SKRIPSI PIAUD
Implementasi Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Mas Pandemi Covid-19 Di Taman Kanak-Kanak Kota Pekalongan
Wabah pandemi Covid-19 yang telah menggerogoti dunia sekarang ini memberikan dampak luar biasa termasuk Indonesia. Dengan adanya pandemi ini proses pembelajaran dilakukan secara online (daring) dengan memanfaatkan teknologi informasi. Salah satunya yang telah dibuat panduannya oleh Kemendikbud yaitu belajar dari rumah. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan aktivitas menjaga jarak sosial (social distancing). Pada masa pandemi ini anak-anak di haruskan belajar di rumah. Sedangkan pada dasarnya anak-anak tidak bisa untuk berdiam karena di usia dini sejatinya adalah masa eksploratif atau masa penjelajah. Problematika pembelajaran daring pada masa padami covid-19 di Taman Kanak-Kanak (TK) Kota pekalongan bagian Kecamatan Pekalongan utara di TK Qurrota A’yun, Kecamatan Pekalongan barat di TK Paud Green School, Kecamatan Pekalongan timur di TK Batik Setono dan Kecamatan Pekalongan selatan di TK Islam Al-Azhar. Rumusan masalah pada riset ini adalah 1. Bagaiman Implementasi pembelajaran masa pandemi covid-19 pada anak usia dini di TK Kota Pekalongan ,2. Apa saja problematik pembelajaran masa pandemi covid-19 pada anak usia dini di TK Kota Pekalongan dan 3. Bagimana solusi yang diberikan sekolah dan apa yang dilakukan pendidik mengenai pembelajaran pada masa pandemi covid-19 pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penggunaan pendekatan kualitatif digunakan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang problematika pembelajaran online (online) pada anak usia dini khusunya di TK Qurrota A’yun, Paud Green School, TK Batik Setono dan TK Islam Al-Azhar Kota Pekalongan . Kemudian, hasil penelitian dideskripsikan serta pemahaman dalam bentuk ungkapan bahasa yang tepat dan sistematis berdasarkan fakta-fakta yang ada dalam penelitian Implementasi Pembelajaran Daring (Online) Pada Anak Usia Dini Di Masa Covid 19 Di Tk Qurrota A’yun adalah Perencanaan : pembelajaran online pada pelaksanaanya membutuhkan dukungan perangkat-perangkat teknologi seperti Whatsapp, Zoom Meeting, Google Meet dll. Pelaksanaan : pembelajaran daring mengharuskan peserta didik menggunakan hanphone untuk menunjang proses pembelajaran dan perlu juga dukungan dari orang tua karena pekerjaan tugas yang dilakukan sepenuhnya dirumah. Evaluasi pembelajaran : keberhasilan pembelajaran daring/online tidak hanya tergantung pada materi dan isi yang 2 disajikan oleh pendidik. Melainkan bagaimana proses penyampaian materi tersebut dilakukan oleh orang tua, agar anak dapat memahami materi yang disampaikan oleh pendidik. Problematika Pembelajaran Daring (Online) Pada Anak Usia Dini Di Masa Covid-19 adalah problematika guru, problematika orang tua, problematika anak didik dan problematika sekolah. Dan Solusinya adalah Pembelajaran melalui Whatsapp, Vidio Call, pembelajaran melalui luring dan pembelajaran melalui Home Visit. Sedangkan di Paud Green School Implementasi Pembelajaran Daring Pada Anak Usia Dini Di Masa Covid-19 adalah Perencanaan : Pembelajaran online di Paud Green School di mulai pada tanggal 16 Maret 2020, dimana anak-anak belajar dirumah. Pembelajaran jarak jauh atau daring maka pentingnya ilmu teknologi bagi setiap guru agar pembelajaran jarak jauh tetap berjalan dengan efektif disaat pandemi covid-19. Pelaksanaan : penyampaian materi melalui Whatsapp pembelajaran lebih difokuskan dalam bentuk penugasan kepada anak. Karena melakukan pembelajaran melalui sebuah grup aplikasi yang dominan berisi teks. Evaluasi pembelajaran : Guru harus melakukan inovasi dalam pembelajaran diantaranya dengan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran online. Problematika Pembelajaran Daring Pada Anak Usia Dini Di Masa Covid-19 adalah problematika guru, problematika orang tua, problematika anak didik dan problematika sekolah. Dan Solusinya adalah Pembelajaran melalui Whatsapp, Vidio Call, Pembelajaran melalui Luring dan Pembelajaran melalui Home Visit. Sedangkan TK Batik Setono Implementasi Pembelajaran Daring Pada Anak Usia Dini Di Masa Covid-19 adalah Perencanaan : Pembelajaran online yang dulu belum pernah sama sekali melakukan pembelajaran online sekarang dilakukan pembelajaran jarak jauh karena untuk mencegah penyebaran covid-19. Pelaksanaa : Pembelajaran online salah satunya dibutuhkan handphone untuk mendukung proses pembelajaran online berlangsung, untuk tersampainya pemberian tugas dari guru secara online. Evaluasi pembelajaran : Pembiasaan rutin yang diterapkan ke orang tua bimbingan dari guru. Problematika Pembelajaran Daring Pada Anak Usia Dini Di Masa Covid-19 adalah problematika guru, problematika orang tua, problematika anak didik dan problematika sekolah. Dan Solusinya adalah Whatsapp, Vidio Call dan Pembelajaran melalui Luring. Dan TK Islam Al-Azhar Kota Pekalongan yaitu : Implementasi Pembelajaran Daring Pada Anak Usia Dini Di Masa Covid-19 adalah Perencanaan : pembelajaran online pada pelaksanaanya membutuhkan dukungan perangkat-perangkat teknologi seperti Whatsapp, Zoom Meeting, Google Meet dll. Pelaksanaan : Pembelajaran online menggunakan Whatsapp call waktu pertama covid, tapi sekarang menggunakan Zoom dan juga mengerjakan tugas dari bu guru. Evaluasi pembelajaran : dengan kerangka penilaian orang tua yang akan membantu guru dalam memperhatikan perkembangan dan peningkatan anak. Jadi kerja sama antara guru dan orang tua. Problematika Pembelajaran Daring Pada Anak Usia Dini Di Masa Covid-19 adalah problematika guru, problematika orang tua, problematika anak didik dan problematika sekolah. Dan Solusinya adalah Parenting kepada orang tua, Whatsapp, Vedio Call, Zoom Meeting, Pembelajaran melalui Home Visit dan Pembelajaran melalui Luring.
23SK2324031.00 | SK PIAUD 23.031 NIL i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain