SKRIPSI EKOS
Pengaruh Shopping Lifestyle, Brand Identity, Dan Celebrity Endorse Terhadap Perilaku Konsumtif Islam di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Konsumen Nordjava)
Dengan adanya pandemi Covid-19 masyarakat menghindari kontak fisik dan beralih melakukan berbagai aktivitasnya secara online. Perubahan ini juga membuat belanja online menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih suatu produk yaitu merek. Pemakaian celebrity endorser merupakan salah satu cara untuk mempengaruhi daya beli. Masyarakat diharapkan dapat lebih bijak dalam menentukan kebutuhan yang lebih penting berdasarkan manfaat dan kegunaannya. Sehingga, munculnya perilaku konsumtif dapat dicegah.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu teknik sampling insidental. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS statistic 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa shopping lifestyle tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif Islam. Brand identity dan celebrity endorser berpengaruh terhadap perilaku konsumtif islam. Secara simultan shopping lifestyle, brand identity, dan celebrity endorser berpengaruh terhadap perilaku konsumtif Islam.
Kata Kunci : Shopping Lifestyle, Brand Identity, Celebrity Endorser, Perilaku Konsumtif Islam.
23SK2341063.00 | SK EKOS 23.063 AST p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain