SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Eksplorasi Etnomatematika dalam tradisi syawalan gunungan megono dan implementasinya pada pembelajaran matematika SMP Kelas IX
Budaya bersifat dinamis mengikuti perkembangan zaman menjadi faktor penting
dalam peradaban dan tingkat intelektual, perkembangan ilmu pengetahuan khususnya
matematika menjadi ilmu dasar untuk mengusai berbagai macam ilmu pengetahuan
Etnomatematika menjadi suatu kombinasi yang tepat dalam menanamkan konsep
matematika dalam kehidupan sehari-hari salah satunya melalui tradisi-tradisi
masyarakat.
Tujuan pada penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan aktivitas matematis dalam
tradisi syawalan gunungan megono, (2) Menganalisis hasil implementasi tradisi
syawalan gunungan megono dalam pembelajaran matematika SMP Kelas IX.
Penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek
penelitian desa linggoasri dan siswa SMP N 1 Bojong Kelas IX A. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini: (1) aktivitas merancang bangun masyarakat menerapkannya pada
pembuatan rangka atau cetakan gunungan,aktivitas mengkur masyarakat
menggunakannya untuk membuat rangka bangun, dan menyiapkan bahan memasak
gunungan magana, serta aktivitas menghitung terdapat pada saat menentukan berat
gunungan megono dan luas dari rangka atau cetakan gunungan. (2) Berdasarkan hasil
implementasi tes soal berbasis etnomatematika menunjukkan bahwa 25 dari 32 siswa
tuntas dengan persentase ketuntasan 78,125% dan rata-rata nilai kelasnya 76,46. Hasil
analisis kesalahan sebagian besar siswa mengalami kesalahan dalam menghitung dan
sebagian kecil mengalami kesalahan dalam membaca, mamahami dan transformasi.
Menurut siswa lebih tertarik dan memahami konsep matematika bidang bangun ruang
sisi lengkung kerucut sekaligus mencintai dan memahami hasil kebudayaan
daerahnya. Implementasi pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dapat
meningkatkan daya abstrak siswa sehingga lebih tertarik dalam mempelajari materi
matematika, Peneliti menyarankan agar dalam melakukan observasi pada proses
pelaksanaan tradisi untuk memperoleh data lebih lengkap dan detail.
23SK2326021.00 | SK TM 23.021 ULM e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain