SKRIPSI PIAUD
Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di KB Labschool Universita Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini di laksanakan di KB Labschool Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Reseacrh). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data obervasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik dalam analisis data yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar pada anak usia 5-6 tahun serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung penerapan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar pada anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Reseacrh). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar pada anak usia 5-6 tahun dapat terlaksana dengan optimal. Guru menjelaskan materi pelajaran dengan menerapkan media audio visual, hal itu memudahkan anak dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru, selain itu guru juga memberikan apresiasi ketika anak dapat menjawab pertanyaan dari guru maupun dari kuis yang disajikan, dan anak dapat menirukan gerakan yang ditampilkan pada vidio secara bersama-sama, sehingga suasana pembelajaran lebih menyenangkan yang membuat anak tidak mudah merasa bosan. Hal ini tentu dapat meningkatkan motivasi belajar pada anak menjadi lebih baik. Faktor pendukungnya diantaranya fasilitas yang memadai, kemampuan guru dalam menyampaikan materi, mudah dipahami ketika pembelajaran berlangsung, anak lebih antusias ketika menggunakan media audio visual, dan memotivasi anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Adapun faktor penghambatnya adalah ruang kelas yang kurang luas, dan terdapat salah satu anak yang hiperaktif. Hal ini tentunya perlu menjadi perhatian khusus bagi guru dalam setiap penyampaian materi pelajaran.
23SK2324013.00 | SK PIAUD 23.013 OKT p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain