SKRIPSI PIAUD
Upaya Meningkatkan Nilai Agama Dan Moral Anak melalui Panggung Drama Asmaul Khusna Pada Kelas B1 Di RA Muslimat NU Msyitoh 12 Dekoro
Penelitian ini dilatar belakangi RA Muslimat NU Masyitoh 12 Dekoro berupaya menanamkan nilai-nilai agama dan moral kepada peserta didiknya. Dengan mengadakan pembiasaan keagamaan melalui pengenalan asmaul husna yang dilakukan setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai. Peserta didik dikenalkan dengan asmaul husna agar mengetahui sifat-sifat Tuhan-Nya kemudian siswa diarahkan untuk meneladaninya. Tentunya dengan metode yang mudah dimengerti oleh anak usia dini. Salah satu metode yang digunakan ialah panggung drama asmaul husna, yakni dengan melibatkan langsung peserta didiknya untuk meneladani salah satu sifat di asmaul husna dengan drama. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan panggung drama asmaul husna guna meningkatkan nilai agama dan moral anak kelas B1 di RA Muslimat NU Masyitoh 12 Dekoro. Dan untuk mendeskripsikan apakah Implementasi panggung drama asmaul husna dapat meningkatkan nilai agama dan moral anak kelas B1 di RA Muslimat NU Masyitoh 12 Dekoro Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Subyek yang diteliti adalah anak kelompok B1 RA Muslimat NU Masyithoh 12 Al-Hidayah Degayu yang berjumlah 25 anak. Obyek dalam penelitian ini adalah Nilai Agama Dan Moral Melalui Panggung Drama Asmaul Khusna. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pada tahap prasiklus, nilai agama dan moral anak yang Berkembang Sangat Baik (BSB) 0%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) hanya 20%, Mulai Berkembang (MB) 20%, sedangkan sisanya sejumlah 60% masih Belum Berkembang (BB). 2) Pada siklus I, anak yang tingkat nilai agama dan moral anaknya Berkembang Sangat Baik (BSB) mulai menunjukkan peningkatan menjadi 20%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 20%, Mulai Berkembang (MB) 40%, sedangkan sisanya 20% masih Belum Berkembang (BB). 3) Pada siklus II, anak yang tingkat nilai agama dan moral anaknya Berkembang Sangat Baik (BSB) terus meningkat menjadi 60%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 20% Mulai Berkembang (MB) 20%, dan 0% Belum Berkembang (BB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan panggung drama asmaul husna pada anak kelas B1 RA Muslimat NU Masyithoh 12 Dekoro kota Pekalongan dapat meningkatan nilai agama dan moral siswa.
23SK2324032.00 | SK PIAUD 23.032 NAD u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain