SKRIPSI PIAUD
Pengembangan Alat Peraga Edukatif Paturaga Dalam Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Di Kelompok A TK Muslimat NU Kalijambe
Memberikan pembelajaran keaksaraan kepada anak usia dini dapat menggunakan cara yang menarik dan inovatif serta diberikan dengan porsi yang sesuai dengan usia anak. Melalui kegiatan bermain dapat menarik minat anak untuk melakukan pembelajaran keaksaraan. Dalam penelitian ini peneliti akan mengembangkan media pembelajaran berupa alat peraga edukatif yang berupa Paturaga (Lipat Ular Tangga). Dalam permainan ini merupakan permainan individu yang dimainkan bersama individu lain. Menggunakan papan yang digambar kotak-kotak kecil yang dibagi menjadi beberapa kotak yang dibutuhkan serta diberi gambar sejumlah “ular” dan “tangga” pada beberapa kotak tersebut agar terhubung dengan kotak lain. Berikut tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini: (1) Untuk mejelaskan pengembangan APE Paturaga sebagai alat untuk membantu guru dalam meningkatkan keaksaraan awal di kelompok A TK Muslimat NU Kalijambe. (2) Untuk mengetahui kelayakan produk APE Paturaga untuk membantu guru dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan anak di kelompok A TK Muslimat NU Kalijambe. Model pengembangan Alat Permainana Edukatif (APE) Paturaga menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Brog & Gall. Prosedur Pengembangan Penelitian di Lokasi, Perencanaan, Desain Produk dan Uji Ahli, Uji Coba Lapangan Terbatas, Merevisis Hasil Uji Lapangan Terbatas, Uji Coba Lapangan Luas, Merevisi Produk Akhir. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis observasi dan wawancara serta analisis angket. Alat peraga edukatif yang dihasilkan mencangkup indikator keaksaraan awal usia 4-5 tahun, yaitu mengenal simbol garis seperti garis lurus, garis miring, garis lengkung dan simbol geometri seperti persegi, segitiga, lingkaran dan setengah lingkaran, mengenal suara hewan kucing, membuat coretan bermakna melalui menebali garis, meniru mengucapkan huruf A-Z. APE Paturaga layak digunakan sebagai media pembelajaran bersumber pada penilaian para ahli dan respon peserta didik. Presentase yang didapat dari penilaian ahli media sebesar 83% dikategorikan sangat baik dan ahli materi sebesar 86,4 dikategorikan sangat baik. Selain itu perolehan uji lapangan terbatas bahwa 4 anak Berkembang Sesuai Harapan dan 2 anak Berkembang Sangat Baik. Dari hasil uji lapangan luas kemampuan keaksaraan awal pada anak, bahwa 5 anak Berkembang Sesuai Harapan Kemudian 9 anak Berkembang Sangat Baik.
23SK2324025.00 | SK PIAUD 23.025 SHI p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain