Yogyakarta, Jawa Tengah, Indonesia: Unit Penerbit Dan Percetakan (UPP)STIM YKPN.
Muhid, A. (2019). Analisis Statistik 5 Langkah Praktis Analisis Statistik dengan SPSS For Windows. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Nasution, Y. I. (2019). Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Kesejahteraan Pedagang (Studi Kasus Pedagang Pusat Pasar Medan). AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 4(1), 185. https://doi.org/10.30821/ajei.v4i1.4092
Neisia, C. T., Kalangi, J. A. F., Walangitan, O. (2018). Pengaruh Harga Terhadap Penjualan Produk Motor Yamaha Mio Pada PT. Hasjrat Abadi Outlet Karombasan Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (Vol. 6, Issue 3).
Nugraha, Made Agung., Nyoman Yulianthini, N., Putu Agus Jana Susila, G. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi Terhadap Penjualan. In Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen (Vol. 9), 139-144.
Nuryadin, M. B. (2007). Harga Dalam Perspektif Islam. Jurnal Mazahib, 4 (1),90.
Puryanda, A., Agung Wibowo, A., Parlaungan Nasution, A. Pengaruh Lokasi Usaha Dan Segmentasi Pasar Terhadap Tingkat Penjualan Pada Perusahaan Oleh-Oleh Khas Batam, Nay@dam. 1-36.
Purnomo, R. A (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Ponorogo: UNMUH Ponorogo Press.
Prasetio, G,. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Honda Supra X 125 Pada PT. HOHO Pangkalan Kerinci. Skripi, Manajemen Pemasaran Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. Riau.
Rachmawati, R. (2011). Peranan Bauran (Marketing Mix pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Study Bisnis Restoran. Jurnal Kompetensi Tekhnik Vol.2, 148.
Rafikhein, N. A, dan Athiy, D. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Penjualan di UD Beski Jaya. Manajemen Kewirausahaan JMK, 3(3), 155–165. https://doi.org/10.32503/jmk.v3i3.364
Resti Riana, I., dan Nafiati, L. (2021). Pengaruh Persepsi Etika Bisnis Islam, Persepsi Kualitas Produk Dan Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Penjualan Umkm Kota Yogyakarta. Jurnal REKSA, (8) 1, 59-66.
Rico, W.,(2016). Analisis Pengaruh Bauran Promosi (ADVERTISING) Dan Harga Terhadap Tingkat Penjualan Produk DAMN! I LOVE INDONESIA. Jurnal Program Studi Desain Komunikasi Visual, (1) 2, 30-39.
Rossiana, L. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Jurnal Kompetensi teknik, (2) 2, 143-150.
Sampurno, W. M. (2016). Penerapan Etika Bisnis Islam dan Dampaknya dalam Kemajuan Bisnis Industri Rumah Tangga. Jurnal Of Islamic Ekonomics Lariba, Vol. 2, 13-18.
Sidiq, Feni Mariana (2018). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Pada Klinik Natasha Skin Center Enggal Bandar Lampung). Skripsi, Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Negeri Raden Intan. Lampung.
Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Supardi, H,. dan Butarbutar, H,. (2018). Analisis Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT. Bingei Agung Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 17-22.
Syahbudin, P. A. (2017). Konsep Marketing Mix. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Vol.5, No.1, 71-94.
Tinungki, Deysy Deyby, Johny R. E. Tampi, dan Aneke Y. Punuindoong. (2018).
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Motor Yamaha Mio M3 Pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Tumpaan. Jurnal Administrasi Bisnis, (6) 3, 9-17
Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran . yogyakarta: andi offset.
Tjiptono, F. (2010). Strategi Pemasaran Jilid Ketiga. Yogyakarta: Andi Offset.
Wahyuningrum, S. (2020). Pengaruh Etika Bisnis Islam, Lingkungan Fisik Dan Responsiveness Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Moderating (Studi di BRI Syariah KC Semarang).
Yusfin, A. M. A., Abduh, T., & Abubakar, H. (2021). The Influence of Marketing Mix on the Increase in Electric Power Sales at PT PLN (Persero) Pinrang Service Implementation Unit. In Idn. J. of Business and Management (Vol. 3, Issue 2). https://postgraduate.universitasbosowa.ac.id/index.php/jbm
Zakiah, S. (2018). Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan BMT di Kota Bogor dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah. Skripsi Program Studi Konsentrasi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis , 33.
23SK2341086.00 | SK EKOS 23.086 WID p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain