SKRIPSI EKOS
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid)
Jumlah angka lulusan Perguruan Tinggi setiap tahun bertambah tetapi lapangan pekerjaan yang tersedia semakin sedikit. Wirausaha merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi pengangguran. Berwirausaha dapat membuka lapangan pekerjaan baru yang bermanfaat untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia. Minat berwirausaha muncul karena didahului oleh suatu pengetahuan dan informasi mengenai kewirausahaan yang kemudian dilanjutkan pada keinginan untuk melakukan kegiatan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jiwa kewirausahaan, pendidikan kewirausahaan, dan motivasi terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner yang telah diuji valid dan reliabel dengan menggunakan sampel sebanyak 86 responden dengan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Secara parsial Jiwa kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. (2)Secara parsial Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. (3) Secara parsial Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. (4) Secara simultan Jiwa kewirausahaan, Pendidikan kewirausahaan, dan Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha.
Kata Kunci : Jiwa Kewirausahaan, Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi, dan Minat Berwirausaha.
DAFTAR PUSTAKA
Bima, B. (2019). Pengaruh cita rasa, harga dan promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen kopi janji jiwa bekasi timur skripsi.
DUWI, P. . (2010). Paham Analisa Data Statistik Dengan SPSS. Media Kom.
Fauzi, M. (2009). Analisis Multivariate Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20.0. Walisongo Press.
Gedalia, C. C., & Subagio, H. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Monopole Coffee Lab Surabaya). Jurnal Strategi Pemasaran, 3(1), 1–10.
H Kara, O. A. M. A. (2014). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.
Kristian, D., & Widayanti, R. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Mahasiswa Kampus 1 Universitas Kristen Krida Wacana. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 16(1), 97301.
Milano, A., Sutardjo, A., & Hadya, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Pengembalian Keputusan Pembelian Baju Batik Di Toko “Florensia. Jurnal Martua, VOL. 3 NO.(1), 17. https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/266.
Nggaur, D. A. (2018). Pengaruh Harga, Suasana Cafe, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderator. Journal of Administration Bussiness, 53(9), 1689–1699.
Nina Dwi Susianti, Ute Chairus M. Nasution, Ayun Maduwinarti, & Awin Mulyati. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsuen Kedai Kopi Janji JIwa Surabaya (Studi Kasus Pada Kedai Kopi Janji iwa Royal Plaza Surabaya).
Nugroho, S. (2008). Perilaku Konsumen (Konsep Dan Implikasi Untuk Strategi dan Pemasaran). Kencana.
Rachmawati, A., Kana, A. A., & Anggarini, Y. (2020). Pengaruh Harga , Kualitas Produk , dan Gaya Hidup Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Hijab di Nadiraa Hijab Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis STIM YKPN, 1(2), 187–200.
http://journal.stimykpn.ac.id/index.php/cb/article/view/191
Safrotun. (2020). Pengaruh Islamic branding, Personal Peling, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rabbani (Studi kasus konsumen Rabbani di Salatiga).
Sedán, P.-, غسان, د., Nasional, B. A. Z., Dana, L. P. L. D. A. N., Keuangaii, L., Beraktiir, Y., Relief, H., Hall, J. K., Weinberger, R., Marco, S., Steinitz, G., Moula, S., Accountants, R. P., Report, A. A. S., Accounting, F., Keuangan, L. P., Saldo, J., Bersih, D., Li, H., … Eddy, S. A. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 21, Issue 1).
https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034%0Ahttps://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/cjag.12228%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104773%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.04.011%0Ahttps://doi.o
Sinaga, A. R. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan KFC Metrocity Pekanbaru. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(9), 1689–1699.
Soebakir, B. D., Lumanauw, B., & Roring, F. (2018). Pengaruh Brand, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pelanggan Membeli di Kedai Kopi Gudang Imaji Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3843–3852.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Manajemen. ALFABETA.
Sugiyono. (2009). Statistik Untuk Penelitian (14th ed.). ALFABETA.
Sugiyono. (2017). Statistik Untuk Penelitian. ALFABETA.
Sujarweni, W. (2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi Dengan SPSS. Pustaka Baru Press.
Syofian, S. (2014). Statistic Parametric Untuk Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.
Telamagi, H. . (2013). Analisis Multivaroiate Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20.0. ALFABETA.
Triyadya, M. A., Sulaksonob, H., & Supeni, N. (2020). Jurnal Manajemen Bisnis dan Manajemen Informatika. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(5), 1–24.
23SK2341082.00 | SK EKOS 23.082 MAG a | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain