SKRIPSI EKOS
Pengaruh Harga, Keberagaman Produk, Kualitas Pasar, Dan Lokasi Terhadap Preferensi Konsumen Muslim Generasi Z Dalam Berbelanja di Pasar Tradisional Comal
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, keberagaman produk, kualitas pasar, dan lokasi baik secara parsial maupun simultan terhadap preferensi konsumen muslim generasi Z dalam berbelanja di Pasar Tradisional Comal.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian explanatory research, dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan Method of Successive Interval (MSI) dan SPSS versi 25. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow dengan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan berdasarkan pertimbangan tertentu yang dianggap cocok dengan karakteristik sampel yang akan ditentukan dan dijadikan sampel dan diperoleh 100 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga, keberagaman produk, dan lokasi berpengaruh secara parsial terhadap preferensi konsumen muslim generasi Z di Pasar Tradisional Comal, sedangkan variabel kualitas pasar tidak berpengaruh secara parsial terhadap preferensi. Secara simultan menunjukkan bahwa variabel harga, keberagaman produk, kualitas pasar, dan lokasi berpengaruh serempak terhadap preferensi konsumen muslim generasi Z di Pasar Tradisional Comal.
Kata Kunci: Harga, Keberagaman Produk,Kkualitas Pasar, Lokasi, dan Preferensi
DAFTAR PUSTAKA
Aliyah, Istijabatul. (2017). Pemahaman Konseptual Pasar Tradisional di Perkotaan. Jurnal Cakra Wisata, 18(2). 1-16
Amalia, A. C., & Sagita, G. (2019). Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surabaya. JURNAL SOSIAL : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(2), 51–59. https://doi.org/10.33319/sos.v20i2.42
Azizah, L. N. (2020). Pengaruh Lokasi, Harga, Dan Keberagaman Produk Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Kiringan. Media Mahardhika, 19(1), 102–107. https://doi.org/10.29062/mahardika.v19i1.201
BPS. (2021, Januari 01). Retrieved from ttps://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus- penduduk-2020.html
BPS. (2021, Februari 2). Retrieved from https://www.bps.go.id/publication/2021/02/02/2b7209a53e4e23e376186707/direktori-pasar-dan-pusat-perdagangan-2020-buku-i--pulau-sumatera--kalimantan--sulawesi--dan-papua.html
Budi, Harsanto. (2013). Dasar Ilmu Manajemen Operasi. Bandung: UNPAD Press.
Darma, Eky, V. (2019). Pengaruh Pasar Tradisional Terhadap Perkembangan Pendapatan Asli Daerah Di Pulau Samosir Danau Toba: Riset Akuntansi Keuangan, 4(2), 50–60.
Departemen Agama RI. (2009). Al-Qur'an Dan Terjemahannya. Jakarta: PT Sygma Examedia Arkanleema.
Dewi, Anggriani. (2018). faktor-Faktor Yang Memengaruhi Preferensi Nasabah Terhadap Bank Syariah Di Kota Palopo: Jurnal Akunttansi Audit Internal, Universitas Muhammadiyah Palopo. 04(2), 1-12.
Fatra, M. (2018). Analisis Preferensi Konsumen Berbelanja Di Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Di Kota Makassar. Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Fransisca, Debora. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Masyarakat Dalam Berbelanja Di Pasar Tradisional Di Kota Medan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Cet. Ke-5. Semarang: BP Undip.
Gunawan, Ce. (2020). Mahir Menguasai SPSS Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.
Hafiz, N, P, R. (2020). Faktor-Faktor Pembentuk Preferensi Konsumen Berbelanja Di Pasar Tradisional Kota Medan (Studi Kasus : Pasar Sukaramai, Pasar Simpang Limun Dan Pasar Sei Sikambing). Tesis. Universitas Sumatera Utara. Medan.
Handia, C, P. (2017). Pengaruh Lokasi Dan Citra Bank Terhadap Preferensi Masyarakat Bertransaksi Melalui Atm Bank Muamalat Di Minimarket Kota Surabaya. Skripsi.Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Surabaya.
Hilyatin, D. L. (2019). Preferensi Permodalan Pedagang Pasar Wage Purwokerto, Penguatan Destinasi Keuangan Dan Perbankan Syariah Vis a Vis Rentenir Di Pasar Tradisional. El-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 215–235. https://doi.org/10.24090/ej.v7i2.3453
Hamuda, Dris Dimasi. (2017). Pengaruh Lokasi, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Berbelanja Di Matahari Departemen Store Jaya Mall Semarang. Jurnal Of Social And Political Science. 1-10.
Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Irawati, Irma. (2019). Analisis Preferensi Konsumen Dalam Berbelanja Di Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Di Kota Makassar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alaudin. Makassar.
Iqbal, M., Nurdin, H., Bima, K., Cake, I., & Bakery, B. (2021). Analisis perbandingan kualitas produk dan harga pada konsumen bolly bakery dan ilo cake 12. 2(5), 186–192.
Jasmalinda. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yahama Di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2199–2206.
Juwita, N., & Hermawan. (2020). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Keberagaman Produk Terhadap Minat Beli Di Pasar Induk Wonosobo. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE). 2(1). 106-112.
Khanifatul, A, A. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Generasi Milenial Di Pasar Tradisional Sukodono. Skripsi.Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Surabaya.
Kotler, Philip, & Gerry, A. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Kedelapan Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Edisi KesebelasJjilid 1 dan 2 Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90–99. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i1.756
Lolowang, Isye R.A. 2019. Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Tipe Premium (Studi Pada Konsumen Kawanua Emerland City Airland Manado). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 7(1), 91-112.
Maghfiroh, M., Hidayati, N., & ABS, M. K. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Generasi Milenial Di Pasar Tradisional Dinoyo Malang (Studi Pada Mahasiswa S1 Unisma Angkatan 2017-2018). E – Jurnal Riset Manajemen, 10(8), 31–41.
Mansur, M. (2018). Preferensi konsumsi keluarga perspektif ekonomi Islam (Studi kasus di kelurahan Wates, Ngaliyan Kota Semarang). INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 11(2), 409–430. https://doi.org/10.18326/infsl3.v11i2.409-430
Mawarti, Linda., Sugiman,. Muhammad K. (2018). Perbandingan Uji Hasil Monte Carlo Dan Simulasi Bootstrap Dalam Analisis Saham Untuk Menghitung Nilai Var Data. UNNES Journal of Mathematics. 7(2). 252-261.
Miftah & Ambok, P et al. (2020). Budaya Muslim Jambi Dalam Perspekstif Kearifan Lokal. Malang: Ahlimedia Press.
Munawaroh. (2017). Analisis Perilaku Nasabah Dalam Pengambilan Keputasan Terhadap Produk Pembelian (Studi Pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Tanjung Karang). Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Ningsih, Setia., Dukalang, Hendra., (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval Pada Analisis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics. 1(1). 43-53.
Nugraha, Jefri Putri,et. al. (2021).Teori Perilaku Konsumen. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management
Pahlevi , R. (2021, November 11). Jumlah Gerai Minimarket Meningkat 39% pada 2020. Retrieved Desember 12, 2021, from databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/25/jumlah-gerai-minimarket-meningkat-39-pada-2020
Parakkasi, H., Idris & Kamiruddin. (2018). Analisis dan Harga Mekanisme Pasar dalam Perspektif Islam. Jurnal Laa Maysir. 5(1). 107-120.
Parengkuan, Stephanie,. Nina, N. (2021). Analisis Komparatif Preferensi Konsumen Dalam Berbelanja Online. Jurnal Ekonomi. 12(1). 192-202.
Pertiwi, Dewi. (2021). Pemasaran Jasa Pariwisata. Yogyakarta: CV Budi Utama
Polla, F.C., Lisbeth. M., Rita. N. T. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3068–3077. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21224
Rohimah, A. (2019). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 91. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.1931
Ruth, R, F, T. Joy, I, S. Joe, Y, M. (2021). Analisa Tingkat Kepuasan Kerja Driver Maxim Terhadap Sistem Layanan Maxim Dengan Pieces Framework. Cogito Smart Jurnal. 7(2). 339-348.
Saladin, Djaslim. (2008). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Bandung: Linda Karya.
Sari, E. V. (2017, Agustus 16). Ketika Pedagang Kecil Merasa Terjajah di Negeri Sendiri. Retrieved Desember 12, 2021, from cnnindonesia.com: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20170814022700-92-234458/ketika-pedagang-kecil-merasa-terjajah-di-negeri-sendiri/1
Sari, N., Setiyowati, S., Sari, N., Setiyowati, S., Ekonomi, F., Informatika, I., Bisnis, D., Pagar, J. A., No, A., & Indonesia, B. L. (2017). Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Pb Swalayan Metro. 03(02), 186–199.
Salim, A., & Nurdin, H. (2020). Lokasi, Kebergaman Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Raya Amahami (Kota Bima). Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 2(1), 132–140. https://doi.org/10.30812/target.v2i1.740
Setiadi, Nugroho, J. (2003). Perilaku Konsumen:Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta:Prenada Media Grup.
Setiadi, Nugroho, J. (2008). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Simamora, Bison. (2003). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Surabaya: Pustaka Utama
Sunyoto., Ahmadi, F., Ardiansari, A., Widhanarto. (2019). Kajian Preferensi UMKM dan IKM Kota Semarang Terhadap Perdagangan Online. Jurnal Riptek. 13(2). 169-176.
Swastha, Basu, & Irawan. (2001). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, Fandy. (2005). Service Management. Edisi kedua. Yogyakarta : Andi
Tjiptono, Fandy. (2009). Service Marketing: Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: Marknesis.
Tjiptono, Fandy, dan G. Chandra. (2016). Service Quality dan Statisfaction Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset.
Umar, Husein. (2003). Metode Riset Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Wahyudin. (2018). Pengaruh Persepsi Konsumen Mengenai Harga, Lokasi, Dan Kualitas Pasar Terhadap Minat Beli Konsumen Di Pasar Pon Purwokerto. Skripsi. Universitas Yogyakarta. Yogyakarta.
Widayat, W., & Purwanto, H. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Keberagaman Produk, Suasana Toko dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Pasar Tradisional Wonosobo). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 126.
Wikan, D, R. Maya, P. Lis, R, B. (2018). Pengaruh Produk, Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Preferensi Nasabah Atas Produk Simpanan Wadi’ah Di Bmt Alrahmah Ciamis. Jurnal Syari’ah Economics. 2(1). 13-22
Wirawan, Andi Andika., Herman, S,. Nurlaely, S. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Lamuna Coffe di Kabupaten Bone. Jurnal Organisasi dan Manajemen. 1(1). 15-26.
23SK2341083.00 | SK EKOS 23.083 VIT p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain