SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang
Pencapaian hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.
Kecerdasan merupakan salah satu faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa.
Menurut Gardner setiap orang memiliki jenis kecerdasan majemuk yang berbeda.
Dari berbagai macam kecerdasan, peneliti mengangkat dua kecerdasan yaitu
kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis karena dalam pelajaran
matematika, kita membutuhkan kemampuan dalam memahami bentuk-bentuk
geometris dan kemampuan untuk berlogika.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah, yakni: 1) Apakah
terdapat pengaruh kecerdasan visual spasial terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang? 2) Apakah terdapat
pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas
VIII MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang? 3) Apakah terdapat pengaruh
kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis secara bersama-sama
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim
Warungasem Batang?.
Jenis penelitan yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang yang berjumlah 101
siswa, terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah simple random sampling. Peneliti menggunakan rumus Slovin
untuk menentukan jumlah sampel. Dan terdapat jumlah sampel sebanyak 50 siswa.
Sedangkan untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan tes dan
dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode
analisis regresi linier berganda.
23SK2326025.00 | SK TM 23.025 IRM p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain