SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)Terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ulujami
Model pembelajaran kooperatif perlu diimplementasikan ke dalam
pembelajaran sebab model ini dapat mengoptimalkan penggunaan semua potensi
yang dimiliki oleh siswa. Salah satu tipe model kooperatif ialah tipe Student Teams
Achievement Divisions (STAD). Model STAD dapat membantu siswa menguasai
materi matematika yang dianggap sulit. Di samping itu, model pembelajaran STAD
dapat menjaga perhatian siswa pada proses pembelajaran sehingga semua siswa
dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai dengan karakteristik pribadi
yang dimiliki siswa.
Masalah dalam penelitian ini ialah hasil belajar matematika siswa yang
kurang maksimal dikarenakan model pembelajaran konvensional yang monoton
dan kurang mengikutsertakan siswa ke dalam proses pembelajaran. Tujuan
penelitian ini untuk menganalisis bagaimana hasil belajar matematika siswa setelah
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan setelah menerapkan
model pembelajaran konvensional.
Eksperimen berbentuk true experimental design dengan Posttest-Only
Control Group Design digunakan sebagai jenis penelitian dengan pendekatan
penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan Simple Random
Sampling dari populasi seluruh kelas VII SMP N 1 Ulujami. Instrumen yang
digunakan ialah observasi dan post-test.
23SK2326024.00 | SK TM 23.024 MUH p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain