SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal uraian matematika berbentuk cerita pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII di MTs Negeri 2 Pemalang
Pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel, siswa seringkali
melakukan kesalahan dalam pemecahan soal. Kesalahan-kesalahan tersebut terjadi
dikarenakan siswa kurang memahami konsep dasar SPLDV, kurangnya penafsiran
dan kecermatan siswa terhadap materi tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
banyaknya siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Pemalang yang kesulitan dalam
memahami soal cerita SPLDV sehingga mengakibatkan siswa melakukan
kesalahan dalam menyelesaikan soal tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) jenis kesalahan siswa dalam
menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linear dua variabel
(SPLDV) menurut Polya, dan 2) faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan
siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem
persamaan linear dua variabel menurut Polya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII J MTs Negeri 2 Pemalang. Pengambilan
subjek dilakukan secara acak dan terpilih 3 subjek. Pengumpulan data dengan
menggunakan teknik tes, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Kesalahan yang dilakukan siswa,
antara lain : (a) Kesalahan pada langkah memahami masalah ini siswa tidak
menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, (b) Kesalahan
menyusun rencana siswa kurang tepat dalam menyusun langkah-langkah
penyelesaian pada soal, (c) Kesalahan melaksanakan rencana, siswa kuran teliti
menuliskan rumus dalam menyelesaikan soal, salah atau lupa menuliskan operasi
hitung, salah dalam menghitung, tidak menuliskan kesimpulan sesuai dengan
permasalahan yang diberikan pada soal, (d) Kesalahan memeriksa kembali, siswa
tidak memeriksa kembali solusi yang diperoleh, siswa kurang tepat memperoleh
jawaban akhir. 2) faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa : a) siswa tidak
menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan karena siswa tidak memahami
maksud soal, b) siswa tidak mengubah kalimat soal ke dalam kalimat matematika,
c) siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan, d) siswa belum bisa
memanajemen waktu saat mengerjakan soal, e) terburu-buru, f) terpengaruh teman,
g) tidak fokus, h) siswa tidak memeriksa kembali hasil pengerjaannya
23SK2326018.00 | SK TM 23.018 WAR a | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain